Kapolda Metro Janjikan Rp 100 Juta bagi Suporter, Asal...

Cara ini ditempuh Polda Metro Jaya untuk meredam gesekan antarsuporter.

oleh Audrey Santoso diperbarui 01 Apr 2016, 19:50 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2016, 19:50 WIB
20160321- Pisah Sambut Kapolda Metro Jaya- Tito Karnavian dan Moechgiyarto-Jakarta- Herman Zakharia
Ki-ka: Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Mantan Kalpoda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian dan Kalpoda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto saat acara Pisah Sambut Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto menjanjinkan hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta bagi suporter paling tertib selama pertandingan final Torabika Bhayangkara Cup 2016 pada Minggu (3/4/2016) di SUGBK.

Hadiah tersebut bakal diserahkan kepada koordinator suporter pemenang dan menjadi anggaran pembinaan. Menurut Moechgiyarto, pihaknya telah berkomunikasi dengan suporter Persib Bandung dan Arema Cronus terkait hadiah tersebut. Cara ini ditempuh Polda Metro Jaya untuk meredam gesekan antarsuporter. 

Baca Juga

  • Barcelona Vs Real Madrid, Trio MSN Dihantui Kelelahan
  • Jafri Sastra Jadi Pelatih Persipura untuk ISC 2016
  • Siulan Fans Rossi di MotoGP Qatar Bikin Marquez Kesal

"Sudah saya jelaskan pada para korlapnya, bahwa nanti supporter yang baik akan ada hadiah berupa uang pembinaan 100 juta rupiah," terang Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Moechgiyarto menjelaskan tim penilai akan mendata korlap supporter dan mengamati tingkah laku mereka dari awal pertandingan hingga penutupan acara. Hadiah Rp 100 juta tersebut berasal dari kas panitia sendiri."Bagaimana (sikap) mereka mulai pembukaan sampai nanti penutupan, akan ada tim penilai terhadap supporter itu. Dana Rp 100 juta itu, dana dari panitia penyelenggara," kata Moechgiyarto.


Personel Keamanan

Jelang babak final Piala Bhayangkara yang diselenggarakan TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta menurunkan personil sebanyak 11.305 untuk mengamankan acara tersebut. 

Belasan ribu personel terdiri dari 7.623 anggota Polda Metro Jaya, 1.045 anggota Brimob, 1.107 anggota Kodam Jaya dan 1.000 lebih petugas Damkar, Dinas Kesehatan, Satpol Pamong Praja, Pemprov DKI, Dishub dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Setiap jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dilalui para supporter kesebelasan yang berlaga di Bhayangkara Cup akan dijaga polisi. Pengamanan akan menggunakan sistem pagar betis dimana setiap jarak 2 meter ada 1 petugas.

Selain itu kepolisian juga menggelar nonton bareng (nobar) di markas polres-polres yang ada di wilayah Polda Metro Jaya. Untuk menarik minat supporter mengikuti nobar, Kapolda meminta pejabat di polres setempat untuk menyediakan doorprize.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya