Piala AFF 2020: Kedatangan Timnas Indonesia Dihantui Munculnya Kasus Omicron di Singapura

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk menghadapi Piala AFF 2020/2021.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 03 Des 2021, 12:30 WIB
Diterbitkan 03 Des 2021, 12:30 WIB
Pemain timnas Indonesia tiba di hotel jelang Piala AFF 2020
Pemain timnas Indonesia tiba di hotel jelang Piala AFF 2020 (PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona COVID-19 masih menghantui perhelatan Piala AFF 2020/2021 yang berlangsung di Singapura mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022. Guna mencegah penyebaran, protokol kesehatan telah diberlakukan sejak para peserta tiba di bandara hingga di hotel tempat menginap. 

Tantangan yang dihadapi tuan rumah bertambah seiring munculnya varian baru Omicron. Seperti Straitstimes, pemerintah Singapura telah mendeteksi masuknya virus jenis ini ke negaranya. 

Kedua kasus dibawa oleh dua pendatang yang baru tiba dari luar negeri. Mereka kemudian langsung diisolasi setibanya di Singapura dan tidak diizinkan untuk beinteraksi dengan siapapun. 

"Saat ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus-kasus ini," bunyi pernyataan otoritas kesehatan Singpura, MOH, Kamis (2/12/2021). 

Kementerian menambahkan, kedua pasien dalam pemulihan di bangsal isolasi di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular. Mereka telah divaksinasi lengkap dan bergejala ringan batuk dan tenggorokan gatal.

Penemuan varian baru Omicron di Singapura sejauh ini belum berdampak langsung bagi penyelenggaraan Piala AFF 2020/2021. Sebagian peserta bahkan sudah berdatangan ke Singapura. 

Timnas Indonesia yang akan bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos, juga sudah tiba, Kamis malam (2/12/2021). Seperti dilansir dari situs PSSI, pasukan Shin Tae-yong langsung disambut protokol kesehatan yang ketat sejak menginjakkan kaki di bandara Changi.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Protokol Kesehatan Ketat

Foto: Cerianya Elkan Baggott Pamer KTP di Acara Pelepasan Timnas Piala AFF 2020 Menuju Pemusatan Latihan di Turki
Pelepasan yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan beserta jajarannya juga diikuti oleh seluruh Skuat Timnas Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong, serta para pemain termasuk pemain naturalisasi, Elkan Baggott. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia mendarat di Singapura pada pukul 17.30 waktu setempat. Skuad Garuda melakukan perjalanan selama kurang lebih 15 jam dari Antalya, Turki.

Begitu tiba di Bandara Changi, Singapura seluruh pemain dan ofisial melakukan swab test PCR. Setelah itu, penggawa Garuda menuju ke hotel untuk beristirahat dan menunggu hasil swab test PCR. 

"Alhamdulillah kami sudah tiba di Singapura setelah perjalanan panjang dari Turki. Kondisi saya dan teman-teman sudah siap untuk melakukan persiapan menghadapi Piala AFF 2020," kata Evan Dimas.

Terkait cuaca, pada hari ini kondisi Singapura cukup baik. Selama di negeri Singapura, skuad Garuda menginap di Hotel Orchard, Singapura.

 

 


Kondisi Siap Tempur

Indonesia akan melawan Kamboja pada laga perdana Piala AFF 2020 tanggal 9 Desember mendatang. Setelah itu melawan Laos 12 Desember, Vietnam 15 Desember, dan Malaysia 19 Desember. Skuad Garuda pun mengusung misi juara di ajang ini.

Skuad Garuda direncanakan akan memulai latihan di Singapura (3/12) besok. Saat ini seluruh pemain dalam kondisi oke dan siap bermain di ajang bergengsi negara-negara Asia Tenggara tersebut.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya