Dipercaya Lagi Jadi Manajer, Erik ten Hag Minta Didampingi Legenda Manchester United

Bersama Manchester United, Ruud van Nistelrooy menikmati karier bermain yang luar biasa dengan membuat 219 penampilan untuk klub, mencetak 150 penampilan yang mengesankan di semua kompetisi.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 25 Jun 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 20:00 WIB
Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag. (Darren Staples / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United mulai mencari sosok yang bisa mendampingi Erik ten Hag setelah INEOS dan Sir Jim Ratcliffe mempertahankan pelatih asal Belanda itu sebagai manajer di musim 2024/2025 ini.

Terkait dengan itu, seorang legenda Manchester United dilaporkan telah didekati untuk menjadi bagian dari staf Ten Hag. Dan menurut Fabrizio Romano, Ten Hag ingin mendatangkan Ruud van Nistelrooy kembali ke klub.

Namun, keputusan soal staf Ten Hag baru akan diambil minggu depan karena mantan penyerang Setan Merah itu banyak dikaitkan dengan pengganti Vincent Kompany di Burnley. Bahkan, kabarnya Burnley telah berbicara dengan Van Nistelrooy mengenai lowongan manajerial mereka.

Satu-satunya peran sebelumnya di manajemen senior datang di salah satu mantan klubnya saat ia menangani PSV Eindhoven pada musim 2022/23. Namun, dia mengundurkan diri, dengan alasan kurangnya dukungan.

The Clarets, yang terdegradasi dari Liga Inggris musim lalu, berharap bisa memikatnya kembali ke Inggris untuk menggantikan Kompany, yang bergabung dengan Bayern Munchen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Van Nistelrooy Jadi Inspirasi MU Meraih Kejayaan

Foto: Akhiri Tren Negatif, MU Petik Poin Penuh di Markas Burnley pada Pekan ke-6 Liga Inggris
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag, berbincang dengan Victor Lindelof saat melawan Burnley pada laga Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Minggu (24/9/2023). Dengan kemenangan ini, Man United merangsek naik ke posisi delapan klasemen sementara Premier League. Skuad asuhan Erik ten Hag mengumpulkan sembilan poin dari enam laga. (Richard Sellers/PA via AP)

Namun mereka harus menghadapi persaingan dari Manchester United. Di klub ini Van Nistelrooy menikmati karier bermain yang luar biasa. Dia membuat 219 penampilan untuk klub, mencetak 150 penampilan yang mengesankan di semua kompetisi.

Pemain asal Belanda itu menginspirasi Man United meraih kejayaan Liga Inggris pada musim 2002/03. Dia juga memenangkan Piala FA dan Piala Liga selama berada di Old Trafford.

Saat ini staf pelatih Ten Hag di antaranya asisten manajer Steve McLaren dan Mitchell van der Gaag. Benni McCarthy juga termasuk di antara pelatih lain yang menjadi staf Ten Hag.


Erik ten Hag Masih Beruntung Raih Gelar Juara

Erik ten Hag dan trofi Piala FA
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag dengan trofi Piala FA usai mengalahkan Man City di final, Sabtu (25/5/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Masa depan Ten Hag bersama Setan Merah awalnya sempat jadi spekulasi publik. Dia santer disebut-sebut bakal dipecat menyusul performa anak-anak asuhnya yang kurang memuaskan di berbagai kompetisi musim 2023/2024.

Beruntung keberhasilan menyabet predikat juara Piala FA sedikit menyelamatkan nasib MU. Mereka pada akhirnya memperoleh slot tanding di ajang Liga Europa setelah secara gemilang menaklukkan rival sekotanya Manchester City dengan 2-1 di partai final, akhir Mei lalu.


Perwakilan Klub Minta Ten Hag Lanjut Tukangi MU

Erik ten Hag dan Pep Guardiola - Manchester City Vs Manchester United di final Piala FA 2023/2024
Erik ten Hag dan Pep Guardiola dalam laga antara Manchester City Vs Manchester United di final Piala FA 2023/2024, Sabtu (25/5/2024) malam WIB. (AFP/Ben Stansall)

Buntut dari secercah sinar yang ditunjukkan Setan Merah pada pengujung kampanye, pihak klub pun pada akhirnya tidak jadi memecat Erik ten Hag.

Pengakuan pelatih Belanda belum lama ini bahkan menyebut perwakilan klub sampai datang menghampiri dia ketika sedang berlibur di Ibiza untuk memintanya lanjut menukangi MU. Manuver mengejutkan itu diambil kendati Manchester United sudah santer dikaitkan dengan sejumlah kandidat papan atas lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya