Hasil Piala Dunia U-17 2023: Hajar Ekuador di Manahan, Timnas Brasil Jaga Peluang Pertahankan Gelar

Timnas Brasil menaklukkan Ekuador 3-1 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023). Hasil ini menjaga kans Selecao mempertahankan gelar.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 20 Nov 2023, 21:46 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 17:32 WIB
Timnas Ekuador U-17 vs Timnas Brasil U-17: Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023
Selebrasi para pemain Timnas Brasil U-17 setelah Estevao (kedua kiri) mencetak gol pertama ke gawang Ekuador U-17 dalam pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Brasil menaklukkan Ekuador 3-1 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023). Hasil ini menjaga kans Selecao mempertahankan gelar.

Estevao membawa Brasil U-17 memimpin pada menit ke-14. Namun, Ekuador mampu menyamakan kedudukan melalui Michael Bermudez memasuki menit keempat tambahan waktu babak pertama.

Brasil kembali unggul setelah Estevao menghasilkan gol keduanya ('70), sebelum Luighi memastikan kemenangan pada menit terakhir waktu normal pertandingan.

Kaua Elias dan kawan-kawan selanjutnya menunggu pemenang laga Argentina vs Venezuela yang bertarung di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (21/11/2023). Laga perempat final itu nantinya berlangsung di Jakarta International Stadium, Jumat (24/11/2023).

Kemenangan atas Ekuador sekaligus menjaga kans Brasil menambah koleksi gelar Piala Dunia U-17. Sejauh ini mereka sudah empat kali berjaya, tertinggal satu angka dari Nigeria yang jadi negara tersukses.

Selecao sebelumnya menduduki podium tertinggi pada 1997, 1999, 2003, dan 2019.

Jalan Pertandingan Ekuador vs Brasil

Ekuador mengancam lebih dahulu pada menit ke-10 ketika umpan tarik Isaac Sanchez membuat situasi berbahaya di gawang Brasil setelah sang kiper Phillipe Gabriel tidak mampu menangkap bola dengan baik.

Dua menit berselang, Brasil mulai mengancam melalui tembakan kaki kiri Dudu yang sayangnya masih dengan mudah ditangkap kiper Ekuador Cristhian Loor.

Sang juara bertahan lalu membuka skor terlebih dahulu melalui sontekan keras Estevao di pojok kiri gawang Ekuador yang gagal dibendung Loor, tepat dua menit setelah peluang Dudu gagal berbuah gol.

Gol pemain bernomor punggung 20 itu mulanya diawali aksi Kaua Elias yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Ekuador. Skor 1-0 untuk tim Samba.

Tertinggal satu gol membuat Ekuador terus melancarkan serangan. Alhasil, high pressing tim asuhan Diego Martinez itu membuahkan peluang berbahaya pada menit ke-21 ketika Elkin Ruiz, yang memanfaatkan kesalahan umpan pemain Brasil, hampir menyamakan kedudukan.

Sayangnya, tendangan kaki kiri Ruiz masih dimentahkan bek Brasil Da Mata yang menyapu bola tepat sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ke-34, Brasil hampir menggandakan skor. Dimulai dari solo run Rayan, pemilik nomor punggung 7 itu lalu mengeksekusi bola di dalam kotak penalti setelah bekerja sama dengan Estevao. Namun, pada kesempatan ini bola tendangan Rayan dapat ditepis oleh Loor.

Alih-alih menggandakan keunggulan, Brasil harus gigit jari karena sebelum babak pertama usai, Ekuador berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Michael Bermudez yang memanfaatkan bola muntah di depan gawang. Skor berubah menjadi 1-1 dan menutup 45 menit pertama.

 


Babak Kedua dan Susunan Pemain Ekuador vs Brasil

Piala Dunia U-17 - Ekuador Vs Brasil
Piala Dunia U-17 - Ekuador Vs Brasil (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Memasuki babak kedua, Ekuador mengejutkan Brasil pada menit ke-61 ketika tendangan bebas hampir dari tengah lapangan Keny Arroyo membentur tiang gawang.

Kedua tim lalu saling jual beli serangan, Pada menit ke-69, Brasil mendapatkan kesempatan tendangan bebas dari jarak yang ideal. Estevao yang ditunjuk sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan ketika bola tendangannya membentur pagar hidup dan membuat Loor mati langkah. Skor berubah 2-1 dan Brasil kembali unggul.

Setelahnya, Ekuador melancarkan serangan-serangan, seperti tendangan keras Bermudez pada menit ke-71 yang dimentahkan Gabriel.

Justru, Brasil melakukan kill the game pada menit ke-90 ketika pemain pengganti Luighi Sousa memastikan negaranya melaju ke perempat final setelah sontekannya hasil umpan Pedro Lima menjebol gawang Ekuador. Skor berubah 3-1 untuk kemenangan Brasil.

Susunan Pemain

Ekuador: Cristhian Loor, Jair Collahuazo, Jeses Polo, Elkin Ruiz, Juan Sebastian Rodriguez, Ivis Davis, Rooney Troya, Keny Arroyo, Michael Bermudez, Santiago Sanchez, Yorkaeff Caicedo

Brasil: Phillipe Gabriel, Joao Henrique, Da Mata, Vitor Reis, Pedro Lima, Dudu, Sidney, Guilherme Batista, Rayan, Kaua Elias, Estevao

 

Infografis Bagan dan Jadwal Pertandingan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Babak 16 Besar
Infografis Bagan dan Jadwal Pertandingan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Babak 16 Besar (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya