Ketika 24 Pelatih Lokal Berguru Demi Lisensi B AFC

Kursus tersebut dipimpin oleh instruktur pelatih AFC dan PSSI, Narayanan Sivaji Nair.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 04 Des 2014, 08:17 WIB
Diterbitkan 04 Des 2014, 08:17 WIB
Logo PSSI
PSSI

Liputan6.com, Jakarta Kursus untuk para pelatih lokal demi mempersiapkan diri mereka mengikuti tes lisensi B AFC sudah dilangsungkan di Sawangan, Depok, Jawa Barat mulai Rabu (3/12/2014). Seperti apa reaksi 24 pelatih yang mengikuti kursus kepelatihan ini?

Para ahli racik formasi lokal ini mengikuti kursus kepelatihan hingga 23 Desember mendatang. Kursus tersebut dipimpin oleh instruktur pelatih AFC dan PSSI, Narayanan Sivaji Nair.

Banyak yang diajarkan Sivaji Nair kepada para pelatih lokal Indonesia, mulai dari menangani pemain hingga struktur organinasi tim. Kesempatan yang sangat berharga untuk pelatih lokal belajar tentang sepak bola yang sebenarnya.

"Tadi kami seperti belajar saja. Menimba ilmu lagi. Pas pagi hari kami praktek memimpin tim di lapangan," ucap I Putu Gede, pria yang musim lalu melatih klub Liga Nusantara, Arek Suroboyo saat ditemui Liputan6.com.

Meski senang mendapat pelatihan, Putu Gede mengaku sangat kesulitan menangkap perkataan Sivaji Nair yang berbahasa Inggris. "Sepertinya saya harus les," kata dia.

Berbeda dengan Putu Gede, pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman terlihat santai dengan bahasa yang digunakan sang instruktur. "Ya kalau bahasa asing yang digunakan orang Asia Tenggara masih bisa saya ikuti," ucap pria yang akrab disapa Djanur tersebut.

Masih kata Djanur, kursus kepelatihan ini sangat membantunya untuk mendapat lisensi B AFC. Ya, dia sangat membutuhkannya untuk memimpin Persib yang bakal menjalani babak play-off Liga Champions Asia.

"Baru hari pertama dan saya bersyukur bisa menambah wawasan yang diberikan oleh instruktur AFC," Djanur mengakhiri penjelasannya.

Berikut daftar 24 pelatih yang mengikuti kursus lisensi B AFC:

Djadjang Nurdjaman, Joko Susilo, Tony Ho, Didik Ludianto, Salahudin, Welliansyah, Heriansyah, Yeyen Tumena, Seto Nurdiantoro, Slamet Riyadi, Eko Purjianto, Nuralim, Aris Indarto, Firmansyah, I Putu Gede, Herry Setiawan, Indriyanto Nugroho, Nova Arianto, Ferry Taufik, Jaelani, Akhyar Ilyas, Efendi Sutan Sulaiman, Miftahudin, Ponaryo Astaman.

Baca Juga:

Mata Yakin MU akan Jalani Desember Ceria

Madrid Rela Lepas Benzema ke Inggris, Asalkan....

Ferdinand Hengkang dari Persib, Ridwan Kamil: Sakitnya di Sini!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya