Eks Pelatih Real Madrid Akui Kehebatan Messi

John Toshack pernah melatih Real Madrid pada tahun 1989

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 07 Feb 2019, 17:15 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2019, 17:15 WIB
Real Madrid Tahan Imbang Barcelona di Semifinal Copa del Rey
Penyerang Barcelona Lionel Messi (tengah) menggiring bola melewati pemain Real Madrid Toni Kroos dan Luka Modric saat bertanding pada leg pertama semifinal Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Rabu (6/2). (AP Photo/Emilio Morenatti)

Liputan6.com, Jakarta Mantan pelatih Real Madrid, John Toshack, memuji kapten Barcelona Lionel Messi. Ia menilai pemain Argentina itu sangat berlainan dibandingkan dengan pemain seperti Neymar dan Cristiano Ronaldo.

Toshack pernah melatih Real Madrid pada tahun 1989, dan membantu tim untuk meraih gelar La Liga kelima berturut-turut dengan rekor total poin pada saat itu. Namun, ia tidak dapat meniru yang sama di musim berikutnya, yang kemudian mengarah ke pemecatan.

Bertahun-tahun kemudian, pelatih asal Wales itu kembali ke Real Madrid, setelah gabung klub Turki Besiktas. Tapi, dipecat sepuluh bulan kemudian setelah dia menolak menarik kembali kritikan yang dia buat dari para pemainnya.

Pria berusia 69 tahun ini juga pernah mengelola tim nasionalnya dua kali. Dan masa jabatanya keduanya berlangsung selama enam tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Hebat

Top Skor Ligue 1
3. Neymar (PSG) - 10 gol dan 5 assist (AFP/Frank Fife)

Toshack menyatakan bahwa bintang sepak bola modern seperti pemain depan PSG Neymar tidak bisa dibandingkan dengan Messi.

Berbicara kepada Radio Marca, mantan bos Wales berkata: "Anda harus berbicara tentang pemain hebat dan kemudian Messi karena dia terlihat seperti pemain PlayStation. Saya berusia 69 tahun dan saya telah melihat banyak pemain, tetapi dia adalah sesuatu yang lain.


Fantastis

Top Scorer Serie A
1. Cristiano Ronaldo (Juventus) - 17 gol dan 6 assist (AFP/Marco Bertorello)

"Ada hal-hal tentang Neymar yang tidak saya sukai, dan ketika saya melihat Messi dan tidak ada yang tidak saya sukai. Neymar tidak bisa dibandingkan dengan Messi dan tidak ada keraguan tentang [Cristiano Ronaldo] karena dia adalah fantastis, "kata Toshack.

Pada bagian lain Toshack menyatakan keprihatinannya dengan rekan senegaranya dan pemain depan Los Blancos Gareth Bale.

"Dia melakukan debutnya bersama saya di Wales pada usia 17 dan dia adalah pemain yang hebat, luar biasa, tetapi dia memiliki beberapa komponen buruk dalam permainannya dan itu adalah bukan kebetulan bahwa dia mendapatkan jenis cedera yang dia miliki," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya