Manchester Layak Jadi Kandang MU atau City? Intip Statistiknya

Derby Manchester bakal berlangsung akhir pekan ini, namun fakta menarik baru saja muncul ke permukaan.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 09 Sep 2016, 17:30 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2016, 17:30 WIB
Suporter Manchester United dan Manchester City
Suporter Manchester United dan Manchester City

Liputan6.com, Jakarta Penelitian unik dilakukan oleh aplikasi taruhan, EveryFan, terkait kelompok suporter mana yang layak disebut bermarkas di Manchester. Apakah itu Manchester United atau Manchester City?

Seperti diketahui kedua klub ini bak dua sisi mata uang. Meski berada di wilayah yang sama, Manchester, keduanya tidak mungkin bersatu. Duel kedua tim pun selalu menghadirkan drama menegangkan.

MU boleh dikatakan lebih dulu eksis di kota Manchester dibanding City. Berbicara mengenai Manchester, publik pasti akan mengatikannya dengan MU. Sebab meski sudah lama berdiri, City baru diperhitungkan di pentas Premier League sejak dibeli grup pengusaha asal Timur Tengah, Abu Dhabi United Group. Dengan suntikan dana yang melimpah dari pemilik, ManCity sukses mendatangkan amunisi-amunisi andal.

Sejak 2011, City akhirnya berhasil mengoleksi 6 gelar bergengsi, termasuk 2 gelar Premier League 2012 dan 2014. Namun jumlah ini, masih kalah jauh dibanding koleksi Koleksi trofi milik tetangganya, MU.

Namun benarkah Manchester merupakan rumah bagi suporter MU?  

EveryFan seperti dilansir The Sun melaporkan bahwa suporter MU rata-rata harus menempuh rute yang lebih jauh dibanding City saat menyaksikan tim kesayangannya tampil di kandang. Fans Setan Merah rata-rata harus berpergian sejauh 79 mil ke Old Trafford, sedangkan fans City hanya butuh 29 mil saja.

Sementara itu, hanya 27 persen fans MU yang tinggal sejauh 20 mil dari Old Trafford. Angka ini lebih rendah dibanding fans ManCity yang mencapai 43 persen.

Media Inggris lainnya, The Sun, melaporkan, dari 2000 para penonton Premier League yang disurvei, hanya 32 persen fans yang rutin menyaksikan laga MU menganggap Manchester sebagai rumahnya. Angka ini lebih rendah bila dibanding fans City yang mencapai 43 persen.

"Yel-yel, 'Anda hanya tinggal di sekitar sini' selalu mengikuti fans MU kemana pun mereka pergi, tapi penelitian kami menunjukkan justru tidak terjadi di kota asal mereka," beber CEO EveryFan, Leon Walters.

"Bila dirata-ratakan, fans MU harus menempuh perjalanan dua kali lebih jauh dari City untuk menghadiri pertandingan kandang timnya masing-masing. Ini membuktikan fans biru langit (sebutan bagi fans Manchester City) layak menyebut Manchester sebagai kandang mereka," beber Walters menambahkan.

Derby Manchester kembali akan tersaji pada akhir pekan ini. Tuan rumah Setan Merah akan menjamu musuh abadinya, City di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/9/2016). Duel Premier League 2016-17 ini juga akan dibumbui rivalitas antara dua pelatih ternama, Jose Mourinho (MU) dan Pep Guardiola (City).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya