Manfaatkan Situasi Klub, Chelsea Coba Dekati Bintang Muda Barcelona

Eksploitasi Gavi telah membantu Barcelona membangun keunggulan 13 poin atas Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol.

oleh AY Yustiawan diperbarui 12 Apr 2023, 03:30 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 03:30 WIB
Chelsea vs Real Madrid
Pemain Chelsea Christian Pulisic, kanan, ditekel oleh pemain Real Madrid Casemiro saat pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di stadion Stamford Bridge di London, Rabu, 6 April 2022. (AP Photo/Kirsty Wiggles

Liputan6.com, Jakarta Chelsea dilaporkan tertarik memboyong bintang muda Barcelona Gavi. Mereka berusaha untuk mengambil keuntungan dari saga kontrak pemain berusia 18 tahun itu.

Gelandang kelahiran 2004 itu tentu saja banyak menarik perhatian klub Eropa setelah perkembangan pesatnya di tim utama Blaugrana. Dia sudah mencatatkan 87 penampilan untuk klub di semua turnamen.

Gavi telah menghasilkan empat gol dan 12 assist untuk raksasa Catalan pada waktu itu. Dia juga sudah mencetak dua gol dan membuat enam gol lagi dalam 40 penampilan selama musim ini.

Eksploitasi Gavi telah membantu Barcelona membangun keunggulan 13 poin atas Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol. Dan, dia mendapat Trofi Kopa pada penghargaan Ballon d'Or tahun lalu.

La Blaugrana tampaknya telah mengakhiri spekulasi tentang masa depan pemain internasional Spanyol itu pada bulan September, mengikat prospek akademi mereka ke kontrak baru hingga musim panas 2026 dengan klausul rilis 878 juta pounds.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengadilan

Foto: Gagal Bongkar Pertahanan Rapat Girona, Barcelona Gagal Menang di Camp Nou
Reaksi kecewa gelandang Barcelona, Gavi setelah membuang kesempatan mencetak gol di depan gawang Girona pada laga lanjutan pekan ke-28 Liga Spanyol 2022/2023 di Camp Nou Stadium, Barcelona, Selasa (11/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

Namun, pemimpin La Liga telah diguncang oleh putusan pengadilan yang dapat membuka kemungkinan Gavi pergi tanpa hasil di akhir musim ini.

Dalam perselisihan hukum yang berlarut-larut dengan La Liga, Barcelona gagal mengubah status Gavi dari pemain akademi menjadi pemain tim utama selama jendela transfer Januari. Dan, sebagai bagian dari kontrak barunya, sebuah klausul dimasukkan yang memungkinkan dia pergi ke gratis musim panas ini jika dia masih terdaftar di akademi.


Kehilangan Status

Vinicius Junior
Penyerang Real Madrid, Vinicius Junior, hampir melakukan baku hantam dengan Gavi pada leg 2 semifinal Copa del Rey, Kamis (6/4/2023) dini hari WIB. (AFP/Pau Barrena)

Barcelona tidak dapat mendaftarkan Gavi sebagai pemain tim utama karena mereka telah melampaui batas gaji mereka. Bukan itu saja, mereka melewatkan tenggat waktu untuk mengajukan kasus berikutnya setelah La Liga ditampar dengan perintah sementara untuk mengubah status remaja tersebut.

Pengadilan akhirnya memihak La Liga atas pengajuan dokumen terlambat dari Barca. Itu berarti bahwa Gavi akan kehilangan status tim pertamanya - sementara masih dapat mewakili klub seperti biasa - dan Barcelona gagal dengan banding bulan lalu.


Manfaatkan Situasi

Robert Lewandoski - Barcelona - Liga Spanyol - 17 September 2022
Striker Barcelona Robert Lewandowski merayakan golnya dengan rekan setim Gavi ke gawang Elche pada pertandingan Liga Spanyol di stadion Camp Nou, Sabtu, 17 September 2022. (Josep LAGO / AFP)

Gavi kini terbuka untuk meninggalkan klub masa kecilnya tanpa alasan adalah masalah lain. Namun, menurut AS, Chelsea telah melakukan kontak dan mencoba memanfaatkan ketidakpastian.

Perwakilan dari klub London Barat dikabarkan telah bertemu dengan agen Gavi di Madrid tiga minggu lalu. Kabarnya, diskusi itu sangat memuaskan.


Hubungan Positif

Benzema Hattrick, Madrid Menang di Kandang Chelsea
Gelandang Chelsea, N'Golo Kante saat dilanggar gelandang Real Madrid, Toni Kroos pada pertandingan leg pertama perempat final leg Liga Champions di stadion Stamford Bridge di London, Kamis (7/4/2022). Madrid menang atas Chelsea 3-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Chelsea telah merencanakan pembicaraan lebih lanjut dengan kamp pelatih asal Spanyol itu, dan dia dikatakan sangat tidak senang dengan perkembangan situasi kontraknya.

Selain itu, The Blues diketahui telah melakukan kontak dengan mantan bos Spanyol Luis Enrique atas peran pelatih kepala, yang akan meningkatkan prospek mereka untuk mendaratkan Gavi karena hubungan positif remaja tersebut dengan seniornya.


Kontrak Baru

Foto: Salut, 6 Pemain Berikut Tetap Berpuasa Ramadan Sebelum Laga Chelsea Kontra Real Madrid
Hakim Ziyech. Gelandang serang Chelsea asal Maroko berusia 29 tahun ini baru dimasukkan di awal babak kedua pada menit ke-46 menggantikan N'Golo Kante. Sayang, perannya yang diharapkan dapat meningkatkan serangan The Blues tetap berujung kekalahan 1-3. (AFP/Javier Soriano)

Chelsea mengizinkan Jorginho untuk bergabung dengan Arsenal pada bulan Januari, dan barisan lini tengah mereka dapat semakin menipis musim panas ini dengan kemungkinan kepergian Mateo Kovacic, Ruben Loftus-Cheek, Conor Gallagher dan Denis Zakaria.

N'Golo Kante juga bisa pergi sebagai agen bebas pada akhir Juni. Namun, pemain Prancis itu sekarang diperkirakan akan menandatangani kontrak baru dengan tim Frank Lampard.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya