Ini Taktik Jurgen Klopp Jika Jadi Manajer MU

Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1, Klopp akan menempatkan Juan Mata dan Michael Carrick menjadi penyeimbang di lini tengah.

oleh Jefry Leonard diperbarui 20 Mar 2014, 07:00 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2014, 07:00 WIB
Jurgen Klopp Impikan Messi
(AFP/Jonas Guttler)

Liputan6.com, Manchester: Kegemilangan Jurgen Klopp dalam meracik strategi  Borussia Dortmund memang sangat luar biasa dan patut diacungi jempol. Ditangannya, Dortmund menjadi finalis Liga Champions musim lalu. Selain itu, ada dua gelar Bundesliga, Piala Jerman berhasil diraihnya bersama Dortmund.

Di awal musim, nama Klopp sebagai calon pengganti terkuat Sir Alex Ferguson bukan hanya didasari prestasinya bersama Dortmund. Faktor lainnya adalah karena pihak manajemen Setan Merahgagal merayu Pep Guardiola yang lebih memilih Bayern Muenchen sebagai pelabuhan berikutnya.

Tapi sayang, Ferguson dan manajemen MU lebih memilih David Moyes menjadi suksesor. Hasilnya? MU harus babak belur di Liga Inggris dan terancam tak akan mendapat tempat di Liga Champions musim lalu.

Jika bisa berandai-andai, mungkin ini formasi MU jika Klopp menjadi manajer menggantikan tempat Ferguson di awal musim seperti yang dikutip dari soccersweep, Rabu (19/3/2014).

Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1, Klopp akan menempatkan Juan Mata dan Michael Carrick menjadi penyeimbang di lini tengah.

Sementara, Robin van Persie akan berada di depan sendiri. Tiga nama Adnan Januzaj, Shinja Kagawa, dan Wayne Rooney akan menjadi trio penopang RvP.

Jika Klopp menjadi manajer MU, dia kemungkinan akan memasang Kagawa sebagai skuat ini. Kagawa menjadi salah satu anak emas Klopp kala masih berkostum Dortmund.

Tak ayal pemain asal Jepang itu selalu mendapatkan tempat utama di lini tengah Dortmund. Tapi di bawah Moyes, pemain asal Jepang itu selalu menjadi `anak tiri`.

Banyak yang mengatakan gaya bermain Kagawa tak cocok dengan filosofi permainan Moyes. Sementara di lini belakang, ada Rafael, Rio Ferdinand, Phil Jones dan Patrice Evra. Di sektor penjaga gawang, ada nama David De Gea.

Berikut formasi MU di bawah Klopp:

Manchester United (4-2-3-1) : De Gea, Rafael, Jones, Ferdinand, Evra – Carrick, Mata – Kagawa, Rooney, Januzaj – RvP

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya