Manchester United Bidik Kiper Liga Italia untuk Gantikan Andre Onana

Kesabaran Manchester United terhadap Andre Onana sudah habis. Setan Merah dilaporkan mencari kiper baru.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 01 Des 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 01 Des 2023, 07:00 WIB
Foto: 6 Pemain Top Dunia yang Menjadi Korban Jeda Internasional November 2023
Andre Onana terus melakukan kesalahan bersama Manchester United. (AFP/Issouf Sanogo)

Liputan6.com, Jakarta - Kesabaran Manchester United terhadap Andre Onana sudah habis. Setan Merah dilaporkan mencari kiper baru.

Laporan dari Italia menyebut MU membidik kiper Lazio Ivan Provedel. Sang penjaga gawang merupakan kiper terbaik Serie A musim lalu setelah mencatat 20 clean sheet dari 37 pertandingan di kompetisi, serta cuma kemasukan 30 kali

Catatan tersebut membantunya menjadi kiper terbaik Liga Italia, mengalahkan Onana yang membantu Inter Milan mencapai final Liga Champions.

MU merekrut Andre Onana dari Inter dengan biaya transfer 47,2 juta poundsterling untuk menggantikan David de Gea yang kontraknya tidak diperpanjang. Dia dipilih manajer MU Erik ten Hag karena pernah bekerja sama di Ajax Amsterdam.

Namun, performanya sejauh ini jauh dari memuaskan. Kiper asal Kamerun itu teranyar melakukan dua blunder sehingga MU ditahan Galatasaray 3-3 pada persaingan Grup A Liga Champions, Kamis (30/11/2023) dini hari WIB.

Hasil ini membuat MU terdampar di posisi buncit klasemen dan terancam gagal melaju ke babak gugur. Untuk lolos, Setan Merah wajib menaklukkan Bayern Munchen pada partai terakhir dan berharap Galatasaray dan FC Copenhagen bermain imbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Erik ten Hag Bela Andre Onana di Depan Publik

Foto: Reaksi Pemain MU Setelah Gagal Menang di Markas Galatasaray, Andre Onana Bikin Gemes
Kiper Manchester United, Andre Onana, tampak kecewa setelah ditahan imbang Galatasaray pada laga grup A Liga Champions di Stadion Rams Park, Kamis (30/11/2023). Kedua tim bermain sama kuat 3-3. (AP Photo)

Ten Hag sebelumnya membeberkan penyebab timnya gagal menang saat bertamu ke markas Galatasaray di matchday kelima Liga Champions 2023/2024. Alih-alih menuding Onana sebagai biang kerok hasil kurang memuaskan MU, juru taktik asal Belanda ini malah mengkritik seluruh skuad Setan Merah lantaran memiliki pertahanan yang kurang baik di laga tersebut.

"Kami sempat unggul, tetapi kehilangan (keunggulan) tersebut. Kami seharusnya bisa meraih tiga poin, itu sudah jelas," ujar juru taktik MU pasca menelan hasil imbang di matchday kelima Liga Champions.

"Saya senang dengan cara kami bermain, tetapi di saat yang sama, saya juga harus mengkritik tim karena pertahanan mereka tidak cukup bagus."

"Kami memimpin 3-1 dan kami harusnya tidak boleh membuat kesalahan karena hal itu akan mengubah (situasi)," sambung Erik ten Hag, seperti dilansir dari Metro.

Menurut dia, kegagalan timnya memetik tiga poin bukan disebabkan oleh faktor individu sang kiper, melainkan kualitas bola mati Hakim Ziyech yang berhasil menyumbang dua angka buat Galatasaray.

"Dia (Andre Onana) baik-baik saja, tetapi tetapi seperti yang saya katakan, ini bukan (persoalan) individual," ucap Ten Hag.

"Tentu saja dalam sepak bola, beberapa kesalahan individu bisa meyebabkan perbedaan dan Anda harus siap mengambil tanggung jawab atas hal itu. Akan tetapi, (situasi) ini lebih menyangkut tim, dan tim kami cukup bagus."

"Harus saya katakan bahwa demikianlah (kehebatan) Hakim. Dia cemerlang, saya tahu itu. Di zona seperti itu, dia luar biasa. Tendangan bebas seperti itu darinya juga sangat sulit untuk ditahan (ditepis)," tambah manajer MU.

 


Andre Onana Jadi Sasaran Kritik

Manchester United
Kiper Manchester United, Andre Onana, kembali menjadi sasaran kritikan setelah timnya bermain imbang 3-3 kontra Galatasaray pada laga kelima Grup A Liga Champions musim ini di Rams Global Stadium, Istanbul, Kamis (30/11/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Francisco Seco)

Sekadar informasi, Manchester United sejatinya punya prospek bagus untuk meraup tiga poin di kandang Galatasaray. Anak-anak asuh Ten Hag sempat unggul lebih dulu berkat gol Alejandro Garnacho dan Bruno Fernandes di awal babak pertama.

Sayangnya, tendangan bebas Hakim Ziyech yang tak mampu dibendung oleh Andre Onana pada menit 29 mengantar Galatasaray memperkecil ketertinggalan. Setan Merah sempat melesat lagi lewat gol Scott McTominay pasca jeda, sebelum Ziyech dan Muhammed Kerem Akturkoglu memaksa laga berakhir imbang 3-3.

Onana pun langsung menjadi sasaran kritik selepas laga melawan tim Turki di Liga Champions. Legenda MU Paul Scholes tak ketinggalan melayangkan komentar pedas buat eks penjaga gawang Inter Milan.

Scholes menuding Onana merupakan biang kerok bobolnya gawang Setan Merah tiga kali. Ia juga menyayangkan positioning sang pemain yang dianggap kurang bagus saat berjaga di bawah mistar gawang MU.

"Positioning-nya buruk. Menurut saya, ketiga gol (Galatasaray) itu terjadi gara-gara dia. Tekniknya terlihat canggung," ujar Paul Scholes mengomentari performa Andre Onana saat melawan Galatasaray.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya