Indra Sjafri Jadikan Todd Rivaldo Ferre Supersub Timnas Indonesia U-19

Todd Rivaldo Ferre memukau suporter Timnas Indonesia U-19

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 22 Okt 2018, 14:30 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2018, 14:30 WIB
Timnas Indonesia U-19 Vs Qatar U-19
Gelandang Timnas Indonesia, Todd Rivaldo, menggiring bola saat melawan Qatar pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah 5-6 dari Qatar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Liputan6.com, Jakarta - Meski tampil sebagai pengganti, Todd Rivaldo Ferre](3650483 "") tetap mampu menjadi bintang Timnas Indonesia U-19. Tak tanggung-tanggung, ia juga membukukan hattrick saat melawan Qatar. Sayang, Indonesia tetap kalah 5-6 dari Qatar.

Pada matchday kedua Grup A melawan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018), pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri memainkan Todd Rivaldo di menit ke-56. Ia masuk sebagai pengganti Muhammad Rafli yang minim kontribusi di babak pertama.

Saat Todd Rivaldo Ferre masuk, Timnas Indonesia U-19 sedang tertinggal 1-6 akibat gol Hashim Ali di menit ke-11, ke-51 Abdulrasheed Umaru ke-14, ke-41, ke-56, dan Mohammed Waad Albayati ke-24 yang hanya bisa dibalas gol Muhammad Luthfi Kamal ke-28. Tak disangka, masuknya Todd Rivaldo langsung mengubah ritme serangan tuan rumah.

Ia mengawali aksinya dengan gol dari tendangan bebas di menit ke-65. Selanjutnya, ia menambah dua gol lewat aksi individu memukau di menit ke-73 dan ke-81. Satu gol lainnya dilesakkan Saddil Ramdani di menit ke-69.

Pertanyaan pun muncul soal alasan mengapa Indra Sjafri baru memainkan Todd Rivaldo Ferre di babak kedua. Namun, mantan pelatih Bali United itu memiliki alasannya tersendiri. Ia pun memang dengan sengaja menjadikan Todd Rivaldo sebagai pengganti.

"Dua bulan sebelum memasuki event, saya memastikan sekali siapa yang jadi pengganti dan starter. Dan Todd memang sudah kami coba bermain starter, kurang efektif. Dan kalau bermain sebagai pengganti, ia tampil jauh lebih baik," Indra Sjafri mengakui.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Dicoba

Timnas Indonesia U-19 Kalah Tipis Dari Qatar U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19, Todd Rivaldo Ferre (ketiga kiri)merayakan gol ke gawang Qatar U-19 pada penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah tipis 5-6. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Indra Sjafri juga mengaku bahwa ia sempat menjajal Todd Rivaldo sebagai starter di beberapa kesempatan. Namun, yang ia lihat dari permainan pemain asal Papua itu tak sebagus jika dibandingkan sebagai pemain pengganti.

"Kita sudah mencoba. Saya sebagai pelatih tentu tahu persis para pemain saya, berapa kali kita coba Todd main di babak pertama dengan lawan yang lebih bugar dan konsetrasi lebih bagus, Todd main kurang efektif," keluhnya.

 


Tetap Pemain Pengganti

Dengan pernyataan Indra Sjafri, tampaknya Todd Rivaldo kembali akan mengambil peran sebagai pengganti untuk laga selanjutnya. Itu adalah laga penentuan melawan Uni Emirat Arab (UEA) di SUGBK, Rabu (24/10/2018). Indonesia harus menang jika ingin lolos ke 8 besar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya