Erik ten Hag Tak Mau Disalahkan Soal Kegagalan Transfer Manchester United yang Habiskan Dana Besar

Erik ten Hag menegaskan bahwa dirinya tidak bertanggung jawab atas melambungnya biaya transfer, pasalnya manajemen Manchester United yang mengambil kendali negosiasi untuk target pemain.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 03 Jun 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 18:00 WIB
Erik ten Hag dan trofi Piala FA
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag dengan trofi Piala FA usai mengalahkan Man City di final, Sabtu (25/5/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester United Erik ten Hag tidak mau disalahkan atas kepindahan pemain seperti Antony dan Casemiro yang menghabiskan banyak uang selama berada di Old Trafford.

Seperti diketahui, sejak kedatangan Ten Hag sebagai manajer, Manchester United telah menghabiskan lebih dari 400 juta pounds untuk mendatangkan Andre Onana, Rasmus Hojlund dan Mason Mount, termasuk mereka yang baru saja pindah ke klub.

Hojlund menjalani musim pertamanya dengan sukses di sepak bola Inggris. Namun, kesepakatan untuk Antony, Casemiro, Onana, dan Mount sempat dikritik karena kesulitannya.

Casemiro menikmati musim 2022/2023 yang mengesankan setelah tiba dari Real Madrid, tapi penampilannya musim ini sudah menurun. Begitu juga Onana dan Mount masih kesulitan untuk tetap fit.

Ten Hag diyakini menjadi kekuatan pendorong di balik Manchester United membayar Ajax sekitar 82 juta pounds untuk mengontrak penyerang Brasil Antony pada musim panas 2022.

Antony memang merasa kesusahan menunjukkan kemampuannya di Old Trafford, karenanya dia sudah lama dikaitkan dengan kepindahan dari klub, lantaran hanya berhasil mencetak 11 gol dan lima assist dalam 82 penampilan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ten Hag Berdalih Negosiasi Dikendalikan Klub

Erik ten Hag - Brentford vs Manchester United
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag jelang laga menghadapi Brentford pada laga pekan ke-30 Premier League 2023/2024 di Gtech Community Stadium, London, Sabtu (30/3/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Di sisi lain Ten Hag menegaskan bahwa dia tidak bertanggung jawab atas biaya transfer yang membengkak. Pasalnya, klub yang mengambil kendali negosiasi untuk target mereka.

"Harga yang dibayarkan untuk pemain memang sangat tinggi - tapi saya tidak bertanggung jawab atas hal itu. Klub telah melakukan semua negosiasi, termasuk dengan pemain potensial yang sangat bagus yang pada akhirnya tidak datang," kata Ten Hag pada The Mirror.

“Jadi semuanya lebih bernuansa daripada gambaran yang dilukiskan bahwa kebijakan pembelian adalah sebuah bencana. Semuanya negatif, namun terlepas dari semua masalah tersebut, fondasi klub telah tumbuh lebih kuat.

“Saat ini mungkin tidak semuanya terlihat oleh dunia luar, namun semua orang di internal akan membuat analisis tersebut.

“Dengan talenta seperti (Kobbie) Mainoo, (Alejandro) Garnacho, Hojlund dan juga seseorang seperti Amad Diallo, yang telah berkembang sangat kuat, masa depan terlihat cerah,” ujarnya.


Juara Piala FA, Nasib Ten Hag Tetap Belum Jelas

Foto: Masih Bela MU, Ini Dia 5 Pemain Aktif Setan Merah dengan Penampilan Terbanyak di Semua Ajang
Striker Manchester United, Marcus Rashford mendapat instruksi dari pelatih Erik ten Hag saat bersiap kembali memasuki lapangan menghadapi Leeds United pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Elland Road, Leeds (12/2/2023). Marcus Rashford hingga kini telah bermain dalam 345 laga di semua ajang sejak dipromosikan dari tim U-18 pada tengah musim 2015/2016. Ia telah mencetak total 118 gol dan 66 assist dari jumlah laga tersebut.(AFP/Oli Scarff)

Ten Hag berhasil mempersembahkan trofi Piala FA musim ini, setelah Man United mencatatkan kemenangan 2-1 atas Manchester City di final kompetisi tersebut akhir pekan lalu.

Namun, Setan Merah hanya finis di posisi kedelapan di klasemen akhir Liga Inggris. Karenanya, masa depan manajer asal Belanda di Old Trafford masih belum jelas menjelang pembukaan jendela musim panas.


Manchester United Lebih Prioritaskan Pemain Muda

Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag (tengah) berbicara dengan Wout Weghorst (kiri) dan Antony selama pertandingan sepak bola final Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Stadion Wembley di London, Minggu, 26 Februari 2023. MU menang di final berkat dua gol yang tercipta di babak pertama ke gawang Loris Karius melalui gelandang Casemiro dan penyerang Marcus Rashford. Ini menjadi trofi pertama MU dalam kurun enam tahun. (AP Photo/Alastair Grant)

Meski begitu, Ten Hag tetap berencana memasuki bursa transfer. Dia telah mengungkapkan bahwa bek tengah, gelandang tengah, dan penyerang tengah semuanya ada dalam daftar keinginannya menjelang musim depan.

Man United diperkirakan akan menargetkan pemain-pemain muda dibandingkan bintang-bintang yang sudah mapan. Karena pemegang saham minoritas baru Sir Jim Ratcliffe akan memindahkan departemen sepak bola ke arah yang berbeda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya