Inter Miami Makin Kental Beraroma Barcelona, Eks Pelatih Susul Lionel Messi Gusur Legenda Manchester United

Tata Martino yang pernah menukangi Barcelona ditunjuk Inter Miami untuk menjadi pelatih baru. Dia menggantikan legenda Manchester United, Phil Neville yang gagal total.

oleh Defri Saefullah diperbarui 29 Jun 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 17:00 WIB
tata-martino-130829b.jpg
Gerardo Martino atau Tata Martino pernah menjadi pelatih Timnas Argentina dan juga Barcelona pada era 2013 sampai 2014. Kini, dia menyusul Lionel Messi di Inter Miami (AFP)

Liputan6.com, Miami- Inter Miami makin kental beraroma Barcelona. Setelah diperkuat Lionel Messi dan Sergio Busquets, Inter Miami juga mererkut Gerardo Martino atau akrab disapa Tata Martino yang pernah melatih Barcelona di periode 2013 sampai 2015.

Tata Martino menggantikan legenda Manchester United Phil Neville yang gagal total dengan inter Miami. Neville membawa Inter Miami terpuruk dan sudah dipecat pada awal Juni lalu.

Dia digantikan oleh Tata Martino, pelatih dengan pengalaman yang banyak. Dia memulai karier di 1998 dan sudah pernah menangani berbagai macam klub seperti Barcelona, Timnas Argentina, Newell's Old Boys, Meksiko, Paraguay dan klub MLS Atlanta United.

Martino memenangkan gelar MLS Cup bersama Atlanta United di 2018. David Beckham menyambut baik hadirnya Tata Martino dalam "galaksi" Inter Miami yang siap hadir dengan kekuatan baru di musim baru.

"Tata sseorang figur yang sangat dihormati di sepak bola dimana trek rekornya memperlihatkan bagaimana kehebatan dia," kata Beckham seperti dikutip Metro.

"Kami yakin prestasinya di sepak bola dan pengalaman sebagai pelatih bakal menginspirasi tim kami dan membuat fans gembira. Saya tak sabar melihat dampak yang diberikannya kepada tim ini baik di dalam maupun luar lapangan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tata Martino Sesuai dengan Ambisi Inter Miami

Foto: Daftar 6 Pemain Bintang yang Gak Mempan dengan Tawaran Gaji Selangit untuk Bermain di Liga Arab Saudi Musim 2023 / 2024
Tata Martino pernah melatih Barcelona dan juga memiliki pengalaman dengan Lionel Messi dan Sergio Busquets (AFP/Alain Jocard)

 

Sedangkan manajer Inter Miami Jorge Mas menilai Tata Martino sesuai dengan ambisi klub. Dimana klub ini ingin meraih prestasi terbaik di MLS.

"Kami bahagia bisa menyambut Tata di Inter Miami. Kami merasa dia pelatih yang sesuai dengan ambisi kami sebagai klub dan optimistis kami bisa sukses bersama," ujarnya.

"Tata sudah pernah melatih di level tertinggi dan kami yakin pengalamannya akan berguna untuk kami. Kami berencana untuk bersaing raih gelar di sini."

 


Eks Pemain Barcelona Gabung Inter Miami Bisa Bertambah

Foto: Sergio Busquets dan Jordi Alba Pergi, Ini Dia 4 Kandidat Kapten Baru Barcelona Musim Depan
Dua pemain senior Barcelona yang kerap menyandang ban kapten, Sergio Busquets dan Jordi Alba telah memutuskan pergi pada akhir musim 2022/2023 dan telah memainkan laga terakhirnya di depan publik sendiri saat menang 3-0 atas Mallorca di Camp Nou, Senin (29/5/2023) dini hari WIB. Busquets akan meninggalkan klub yang dibelanya selama 15 tahun begitu habis kontrak pada 30 Juni 2023. Sedangkan Alba sepakat mengakhiri kontrak satu tahun lebih cepat di akhir musim ini. Menarik untuk ditunggu siapakah yang akan meneruskan estafet ban kapten Barcelona yang ditinggalkan keduanya? Berikut 4 kandidatnya. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Messi dan Busquets belum secara resmi diperkenalkan Inter Miami. Keduanya mungkin akan diperkenalkan pada 16 Juli nanti.

Kemungkinan eks Barcelona bakal bertambah di Inter Miami. Jordi Alba juga sudah meninggalkan Barca dan mungkin gabung Inter Miami.

 Sebelumnya, Sergio Busquets memilih untuk mengikut jejak mantan rekan setimnya, Lionel Messi, yang hijrah ke Inter Miami pada musim panas ini.

Laporan ESPN mengungkap klub MLS tersebut telah mengumumkan perihal kedatangan Busquets ke Amerika melalui unggahan di akun media sosialnya.

Seperti diketahui, kontrak Sergio Busquets bersama Barcelona memang kedaluwarsa pada pengujung Juni 2023. Pesepak bola berusia 34 tahun tersebut sudah menyatakan niatnya untuk mengakhiri karier 18 tahun bersama sang raksasa Catalan.

Busquets, yang sudah membukukan total 722 penampilan dengan Barcelona, pun santer disebut-sebut bakal bereuni dengan Lionel Messi. La Pulga sudah telah dulu memutuskan bergabung dengan Inter Miami usai berpisah dari Paris Saint-Germain (PSG).

Kepindahan ke MLS memang menjadi prospek yang menarik buat Busquets. Pasalnya, ia jadi bisa bereuni dengan mantan koleganya di Blaugrana. Adapun Busquets dan La Pulga diketahui pernah menghabiskan 13 musim bersama, dari periode 2008 hingga 2021.

Kedua penggawa juga diketahui merupakan bagian dari tim sukses Barcelona yang berhasil memenangkan tiga gelar Liga Champions, delapan gelar La Liga Spanyol, serta enam trofi Copa del Rey selama berkarier di Camp Nou.


Jersey Spesial untuk Lionel Messi

6 Patner Bermain Terbanyak Lionel Messi di Barcelona
1. Sergio Busquets (523 laga) - Pemain asal Spanyol ini menjadi rekan Lionel Messi terlama di Barcelona. Tercatat selama 13 tahun berseragam Barcelona, Busquets telah bermain sebanyak 523 laga bersama Lionel Messi. (AFP/Josep Lago)

Kehadiran Lionel Messi di Inter Miami membuat sepak bola Amerika Serikat bergeliat. Sederet persiapan pun dilakukan untuk menyambut Messi tampil dengan klub MLS itu.

Seperti dilansir Marca, Inter Miami dikabarkan sudah menggandeng penerbit komik superhero Marvel untuk membuat jersey spesial untjk Lionel Messi. Jersey ini akan dipakai Messi saat debut dengan Inter Miami pada pertengahan Juli nanti.

Dalam akun twitternya, Inter Miami juga mengumumkan kerjasama dengan Adidas selain Marvel. Meski begitu belum dijelaskan seperti apa desain jersey spesial nanti.

"Dengan kolaborasi hebat, hadirlah jersey sepak bola terbaik. Terus pantau di sini untuk edisi terbatas jersey hasil kolaborasi Adidas x Marvel x Inter Miami saat musim panas nanti," tulis akun Inter Miami.

Messi seperti diketahui sudah mengakhiri kontraknya dengan PSG. Awalnya, dia ingin gabung Barcelona namun klub masa kecilnya itu tersandung masalah finansial.


Lionel Messi Masih Liburan Setelah Main dengan Argentina

Foto: Trio MNM Cetak Gol, PSG Pesta Gol ke Gawang Maccabi Haifa dan Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2022 / 2023
Lionel Messi sukses mencetak dua gol di babak pertama, masing-masing pada menit ke-19 sebagai gol pembuka dan pada menit ke-44 sebagai penutup babak pertama. (AP/Christophe Ena)

Lionel Messi saat ini masih melakukan liburan dengan keluarganya usai membela Argentina di FIFA Matchday. Messi libur lebih cepat karena dia hanya main lawan Australia dan absen lawan Indonesia.

Dia saat ini dikabarkan masih berliburan di Rosario bersama keluarga dan teman-temannya. Kontrak Messi di PSG efektif berakhir pada 30 Juni dan Messi baru gabung Inter Miami di pertengahan bulan Juli.

Messi kabarnya akan memulai debut pada 21 Juli 2023 saat Inter Miami melawan Cruz Azul di Leagues Cup. Ini merupakan turnamen pramusim yang digelar oleh Liga Meksiko dan MLS di DRV Stadium Fort Lauderdale, Florida.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya