Pengamat MotoGP: Marquez Seharusnya Didiskualifikasi

Pengamat MotoGP, Carlo Pernat mencatat sejumlah kejanggalan di GP Argentina.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Apr 2018, 14:15 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2018, 14:15 WIB
Marc Marquez, MotoGP
Aksi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada MotoGP Argentina 2018 di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo. (Juan Mabromata / AFP)

Liputan6.com, Roma - Carlo Pernat selaku pengamat MotoGP ikut mengomentari gelaran balap di Grand Prix Argentina, Minggu (8/4/2018) waktu setempat. Menurutnya, Dorna Sports selaku operator di kejuaraan balap motor setidaknya mendiskualifikasi Marc Marquez satu balapan terkait insiden senggolan yang menyebabkan Valentino Rossi tersungkur di lap ke-19.

Alasan Pernat mendesak Dorna Sports mendiskualifikasi Marquez lantaran gaya balap The Baby Alien yang ugal-ugalan bisa menimbulkan dampak yang besar terhadap kejuaraan MotoGP. Semua pembalap bakal menghalalkan cara untuk merebut kemenangan.

"Hal yang sangat tidak terhormat. Sekarang Marc menyuruh semua orang melawannya dan mereka takut dijatuhkan olehnya," kata Pernat dikutip dari GPOne, Selasa (10/4/2018).

"Dia tak bisa lagi melakukan apa yang dia suka. Dorna harus mendiskualifikasi dia satu balapan dan jika itu tidak terjadi, maka akan membayangi seluruh kejuaraan," katanya. 

Pernat lalu mengambil contoh, Loris Capirossi. Pembalap asal Italia itu didiskualifikasi dari balapan Barcelona setelah mengalami insiden dengan Lucchi di Mugello. Menurut Pernat, insiden yang melibatkan Marquez di Rio Hondo jauh lebih parah dari Capirossi. 

"Marc harus mengatur dirinya sendiri, dia tidak bisa melakukan apa yang dia suka, karena ini salah," kata Pernat.

Pria yang juga manajer pribadi Andrea Iannone itu menambahkan, gelaran Grand Prix Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo menandai bahwa balapan ini seperti tidak profesional. Baik dari kesalahan yang ditampilkan pembalap dan segi Race Direction.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3 Kejangggalan di MotoGP Argentina

Valentino Rossi, MotoGP
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengecam gaya balap Marc Marquez pada MotoGP Argentina 2018. (Twitter/Yamaha MotoGP)

Pernat sendiri memiliki sederet kejanggalan yang terjadi di Grand Prix Argentina. Berikut Pengamatan Pernat terkait jalannya balapan di Sirkuit Rio Hondo:

1. Jack Miller Sendirian di Grid

Kejadian pertama yang menyita perhatian Pernat adalah ketika dia melihat Jack Miller ditinggalkan sendirian di grid. Grand Prix Argentina jelas tidak profesional, baik dari segi pembalap maupun Race Direction.

Pernat mengatakan seharusnya Race Direction menunda waktu balapan sekitar lima menit. Bukannya meninggalkan Miller sendirian di grid.

"Ini sangat aneh melihat Miller start sendirian di depan dengan sekelompok pembalap lainnya yang berjarak 30 meter di belakangnya," cetus Pernat.

2. Marc Marquez Mendorong Motornya di Grid

Kejadian mati mesin yang dialami Marc Marquez sesaat sebelum balapan dimulai benar-benar memalukan. Pasalnya, juara dunia MotoGP musim lalu terpaksa mendorong motornya yang mogok untuk menempati posisi balapan.

Pernat menjelaskan peristiwa ini tidak terjadi di ajang MotoGP dan Marquez seharusnya mendorong motor ke arah pit dan memulai balapan dari pit, bukannya bersikeras menempati posisi balapan. Padahal Race Direction sudah meminta untuk start dari pitlane.

 

 


3. Perlu Perombakan di Race Direction

FOTO: Crutchlow Tercepat di MotoGP Argentina, Marquez-Rossi Senggolan
Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow (tengah), merayakan gelar juara pada MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (8/4/2018). Pebalap Inggris itu mencatatkan waktu 40 menit 36.342 detik. (AFP/Juan Mabromata)

Carlo Pernat mengambil kesimpulan dari beberapa insiden yang terjadi di Argentina. Menurutnya, Race Direction perlu mengalami perubahan. Dalam hal ini, penempatan seseorang untuk mengambil keputusan setiap terjadi masalah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Race Direction seharusnya menunda balapan sekitar lima menit setelah terjadi beberapa peristiwa konyol di awal. Hal lain yang dikomentarinya terkait insiden senggolan Marquez dengan Rossi.

Dikatakannya, Race Direction seperti menempatkan dirinya sebagai budak dari Rossi dan Marquez, khusunya pembalap Repsol Honda. Karenanya dia meminta Marquez untuk didiskualifikasi.

"Marc harus didiskualifikasi atas apa yang dia lakukan, karena apa yang terjadi antara dia dan Vale sudah mencoreng gelaran balap motor," tukas Pernat.

(David Permana)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya