Gol Mohamed Salah Menurun Dibanding Musim Lalu, Ini Pembelaan Klopp

Performa Mohamed Salah mendapat sorotan karena sempat paceklik gol bersama Liverpool

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Apr 2019, 19:50 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2019, 19:50 WIB
Laga Liverpool Kontra Bayern Munchen
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, membela Mohamed Salah, yang penampilannya dinilai menurun. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Liverpool - Mohamed Salah tidak terlalu mematikan di depan gawang lawan pada musim 2018/19 Premier League ini. Dia baru mencetak 17 gol dari 32 pertandingan Liverpool, dan mulai kesulitan mencetak gol dalam beberapa pekan terakhir.

Catatan gol Mohamed Salah tersebut sebenarnya tidak terlalu buruk. Dia masih masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak kedua bersama tiga pemain lainnya, hanya kalah dari Sergio Aguero dengan 19 golnya.

Sayangnya, jika dibandingkan dengan musim lalu, torehan Salah tampak kontras. Dia sukses meraih penghargaan Golden Boot musim lalu karena mencetak 32 gol di Premier League dan lebih dari 40 gol di semua kompetisi.

Menurunnya performa Salah ini dikhawatirkan bakal membuat Liverpool kesulitan, tetapi Jurgen Klopp menjamin bahwa masalah itu tidak ada. Dia justru yakin gol Salah akan datang dengan sendirinya.

Klopp juga meyakini mencetak gol lebih sedikit bukan berarti Salah bermain lebih buruk. Menurut Klopp, perbedaan catatan gol Salah itu juga dipengaruhi oleh permainan Liverpool musim ini. Dia menilai bahwa musim ini Liverpool bermain lebih kolektif dan tidak lagi bergantung pada Mohamed Salah.

"Jika anda memiliki satu musim dengan 40 gol dan musim-musim lainnya tidak sebanyak itu, mungkin anda bisa berpikir bahwa dahulu kami terlalu bergantung padanya dan bahwa tahun ini kami tidak lagi bergantung pada gol-gol Mo [Salah]," tutur Klopp di situs Liverpool FC.

"Namun, dia masih berada di posisi yang sangat bagus jika dibandingkan dengan pemain-pemain lain. 17 gol di liga pada momen dan waktu ini sangat bagus dan baik-baik saja, juga masih ada banyak pertandingan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sangat Bagus

Liverpool Vs Bournemouth
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, membela Mohamed Salah. (AP/Rui Vieira)

Lebih lanjut, Klopp mengakui menjalani musim setelah mencetak 40 gol di musim sebelumnya tidak akan mudah. Namun, dia percaya Salah masih begitu penting, dan jika dia bisa mencetak 20 gol musim ini sudah sangat bagus.

"Bagaimana Anda mengatasi situasi ketika anda mencetak 40 gol tahun lalu? Semua penghargaan datang setelahnya - anda tidak bisa mendapatkan penghargaan sebelum anda mencetak 40 gol, anda mendapatkan itu sesudahnya."


Sedikit Bermasalah

"Lalu, anda tidak 100 persen fit ketika pramusim dimulai, sebab - kita sudah membicarakan ini - pundak Salah masih sedikit bermasalah di awal musim ini. Namun, dia melakukannya dengan sangat baik," sambung Klopp.

"Dan jika dia bisa mencetak 20 gol tahun ini, berarti itu jadi 60 gol dalam dua musim - wow, itu tidak buruk!."

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya