Profil Timnas Kamboja: Hapus Cap Tim Penggembira Piala AFF

Terakhir Kamboja berkiprah di Piala AFF 2008.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Nov 2016, 05:30 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2016, 05:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Piala AFF 2016 ini bisa dibilang sangat spesial bagi timnas Kamboja. Setelah delapan tahun absen, kini The Angkor Warriors idamkan comeback elok dalam gelaran bergengsi sepak bola ASEAN itu.

Timnas Kamboja memang terakhir kali berlaga di Piala AFF ialah pada 2008 lalu. Setelah itu, mereka harus puas menjadi penonton saja lantaran tak mampu menembus fase babak grup.

Klub besutan Lee Tae-Hoon ini memang sangat berhasrat untuk kembali tampil di AFF. Hal ini mereka tampilkan dengan keperkasaan di babak kualifikasi. Ya, mereka sukses menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan melawan Brunei, Laos dan Timor Leste.

Tae-Hoon memang jadi salah satu sosok krusial di skuat Kamboja. Bukan tanpa alasan, sejak menangani tim 2010 lalu, pelatih asal Korea Selatan ini membawa perkembangan signifikan.

Salah satu hasil impresif yang ditorehkan Kamboja tahun ini adalah mengalahkan raksasa Asia Tenggara, Singapura dengan skor 2-1 di bulan Juli. Beberapa talenta spesial juga lahir dari tangan dinginnya, sebut saja In Sodavidm Cheng Meng, hingga Chrerng Polroth. Ketiganya masih berusia 19 tahun.

Chan Vathanaka juga jadi sorotan. Bukan tanpa sebab, masih berusia 22 tahun, dia sudah punya prestasi mentereng. Chan sukses meraih gelar top skorer dan pemain terbaik Liga Kamboja kala membawa Boeung Ket Angkor juara 2016.

Keempat pemain ini tentu bakal jadi tulang punggung tim di Piala AFF 2016 nanti. Terlebih, mereka ingin menghapus kutukan tim spesialis babak grup di ajang ini.

Memang, sejak pertama kali ikut serta di turnamen yang dahulu bernama Piala Tiger itu pada 1996, The Angkor Warriors hanya mentok di fase grup. Mereka juga kerap jadi lumbung gol para lawannya.

Akan tetapi, tampaknya kenyataan itu bisa berbalik tahun ini. Paduan dari tangan dingin Tae-Hoon, plus empat pemain potensial, yakni In Sodavid, Cheng Meng, Chrerng Polroth, dan Chan Vathanaka, Kamboja ingin tandai comeback-nya dengan hasil impresif. Lolos dari grup bukan target mimpi bagi mereka.

Kamboja sendiri pada Piala AFF nanti bakal gabung di Grup B bersama tuan rumah, Myanmar, Malaysia, dan Vietnam. Tergolong seimbang memang, dan asa itu bisa dinyalahkan.

Timnas Kamboja

Julukan: Petarung Angkor
Asosiasi: Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC)
Konfederasi: AFC (Asia)
Sub-konfederasi: AFF (Asia Tenggara)
Pelatih: Lee Tae-Hoon
Kapten: Thierry Bin
Stadion kandang: Stadion Olimpade Phnom Penh
Kode FIFA: CAM

Peringkat FIFA
Terkini    184 ? 1 (2 June 2016)
Tertinggi    154 (March 2011)
Terendah    201 (August 2014)

(I. Eka Setiawan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya