Kandas di Semifinal Piala Dunia U-17 2023, Pelatih Argentina Sebut Faktor Dewi Fortuna

Pelatih Argentina Diego Placente mengakui semifinal Piala Dunia U-17 2023 melawan Jermanmerupakan laga yang yang sangat berat. Tim Tango harus tersingkir dalam laga semifinal usai kalah dalam adu penalti 2-4 (3-3) untuk kemenangan Der Panzer.

oleh Fajar Abrori diperbarui 28 Nov 2023, 21:17 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 21:17 WIB
Argentina Vs Jerman
Argentina vs Jerman di semifinal Piala Dunia U-17 2023. (Doc. LOC WCU17/NFL)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Argentina Diego Placente mengakui semifinal Piala Dunia U-17 2023 melawan Jermanmerupakan laga yang yang sangat berat. Tim Tango harus tersingkir dalam laga semifinal usai kalah dalam adu penalti 2-4 (3-3) untuk kemenangan Der Panzer.

“Pertandingannya sangat menguras fisik. Akhirnya seri, dan penalti dilakukan. Dan seperti yang kita tahu, penalti itu untung-untungan,” kata dia saat konferensi pers usai laga di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11/2023).

Laga Argentina vs Jerman dalam babak semifinal berlangsung dengan sengit. Jerman melakukan serangan balik dan terus mengendalikan bola. Pertandingan tersebut cukup menguras tenaga para pemain.

“Mereka memberikan tantangan fisik. Kami membuat perubahan pada pemain. Para pemain cukup ingin mengendalikan dan mengikuti irama. Itulah yang terjadi,” ujarnya.

Meskipun kalah, Placente tetap mengapresiasi anak asuhnya atas kerja kerasnya hingga menembus babak semifinal.

“Saya bisa mengatakan kepada tim, selamat karena mereka telah memberikan yang terbaik. Dan saya merasa bangga dengan apa yang sudah mereka lakukan,” kata dia.

Placente juga memberikan catatan baik kepada salah satu pemainnya Agustin Ruberto yang menorehkan hattrick di semifinal Piala Dunia U-17 2023.

“Dia sudah melakukan banyak pengorbanan. Dalam latihan dia adalah pemain yang lengkap. Saya berharap dia bisa berkembang. Dan saya bangga. Dia adalah pemain yang cerdas dan hebat,” ujarnya bangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalan Pertandingan Argentina vs Jerman

Argentina Vs Jerman
Berkat hasil ini, Timnas Jerman U-17 dipastikan lolos ke final Piala Dunia U-17 2023. (Doc. LOC WCU17/NFL)

Belum 10 detik pertandingan berjalan, Claudio Echeverri nyaris mencetak gol. Merebut bola dari Jeltsch, tembakan Echeverri sayangnya masih menyamping.

Jerman tampil sedikit berbeda dengan mencadangkan Charles Hermann lawan Argentina. Balcinkaya tampil sebagai starter id posisi winger kiri.

Meski sering diserang, tapi justru Jerman yang unggul terlebih dahulu di menit ke-8. Lewat serangan balik cepat, Paris Brunner membuat Jerman unggul 1-0 lewat tendangan kaki kirinya.

Argentina bernafsu untuk menyamakan skor. Beberapa peluang lewat serangan terjadi tapi Jerman juga mengancam meski sesekali menyerang lewat serangan balik sehingga skor tetap 1-0 untuk Jerman.

Argentina buka peluang lewat Albaracin di menit ke-21. Namun manfaatkan kemelut depan gawang, tembakan dia masih bisa ditepis kiper Jerman.

Argentina akhirnya berhasil samakan skor di menit ke-36 lewat Agustin Ruberto. Manfaatkan umpan tarik Gorosito, tendangan Ruberto membuat skor jadi 1-1.

Jerman nyaris membuat skor berubah di menit ke-45+3. Namun kali ini tembakan Paris Brunner melambung ke atas. Sebaliknya, Argentina yang malah berbalik unggul lewat Agustin Ruberto di menit ke-45+4.

Menahan bola terlebih dahulu usai manfaatkan umpan Echeverri, Ruberto mengubah skor jadi 2-1. Ini menjadi gol ketujuhnya di Piala Dunia U-17.

Skor 2-1 untuk Argentina bertahan hingga babak 1 semifinal Piala Dunia U-17 berakhir. Bagaimana babak kedua?


Babak Kedua Argentina vs Jerman

Argentina Vs Jerman
Pemain Timnas Jerman U-17 merayakan gol ke gawang Timnas Argentina U-17 pada pertandingan semifinal Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023). (Doc. LOC WCU17/NFL)

Argentina membuka peluang di menit ke-51 lewat Subiabre. Namun tendangannya masih bisa diblok pemain Jerman.

Paris Brunner membuktikan kelasnya di menit-58. Melakukan drible sendiri hingga kotak penalti, Brunner melepas tendangan melengkung yang masuk ke gawang Argentina sehingga membuat skor 2-2.

10 menit kemudian, Jerman berbalik unggul lewat Moerstedt. Manfaatkan kesalahan umpan Villaiba, sundulan Moerstedt membuat skor jadi 3-2 di menit ke-69.

Echeverri pun mendapatkan peluang untuk samakan skor di menit ke-72. Namun kali ini tembakan kaki kanannya masih melambung.

Jerman masih kencang lancarkan serangan. Fisik pemain Jerman tampak stabil sehingga nyaris menambah gol jelang menit ke-90.  Argentina pun tak kurang peluang. Echeverri nyaris samakan skor di menit ke-90, tapi tembakannya masih bisa ditepis kiper Jerman.

Usaha Argentina untuk menyamakan skor berbuah manis. Agustin Ruberto mencetak gol ketiga manfaatkan umpan Claudio Echeverri. Dia membuat skor jadi 3-3 sehingga memaksa pertandingan ke adu penalti.

Di babak adu penalti, eksekutor Jerman yakni Eric da Silva Moreira, Robert Ramsak, Fayssal Hatchaoui, dan Paris Brunner sukses menunaikan tugas. Sedangkan algojo Argentina Franco Mastantuono dan Claudio Echeverri melihat tendangan mereka urung berbuah gol.

Infografis Semifinal, Juara 3, Final Piala Dunia U-17 2023: Bagan, Jadwal, Stadion, Live Pertandingan
Infografis Semifinal, Juara 3, Final Piala Dunia U-17 2023: Bagan, Jadwal, Stadion, Live Pertandingan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya