Pernah Dipermalukan Irak, Shin Tae-yong Pastikan Timnas Indonesia Tampil Berbeda di Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan anak-anak asuhnya bakal menyuguhkan penampilan berbeda saat melawan Irak di Piala Asia 2023.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 14 Jan 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2024, 17:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan timnya bakal menyuguhkan penampilan berbeda saat melawan Irak di laga perdana Piala Asia 2023 pada Senin (15/1/2024). (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan berat di duel perdana Piala Asia 2023. Skuad racikan Shin Tae-yong ditantang oleh Irak dalam laga yang dihelat di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Pertandingan ini menjadi semacam replay perjuangan Timnas Indonesia saat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Seperti diketahui, skuad Garuda memang sempat bersua dengan lawan yang sama kala melakoni ronde kedua World Cup Qualifiers zona Asia.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan kala itu diharuskan bertandang ke markas Irak di Basra International Stadium pada 16 November 2023. Sayangnya, tim Merah Putih gagal memetik hasil positif di kandang lawan. Pasukan Garuda dipaksa takluk 1-5 oleh tuan rumah, dengan Shayne Pattynama menjadi pencetak gol semata wayang Indonesia.

Piala Asia 2023 pun menjadi sarana pembuktian kebangkitan Indonesia usai dicukur telak oleh Irak di pertemuan terakhir. Pelatih skuad Garuda Shin Tae-yong memastikan memori buruk Kualifikasi Piala Dunia 2026 tak bakal terulang lantaran anak-anak asuhnya siap menampilkan performa lebih matang di perhelatan kali ini.

"Saya tidak bisa mengungkapkan (prediksi spesifik) untuk hasil akhir (pertandingan melawan Irak). Akan tetapi, Anda bisa menantikan (penampilan) yang lebih baik (dari Timnas Indonesia) jika dibandingkan dengan pertemuan terakhir melawan Irak (di kualifikasi Piala Dunia 2026)," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra-pertandingan, Minggu (14/1/2024).


Kondisi Timnas Indonesia Sudah Berbeeda

Asnawi Mangkualam - Timnas Indonesia - Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia
Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pemain Irak Merchas Doski pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra Sport City Stadium, Kamis, 16 November 2023. (Hussein Faleh / AFP)

Mengilas balik pertemuan terakhir kontra Irak, Shin Tae-yong mengeklaim situasi timnya saat ini sedang tidak menguntungkan. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tak sempat melakoni persiapan intensif, mengingat Indonesia juga sedang disibukkan dengan gelaran Piala Dunia U-17.

Akan tetapi, kondisi berbeda dialami Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023. Pasukan Merah Putih sudah sempat menjalani pemusatan di Irak pada 20 Desember hingga 6 Januari serta mengikuti tiga laga uji coba melawan Libya dan Iran, meski semuanya berbuntut kekalahan.

"Sebelum bermain melawan Irak selaku tuan rumah (saat kualifikasi Piala Dunia 2026), kondisi kami sangat buruk. Anda tahu bahwa di negara kami, Indonesia, waktu itu digelar Piala Dunia U-17, sehingga semua jadwal (untuk persiapan) tidak berpihak pada kami," tutur Shin Tae-yong.

"Kami harus melalui perjalanan panjang dan kami tidak punya cukup waktu untuk bersiap melawan Irak. Namun, kami tetap menerima kekalahan besar dari Irak."

"(Di Piala Asia 2023), kami memang masih belum memperoleh cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Walau begitu, kami bakal menunjukkan penampilan yang berbeda kali ini," tambahnya.


Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Irak vs Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi pemain Timnas Irak, Bashar Rasan (dua kiri) setelah mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Basra International Stadium, Irak, Kamis (16/11/2023) malam WIB. (AFP/Hissein Faleh)

Senin, 15 Januari 2024

21:30 WIB - Indonesia vs Irak (Stadion Ahmad bin Ali)

 

Jumat, 19 Januari 2024

21.3 WIB - Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)

 

Rabu, 24 Januari 2024

18:30 WIB - Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya