PSSI Perkenalkan Maskot Baru Timnas Indonesia, Shakti Burung Garuda dengan Sarat Simbol

PSSI memilih Shakti sebagai maskot baru Timnas Indonesia.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 02 Agu 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 21:00 WIB
Shakti
Shakti, maskot Timnas Indonesia. (Dok PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - PSSI memilih Shakti sebagai maskot baru Timnas Indonesia. Burung Garuda yang berkepala putih yang memakai jersey merah ini rencananya akan diperkenalkan ke publik pada 10 September 2024 saat pasukan Shin Tae-yong menjamu Australia pada persaingan Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shakti merupakan karya Is Yuniarto. Maskot ini mengalahkan 387 peserta lain setelah melalui proses seleksi.

Dari peserta awal, juri memilih delapan karya terbaik yang kemudian dilakukan voting terbuka secara umum untuk menentukan tiga besar. Shakti muncul bersama Gatara oleh Hamdan Dwi Prasetya dan Sigara oleh Mohammad Fadel.

Hadir sebagai juri anggota yakni Komite Eksekutif PSSI sekaligus Ketua Komite Suporter PSSI Arya Sinulingga, Unggul sebagai Ketua La Grande, Sekjen PNSSI Diky Budi Ramdhan, dan perwakilan Nevertoolavish Mohammad Azka.

Pada penjuarian tiga besar yang diselenggarakan di Official Garuda Store GBK Jakarta, Rabu (31/7/2024), ketiga finalis mempresentasikan filosofi serta detail dari karya masing-masing.

Proses penjurian ini disiarkan secara langsung lagi terbuka di akun TikTok dan YouTube Timnas Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Shakti Simbol Identitas Indonesia

Ilustrasi - Logo Timnas Indonesia FIFA Matchday
Ilustrasi - Logo Timnas Indonesia FIFA Matchday (Bola.com/Erisa Febri)

Is Yuniarto menyebutkan bahwa Shakti merupakan simbol identitas berbagai wilayah di Indonesia.

Shakti juga menjadi representasi yang melambangkan semangat tradisi nusantara, usaha, kekuatan, optimisme, dan bersahaja. Sosok Shakti dibuat dengan elemen warna Merah Putih yang dominan dan memiliki pesan serta identitas negara Indonesia.

Pada bagian dahinya, Shakti memiliki lambang tali perut ikan berwarna biru yang merupakan motif ukir khas suku Asmat, Papua, bernama Afuiyak Wow. Makna lambang tersebut adalah untuk hidup manusia harus berusaha.

Di bagian sayap samping kepalanya, terdapat corak batik khas Yogyakarta dan Solo bernama Batik Gurdo yang bermakan sebagai simbol kekuatan.

Mata Shakti terinspirasi dari salah satu bentuk mata wayang kulit yang disebut dengan Netra Thelengan. Terakhir, paruhnya ada corak ragam hias songket khas Minang dan daerah Sumatera yang dinamakan Pucuak Rabuang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya