Dinilai Sukses Tangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Banjir Pujian dari Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia U-17 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menuai pujian setinggi langit dari juru taktik Korea Selatan U-17 di Piala Dunia U-17 2023 Byun Sung-hwan. Pria berusia 53 tahun itu dianggap sukses berkiprah bersama Skuad Garuda serta dipandang sebagai pemain legendaris Liga Korea Selatan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 15 Nov 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2023, 08:00 WIB
Foto: Intip Outfit yang Digunakan Shin Tae-yong, Anak Muda Banget
Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 di Piala Dunia U-17 2023 Byun Sung-hwan memuji Shin Tae-yong dan menyebutnya sebagai sosok sukses bersama Timnas Indonesia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menuai pujian setinggi langit dari juru taktik Korea Selatan U-17 di Piala Dunia U-17 2023 Byun Sung-hwan.

Pria berusia 53 tahun itu dianggap sukses berkiprah bersama Skuad Garuda serta dipandang sebagai pemain dan pelatih legendaris kala masih berkarier di Liga Korea Selatan K-League.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong memang telah mencatatkan sejumlah pencapaian sejak pertama kali didapuk sebagai juru taktik Timnas Indonesia pada 2020 silam.

Meski belum berhasil mempersembahkan trofi, eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 mampu mendongkrak ranking Timnas Indonesia yang tadinya berada di kisaran 170-an menjadi 145 FIFA.

Manajer asal negeri ginseng juga sanggup mengakhiri penantian 16 tahun Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 dengan membawa Skuad Garuda lolos ke putaran final untuk pertama kalinya sejak 2007.

Byun Sung-hwan yang mengaku punya relasi cukup baik dengan Shin Tae-yong pun melontarkan pujian setinggi langit bagi sosok yang pernah menjadi pelatihnya kala masih berkarier di Seongnam Ilhwa Chunma.

Ia menyebut Shin Tae-yong merupakan pemain dan pelatih legendaris di K-League serta punya pencapaian yang bagus bersama Timnas Indonesia.


Pujian Byun Sung-hwan untuk Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-17 vs Timnas Ekuador U-17: Grup A Piala Dunia U-17 2023
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) saat menyaksikan laga antara Timnas Indonesia U-17 menghadapi Timnas U-17 Ekuador pada laga pertama Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Dia (Shin Tae-yong) adalah orang yang sangat baik. Dia juga seorang legenda, baik itu sebagai pemain maupun pelatih di K-League. Sekarang dia juga mencatatkan hasil yang bagus bersama Timnas Indonesia," ujar Byun Sung-hwan saat ditemui di Lapangan Latihan JIS, Selasa (14/11/2023) malam WIB.

Byun Sung-hwan pun tak ragu menutupi kekagumannya terhadap Shin Tae-yong. Ia mengeklaim dirinya hendak mengikuti jejak pelatih Timnas Indonesia dan meraih hasil apik di Piala Dunia U-17 2023.

"Sebagai seorang murid darinya, saya berharap bisa mengikuti jejaknya dan bisa mendapatkan hasil yang bagus juga," tambah juru taktik Timnas Korea Selatan U-17 kepada awak media.


Tak Sempat Bertemu Shin Tae-yong

Sayangnya, Byun Sung-hwan tak sempat bertemu dengan Shin Tae-yong selama berada di Indonesia untuk melakoni ajang Piala Dunia U-17 2023.

Selain karena jadwal Korea Selatan U-17 yang padat, juru taktik Timnas Indonesia sedang tak berada di Tanah Air lantaran tengah mendampingi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan ke Irak untuk melakoni laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Seperti yang saya katakan di laga perdana, saya tidak bisa bertemu dengan dia (Shin Tae-yong) karena jadwal kami sangat padat. Namun, ketika saya aktif bermain di Seongnam Ilhwa Chunma, dia adalah pelatih saya," ucap Byun Sung-hwan.

"Sampai sekarang, hubungan kami masih sangat baik. Saya ingin membuktikan diri saya kepada dia yang saya anggap seorang guru," sambung juru taktik berusia 43 tahun.

Infografis Jadwal Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Babak Fase Grup
Infografis Jadwal Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Babak Fase Grup (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya