Profil Khairul Fahmi, Penjaga Gawang Malaysia yang Jadi Momok Indonesia di Piala AFF 2020

Indonesia punya pengalaman buruk ketika bersua dengan kiper Malaysia Khairul Fahmi di final Piala AFF 2010. Kini, skuad Garuda akan kembali bertemu kiper andalan Harimau Malaya itu.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Des 2021, 17:55 WIB
Diterbitkan 18 Des 2021, 07:00 WIB
Khairul Fahmi Che Mat
Kiper Timnas Malaysia, Khairul Fahmi Che Mat, yang menjadi momok bagi Timnas Indonesia di Piala AFF

Liputan6.com, Jakarta- Khairul Fahmi Che Mat, atau yang dikenal sebagai Khairul Fahmi, merupakan pesepak bola asal Malaysia yang kini bermain sebagai penjaga gawang.

Pria kelahiran Kota Bharu, 7 Januari 1989, ini sempat memperkuat klub di tanah kelahirannya, Kelantan FA. Ia tercatat bergabung dengan klub tersebut sejak 2009.

Namun pada 2018, Khairul Fahmi meninggalkan Kelantan untuk merumput Bersama Melaka United FC di Hang Jebat. Dikutip dari media Malaysia Sukanz, Khairul Fahmi menandatangani kontrak dengan skuat hijau putih hingga akhir 2022.

Jadi kiper andalan Harimau Malaya, Khairul Fahmi sempat menerima penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik dan pemain muda terbaik dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada 2010.

Ia pun turun memperkuat Timnas Malaysia di Piala AFF 2010, ketika Harimau Malaya sukses keluar sebagai juara usai menang agregat atas Timnas Indonesia dengan 4–2 di partai final.

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momok bagi Indonesia

Malaysia
Kiper Malaysia, Khairul Fahmi, kebobolan saat melawan Palestina pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Yordania, Kamis (12/11/2015). Sepak bola Malaysia kini sedang berada pada masa sulit. (AFP/Khalil Mazraawi)

Melansir Goal.com, Khairul Fahmi Kembali dipercaya untuk mengisi posisi penjaga gawang Malaysia di Piala AFF 2020 bersama Farizal Marlias dan Hafizul Hakim.

Kehadiran Khairul Fahmi nampaknya menjadi momok tersendiri bagi skuad asuhan Shin Tae-yong di turnamen kali ini. Pasalnya, Timnas Indonesia punya pengalaman buruk ketika bersua dengan Khairul Fahmi di final Piala AFF 2010.

Kiper berusia 32 tahun ini memang mencatatkan penampilan impresif di partai final turnamen sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

Khairul Fahmi diketahui sukses menyelamatkan sepak pojok melengkung milik penggawa Indonesia Firman Utina pada pertandingan final leg pertama Piala AFF yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil.

Pada laga leg kedua yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kiper asal Malaysia ini kembali menghalau tendangan penalti Firman Utina pada menit-menit awal paruh pertama.

Tak heran jika pertemuan dengan Firman Utina jadi salah satu hal yang mendebarkan di matchday ke-5 penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Malaysia pada Minggu (19/12/2021).


Laga Penentu

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Para pemain Malaysia merayakan gol yang dicetak oleh Mohamadou Sumareh ke gawang Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pertemuan dengan Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu besok, akan menjadi laga penentu keberhasilan anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF tahun ini.

Pasalnya, Harimau Malaya kini hanya terpaut satu poin dari Indonesia yang berada di puncak klasemen sementara Grup B. Skuad asuhan Shin Tae-yong dipastikan bakal mengamankan tempat di semifinal jika berhasil menahan imbang Timnas Malaysia.

Jika kalah dari Harimau Malaya, skuad Garuda bisa saja kehilangan asa untuk melaju ke babak selanjutnya, kecuali Vietnam meraih hasil sama kala bertemu Kamboja.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya