5 Pemain Berkualitas Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or

Pemain Jerman mendominasi penghargaan Ballon d'Or.

oleh Defri Saefullah diperbarui 29 Okt 2014, 08:40 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2014, 08:40 WIB
Lima Pemain
Lima Pemain (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com,Paris: Daftar 23 pemain nominasi Ballon d'Or sudah diumumkan. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Mario Goetze dan beberapa pemain Jerman dominasi daftar pemain terbaik yang akan diumumkan 12 Januari 2015 nanti.

Pertarungan antara Ronaldo kontra Messi berpeluang kembali terjadi di perebutan Ballon d'Or tahun ini. Namun Ronaldo disebut lebih berpeluang karena memenangkan gelar Liga Champions musim lalu. Selain itu, Ronaldo juga tampil menggila musim ini.

Di La Liga saja, dia sudah mengemas 16 gol dari 9 penampilannya dengan Madrid. Dari 23 nama yang jadi nominasi, ternyata setidaknya ada 5 pemain berkualitas yang ternyata gagal masuk nominasi. Siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com coba menguraikannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1.Luis Suarez

El Clasico
Luis Suarez saat lakukan pemanasan (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)

1.Luis Suarez

Luis Suarez sudah berganti kostum dari Liverpool menjadi Barcelona. Saat berkostum Liverpool musim lalu, Suarez adalah mesin gol yang sulit ditandingi. Tak hanya oleh rekannya di Liverpool, Daniel Sturridge tapi juga di Liga Inggris.

Suarez mengemas 31 gol musim lalu bersama Liverpool. Torehan ini mengantarkan dia rebut sepatu emas musim ini. Hanya saja, perilaku minor Suarez di Piala Dunia 2014 saat dia menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini sudah merusakan seluruh torehan prestasi Suarez.

Dia sudah disanksi larangan tampil selama 4 bulan. Dia baru tampil saat menghadapi Madrid di El Clasico 25 Oktober lalu, tapi belum tampil maksimal meski sudah memberikan satu assist untuk gol Neymar.


2.Robert Lewandowski

Robert Lewandowski
Robert Lewandowski (ROLAND WEIHRAUCH / DPA / AFP)

2.Robert Lewandowski

Robert Lewandowski adalah striker yang menakutkan di Bundesliga Jerman. Berkat ketajamannya, Borussia Dortmund bisa mengimbangi atau bahkan menggulingkan dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga. Golnya di Bundesliga sejak musim 2011/12 selalu berada di atas 20 gol.

Tak hanya di Bundesliga, Lewandowski juga tajam di kompetisi elite Eropa yaitu Liga Champions. Bersama Dortmund di Liga Champions 2012/13, dia pernah mencetak gol ke gawang Madrid. Musim lalu, dia pun torehkan 6 gol di Liga Champions.

Prestasi ini rupanya tak cukup untuk mengantarkan dia masuk nominasi. Nama dia masih kalah dari pemain-pemain timnas Jerman dan juga Muenchen.


3. Arturo Vidal

Arturo Vidal
Arturo Vidal (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

3. Arturo Vidal

Arturo Vidal adalah pemain yang vital bagi Juventus. Maka itu, baik di seri A maupun Liga Champions, Vidal selalu menjadi pemain inti. Karena kehebatannya ini, Madrid dan Manchester United (MU) pun berburu tanda tangan gelandang asal Chile ini.

Namun, Vidal memilih bertahan dan kembali memberi kontribusi yang besar untuk permainan Juventus. Jika saja Chile melaju lebih jauh di Piala Dunia 2014, Vidal bisa saja masuk nominasi. Sayang, langkah mereka dijegal Brasil di perempat final lalu.


4. Luka Modric

Luka Modric
Luka Modric (AFP/Jose Jordan)

4. Luka Modric

Luka Modric menjelma menjadi pemain yang penting bagi Madrid. Sejak diboyong dari Tottenham Hotspurs musim 2012/13 lalu, Modric selalu mendapatkan posisi sebagai gelandang jangkar baik ditandemkan dengan Xabi Alonso atau Sami Khedira.

Selain kemampuannya menggalang lini tengah, Modric kerap pula menjadi pemberi assist yang jitu bagi Madrid. Prestasi Kroasia yang kurang mentereng membuat dia belum beruntung masuk daftar nominasi.


5. Sergio Aguero

Sergio Aguero
Sergio Aguero (Liputan6.com/Sangaji)

5. Sergio Aguero

Tak ada yang meragukan kehebatan Sergio Aguero bersama Manchester City. Dia adalah penentu juara saat City merebut gelar Liga Premier Inggris pada 2011/12 lalu. Konsistensi permainan Aguero juga pantas dipuji. Penampilannya tak pernah menurun meski sempat dibebat cedera.

Jadi, cukup aneh jika Aguero tak masuk dalam daftar 23 pemain nominasi peraih Ballon d'Or. Padahal, prestasi Aguero sangat stabil baik di City maupun timnas Argentina. Musim ini saja, dia berhasil memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga Inggris dengan 9 gol.

 Aguero bahkan masih kalah dari Yaya Toure atau Paul Pogba yang notabene biasa-biasa saja dalam mencetak gol. Meski dua gelandang ini sangat diandalkan City dan Juventus.

 

Baca Juga:

MU Bakal Jadi Kekuatan yang Mengerikan, Jika...

5 Gol Bunuh Diri Tercipta di Laga PSS Vs PSIS, Ini Kata La Nyalla

Ancelotti Jadi Aktor yang Buat Madrid Menang di El Clasico

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya