Prediksi SEA Games 2023 Timor Leste vs Indonesia: Garuda Muda Pantang Anggap Enteng

Timnas Indonesia U-22 bisa memastikan lolos ke semifinal cabor sepak bola SEA Games 2023 kalau berhaisl menang lawan Timor Leste di Olympic Stadium, Phnom Penh sore ini.

oleh Defri Saefullah diperbarui 07 Mei 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 09:30 WIB
SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar
Dua pemain Timnas Indonesia U-22, Rizky Ridho Ramadhani (kiri) dan Ramadhan Sananta ditempel ketat pemain Myanmar saat terjadi sepak pojok pada laga kedua Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Timor Leste pada laga ketiga grup A cabor sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023) mulai pukul 16.00 WIB. Indonesia sudah mengantongi dua kemenangan dan kemenangan lawan Timor Leste hampir memastikan tiket ke semifinal sepak bola SEA Games 2023.

Dari rekor pertemuan, Indonesia tak pernah kalah dari Timor Leste. Indonesia masih superior dari negara yang ada di timur Nusa Tenggara Timur ini.

Meski begitu, sepak bola Timor Leste terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu usaha Timor Leste untuk membenahi sepak bola mereka yaitu dengan mendatangkan pelatih asal Korea Selatan Park Soon Tae.

Pengaruh Park Soon Tae cukup bagus. Setidaknya, Timor Leste bisa mengantongi satu kemenangan dari tiga kali pertandingan di grup A cabor sepak bola SEA Games 2023. Kemenangan meyakinkan itu diraih Timor Leste atas Filipina dengan skor 3-0.

Tia gol Timor Leste dicetak oleh Mouzinho, Figo dan Mesquita. Timor Leste diyakini bakal berusaha untuk menang agar menjaga peluang atau setidaknya imbangi Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri pun meminta pasukannya tidak jemawa lawan Timor Leste.

"Semua pemain sudah siap melawan Timor Leste. Mereka semua dalam keadaan fit, tidak ada yang cedera, dan akan memberikan permainan terbaik besok," kata Indra Sjafri.

"Meski begitu, kami ingin pemain tidak meremehkan Timor Leste. Semua pemainnya harus diwaspadai dan jangan terpancing, apalagi kami lihat gaya main mereka saat ini lebih baik," tambah pria yang juga Direktur Teknik PSSI tersebut.

 

 


Pesan Ketum PSSI Erick Thohir

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-22 setelah mencetak gol pertama ke gawang Myanmar melalui Marselino Ferdinan (kedua kanan) pada laga kedua Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Pesan yang sama juga disampaikan ketua umum PSSI Erick Thohir. Dia meminta pemain Timnas Indonesia U-22 tidak jumawa saat menghadapi Timor Leste.

Erick mengapresiasi start yang baik dari Marselino dan kawan-kawan saat membungkam Filipina 3-0 dan Myanmar 5-0.

"Ini masih terlalu dini, kita memang menang dua pertandingan awal, tapi ke depan-depannya jangan sampai tampil tidak baik," ujar Erick dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (6/5).

 


Pelatih Timor Leste Sesumbar Menang

Foto: Ramadhan Sananta Cetak Brace, Timnas Indonesia U-22 Hancurkan Myanmar untuk Puncaki Klasemen Grup A SEA Games 2023
Timnas Indonesia U-22 memetik kemenangan kedua di ajang SEA Games 2023 setelah menghancurkan Myanmar dengan skor telak 5-0 dalam laga yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). Kelima gol tim asuhan Indra Sjafri dicetak melalui brace Ramadhan Sananta (29' dan 59') dan masing-masing satu gol dari Marselino Ferdinan (19'), Fajar Fathur Rahman (73') dan Titan Agung Fawwazi (87'). Dengan hasil ini Tim Garuda Muda sementara memimpin klasemen sementara Grup A dengan 6 poin, menggusur Kamboja yang baru mengoleksi 4 poin. (Bola.com/Abdul Aziz)

Sementara itu, Timor Leste ogah diremehkan Indonesia. Bahkan pelatih Park Son Tae sesumbar bisa kalahkan Indonesia karena sudah mendapatkan pesan dari eks pelatih Vietnam Park Hang Seo.

"Indonesia adalah peringkat tertinggi di Grup A tapi tidak apa-apa, kami akan mencoba bermain dengan berani di pertandingan terakhir," ujar Park Soon-tae.

"Jika kami bisa menang, itu akan menjadi pertandingan seumur hidup kami, sepak bola Timor Leste. Untuk bisa melanjutkan atau tidak, itu akan tergantung pada hasil yang diraih Kamboja."

Pria Korea Selatan itu juga menyinggung sihir Park Hang-seo di Asia Tenggara yang dijadikan sebagai jimat keberuntungan kariernya.

"Saya datang ke Asia Tenggara setelah Pelatih Park Hang-seo meraih banyak kesuksesan di Vietnam," ucap Park Soon-tae seperti dikutip dari Soha.vn.

"Oleh karena itu, saya juga ingin memiliki prestasi yang sama dengan Tuan Park."

 

 


Head to Head Timor Leste vs Indonesia

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Filipina
Para pemain Timnas Indonesia U-22 (kiri ke kanan) Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Jeam Kelly Sroyer dan Alfendra Dewangga berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dimulainya laga Grup A SEA Games 2023 menghadapi Filipina di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

21 Nov 2010 Indonesia v Timor-Leste L 6-0 International Friendly

13 Nov 2018 Indonesia v Timor-Leste L 3-1 AFF Championship

27 Jan 2022 Indonesia v Timor-Leste L 4-1 International Friendly

30 Jan 2022 Indonesia v Timor-Leste L 3-0 International Friendly

 


Prediksi Susunan Pemain Timor Leste vs Timnas Indonesia U-22

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Latihan Jelang Menghadapi Myanmar
Para pemain Timnas Indonesia U-22 (kiri ke kanan) Rizky Ridho Ramadhani, Komang Teguh Trisnanda, Amiruddin Bagas Kaffa dan Ramadhan Sananta saat sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Visakha Training Center, Phnom Penh, Kamboja Selasa (2/5/2023) pagi waktu setempat jelang menghadapi Myanmar pada laga kedua Grup A SEA Games 2023. (Bola.com/Abdul Aziz)

Timor Leste (4-4-2): Georgino Mendonca; Orcelio Guterres, Anizo Correia, Olagar Malik Xavier, Joao Halle; Kornelis Portela, John de Oliveira, Moniz Fernandes, Luis Figo; Mauzingo, Zenivio Mota

Indonesia (4-3-3): Adi Satryo; Haykal Alhafiz, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Rio Fahmi; M Taufany, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Fajar Faturrahman.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya