Hadapi Thailand di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Diminta Tidak Kalah Sebelum Tanding

Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan berat di laga ketiga Piala AFF 2022. Mereka sudah dinanti oleh Thailand yang berstatus sebagai juara bertahan. Jelang duel ini, Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan berpesan agar Skuad Garuda tidak kalah sebelum bertanding.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 27 Des 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Des 2022, 18:30 WIB
Timnas Indonesia Vs Thailand
Pemain Thailand, Bordin Phala (tengah), diapit dua penggawa Timnas Indonesia saat bertanding pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sukses memetik dua kemenangan beruntun di laga Grup A Piala AFF 2022. Tim racikan Shin Tae-yong berjaya 2-1 atas Kamboja dalam duel perdana yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/2022).

Pasukan Merah Putih kembali berpesta saat meladeni Brunei Darussalam di laga kedua. Skuad Garuda melesakkan tujuh gol tanpa balas lewat aksi Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, serta Yakob Sayuri.

Adapun Indonesia masih harus melanjutkan perjuangannya di fase penyisihan demi mengamankan tiket menuju babak semifinal. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sudah dinanti lawan berat dalam pertandingan ketiga. Mereka dijadwalkan bersua dengan Thailand.

Seperti diketahui, Pasukan Gajah Perang merupakan musuh bebuyutan sekaligus salah satu rival tersulit Timnas Indonesia di turnamen sepak bola level Asia Tenggara. Penggawa Merah Putih bahkan sudah ditumbangkan oleh Thailand di babak final edisi lalu.

Meski begitu, Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan berharap Skuad Garuda tak kalah sebelum berperang. Ia ingin para pemain Merah Putih tampil fokus saat berhadapan dengan lawan tangguh di laga ketiga Piala AFF 2022.

“Saya pikir (Timnas Indonesia) harus tetap fokus. Jangan sampai gugup saat lawan Thailand walaupun dia adalah tim tangguh dan musuh bebuyutan Indonesia. Jangan kalah sebelum tanding,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

“Di belakang tim ada pelatih terbaik yang bisa memotivasi dan memberi semangat. Kita anggap Thailand sama. Jangan takut, harus berani,” sambung Endri Erawan.


Peringkat Dua

Foto: Cetak Tujuh Gol Lewat Pemain Berbeda, Timnas Indonesia Hancurkan Brunei Darussalam pada Matchday Kedua Piala AFF 2022
Timnas Indonesia melanjutkan tren positifnya dengan memetik kemenangan kedua pada matchday kedua Piala AFF 2022 di KLFA Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022) sore WIB. Kali ini Brunei Darussalam yang menjadi korban keganasan Yakob Sayuri dkk dengan kemenangan telak 7-0. Ketujuh gol Timnas Garuda masing-masing dicetak oleh 7 pemain berbeda. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini menempel Thailand di klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022. Skuad Gajah Perang menghuni peringkat teratas, sedangkan Pasukan Merah Putih menyusul di urutan kedua.

Duo kesebelasan sejatinya sama-sama memiliki koleksi enam angka. Hanya saja, Thailand unggul selisih gol dibanding Indonesia. Skuad asuhan Alexandre Polking tercatat telah melesakkan sembilan gol tanpa kebobolan di dua laga perdana.

Dengan demikian, mereka memiliki catatan selisih gol +9. Sementara itu, Indonesia juga telah sembilan kali menjebol gawang lawan, tetapi sempat kebobolan satu kali saat melawan Kamboja. Hasil ini membuat selisih gol Indonesia menjadi hanya +8.


Bersaing Sengit

FOTO: Indonesia Runner-Up Piala AFF 2020
Pemain Indonesia melompat untuk menghalau tendangan bebas pemain Thailand Theerathon Bunmathan (kiri) pada pertandingan sepak bola leg kedua final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Ketatnya persaingan Thailand dan Indonesia di klasemen sementara Grup A seolah mengisyaratkan sengitnya pertarungan yang bakal tersaji dalam pertandingan ketiga kedua tim di Piala AFF 2022 pada Kamis (29/12/2022).

Manajer Timnas Thailand, Madam Pang, juga sempat memberi komentar jelang laga Indonesia vs Thailand di turnamen sepak bola Asia Tenggara. Menurutnya, perjumpaan dengan Skuad Garuda bakal menjadi tantangan terberat sepanjang fase penyisihan.

Ia juga mewaspadai atmosfer laga yang dihelat di kandang Indonesia. Walau begitu, Madam Pang menegaskan pasukan Gajah Perang bakal berupaya memberikan yang terbaik.

“Mengunjungi Indonesia kemungkinan bakal jadi laga terberat di ronde pertama. Hati-hati karena tiket sudah sold out. Atmosfer pertandingan bakal berbeda dari dua laga sebelumnya, ini akan jadi laga yang menarik, dan ini juga jadi ujian yang bagus,” katanya.

"Tahun lalu, kita bergembira bersama di tahun baru dengan gelar Piala AFF keenam. Tahun ini, mungkin terasa lebih berat sebagai juara bertahan. Penuh tekanan dan harapan. Tapi kita akan melakukan yang terbaik,” ujar wanita dengan nama lengkap Nuanphan Lamsam itu.

Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF
Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya