Erick Thohir Beberkan Rencana Bangun Training Center untuk Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berencana menbangun training center bagi Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 18 Feb 2023, 16:31 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2023, 16:31 WIB
Kongres PSSI 2023
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir memberikan pidatonya saat Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berjanji akan memperbaiki sepak bola di Tanah Air. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap rencananya untuk menbangun training center bagi Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Langkah pertama dengan membentuk komite ad hoc infrastruktur.

Erick mengungkapkan itu dalam konferensi pers yang dihelat pasca rapat exco PSSI di GBK Arena, Senayan, Sabtu (18/2/2023).

"Hari ini, kita memutuskan (membentuk) komite ad-hoc infrastruktur. Karena kenapa? Penting sekali (bagi kita) membangun yang namanya training center buat tim nasional," tutur Erick kepada awak media di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

"Insyaallah minggu depan, kita akan mengirimkan tim untuk mulai melihat tanahnya. Ini juga bagian komitmen kita membangun training center bersama, tidak hanya ada pendanaan dari FIFA di mana kemarin mereka sudah commit untuk membantu, tetapi kita juga akan coba mencarikan pembiayaan lainnya," tambah dia.

Erick menargetkan, training center Timnas Indonesia harus memiliki setidaknya empat lapangan per tahun depan. Ia juga berencana menyediakan tempat TC bagi para atlet.

"Insyaallah kalau memang kita serius, tahun depan training center ini sudah paling tidak memiliki empat lapangan latihan dan mungkin juga tempat TC untuk para atlet," bebernya.

"Tempat (training camp-nya) di mana, ojo kesusu, tunggu dulu. Itulah kenapa komite ad hoc ini, untuk pembangunan infrastruktur kita, juga akan menjadi bagian penting," pungkas sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.


Penggunaan VAR

Kongres PSSI 2023
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir berbincang bersama Wakil Ketua Umum PSSI ll Zainudin Amali saat Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Pada pemilihan Ketua Umum di Kongres Luar Biasa PSSI, Erick memperoleh 64 suara mengungguli AA Lanyalla Mattalitti yang meraih 22 suara. Sedangkan dua kandidat calon lainnya tidak memperoleh satu suara pun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tak hanya membangun training center, Erick Thohir juga punya misi serius terkait penggunaan VAR dalam pertandingan sepak bola Indonesia.

Oleh sebab itu, komite infrakstrukur yang nantinya dibentuk juga mengekban tugas untuk memantau masalah VAR, berikut dengan lokasi dan rencana pembiyaannya. 

"Komite infrastruktur lainnya tentu melihat juga bagaimana masalah VAR. Di mana lokasi-lokasi yang bisa kita lakukan, berapa biayanya. Tentu juga ada pembiayaan lain yang memang menjadi tantangan," ucap Erick.


Komite Ad-hoc Suporter

Sah, Erick Thohir Pimpin PSSI Periode 2023-2027
Ketua Umum PSSI Terpilih Erick Thohir menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela Kongres Luar Biasa PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa PSSI dengan mendapatkan 64 suara atau unggul jauh dari La Nyalla Mattalitti yang mendapatkan 24 suara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Erick Thohir juga sempat membahas terkait rencana membentuk komite ad hoc suporter. Langkah ini merupakan respons ketum PSSI baru atas kericuhan yang terjadi di laga PSIS Semarang vs Persis Solo pada Jumat (17/2/2023) lalu.

"Rapat ini tidak lain (untuk) membahas peristiwa yang baru saja terjadi. Karena itu, keputusan exco tadi, kita akan membuat komite ad-hoc untuk suporter," ujar Erick Thohir pasca memimpin rapat di GBK Arena, Senayan, Sabtu (18/2/2023).

Sebagai informasi, pertandingan PSIS melawan Persis Solo sebenarnya sudah dipastikan berlangsung tanpa penonton. Keputusan tersebut diambil panitia pelaksana, manajemen kedua tim, serta petugas kepolisian sehari sebelum kick-off.

Akan tetapi, pendukung PSIS tetap ramai-ramai datang ke Stadion Jatidiri untuk menyaksikan langsung penampilan tim kesayangannya. Suporter kemudian terlibat bentrok dengan aparat keamanan, hingga akhirnya gas air mata ditembakkan.

Infografis Janji Erick Thohir Terpilih Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Janji Erick Thohir Terpilih Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya