Wasit Italia Pimpin Semifinal Piala Dunia 2022

FIFA sudah menunjuk wasit asal Italia sebagai salah satu pengadil di partai semifinal Piala Dunia 2022.

oleh Thomas diperbarui 12 Des 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 13:00 WIB
Foto: Serba yang Pertama di Laga Pembuka Piala Dunia 2022, Gol Enner Valencia, VAR, hingga Kekalahan Tuan Rumah yang Perdana
Wasit Daniele Orsato (AP/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta- Meski Italia tidak berlaga di Piala Dunia 2022, mereka punya perwakilan di Qatar dan akan memainkan peran penting. Wasit asal Italia Daniele Orsato dipercaya memimpin pertandingan babak semifinal.

FIFA memutuskan Daniele Orsato yang akan menjadi pengadil di laga semifinal antara Argentina melawan Kroasia. Orsato akan ditemani kompatriotnya Massimiliano Irrati yang bertugas di VAR.

Orsato sudah dua kali bertugas di Piala Dunia 2022. Dia memimpin di laga pembukaan saat tuan rumah Qatar melawan Ekuador dan kemudian kala Argentina menang 2-0 atas Meksiko di laga kedua fase grup.

Di babak 16 besar dan perempat final, Orsato tidak dipakai dan baru kembali bertugas untuk semifinal. Sebelumnya Orsato juga digadang sebagai calon kuat wasit partai final Piala Dunia 2022.

Namun dengan dipilih bertugas di semifinal, Orsato kemungkinan tidak akan dipakai untuk memimpin partai final Piala Dunia 2022.

Beberapa pemain Argentina dan Kroasia sudah familiar dengan Orsato karena merumput di Liga Italia seperti Lautaro Martinez, Marcelo Brozovic, Angel Di Maria, Ivan Perisic, Leandro Paredes, Nikola Vlasic dan Paulo Dybala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekor

Grup A Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador
Wasit Daniele Orsato mengganjar kartu kuning kiper Timnas Qatar, Saad Al Sheeb usai menjatuhkan pemain Timnas Ekuador, Enner Valencia di dalam kotak penalti dalam laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al-Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Baik Argentina dan Kroasia sama-sama meraih hasil positif jika dipimpin Orsato. Argentina menang atas Meksiko pada laga pertamanya dipimpin Orsato. Kroasia menang dua kali pada laga yang diadili Orsato dan kalah 0-1 dari Inggris di Euro 2020.

Beban berat berada di pundak Orsato. Belanda dan Portugal menuding wasit di Piala Dunia 2022 kerap menguntungkan Argentina. FIFA jadi sasaran kemarahan Portugal karena menunjuk wasit Argentina untuk laga perempat final melawan Maroko.


Sengit

Partai semifinal Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Argentina melawan Kroasia dan Prancis melawan Maroko. Jika Kroasia dan Prancis yang menang maka mereka akan mengulangi final Piala Dunia 1998.

Persaingan untuk menjadi top skor di Piala Dunia 2022 juga sangat sengit. Mesin gol Prancis Kylian Mbappe memimpin dengan lima gol. Posisi Mbappe dipepet Lionel Messi dari Argentina dan rekan setimnya Olivier Giroud dengan empat gol.

Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Bagan dan Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya