Akhiri Penantian 7 Tahun, Pelita Jaya Juara IBL 2024

Pelita Jaya menang 2-1 atas Satria Muda dalam best of three di final IBL 2024.

oleh Thomas diperbarui 04 Agu 2024, 22:21 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 22:17 WIB
Pelita Jaya Juara IBL 2024
Pelita Jaya Juara IBL 2024

Liputan6.com, Jakarta Pelita Jaya Jakarta akhirnya bisa mengakhiri penantian tujuh tahun menjadi juara IBL. PJ menjadi juara IBL 2024 usai melakukan comeback dan menang 2-1 atas Satria Muda pada laga final yang memakai format best of three.

Pada game ketiga di Indomilk Arena, Minggu (4/8/2024), Pelita Jaya menang 73-65. Kesuksesan ini mengakhiri kutukan spesialis finalis bagi Pelita Jaya. Mereka kalah di final tiga kali beruntun.

Satria Muda melakukan perubahan di komposisi starter. Pelatih Youbel Sondakh memasukkan Abraham Damar Grahita sebagai starter setelah sebelumnya banyak dijadikan sitxh man. 

Keputusan ini terbukti jitu. Abraham jadi pembeda di kuarter pertama. Dia membuka pertandingan dengan dua tembakan tiga angka beruntun. Kegemilangan Abraham membuat SM unggul telak 23-15. 

Abraham total melesakkan sembilan poin dan dua assists di kuarter pertama. Tiga kali tembakan tiga angka dibuat Bram dari lima percobaan.

Situasi berubah di kuarter dua. Pelita Jaya menggila. Mereka bisa berbalik unggul berkat delapan poin beruntun Muhammad Arighi termasuk dua kali tembakan tiga angka.

Defense PJ juga begitu rapih dan ketat. Satria Muda dibikin mati kutu. Bahkan SM sampai tidak mencetak poin sekalipun selama sembilan menit awal kuarter dua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Defense Pelita Jaya

Di saat SM mandul, Pelita Jaya terus mendulang poin. Pasukan Johannis Winar mulai bisa unggul sampai dua digit. PJ menutup paruh pertama dengan 38-16. Total mereka membuat 23 poin di kuarter dua dan meredam SM hanya tiga poin.

Satria Muda mati-matian mengejar di kuarter tiga. Mereka akhirnya bisa memangkas ketertinggalan menjadi single digit berkat tembakan tiga angka Bram dan lay-up Elgin Cook. Tapi Pelita Jaya langsung menjauh lagi lewat dua tembakan jarak jauh Bean Jr.

Di akhir kuarter tiga SM sempat semakin mendekat menjadi cuma terpaut empat poin. Lagi-lagi Beane Jr membuat PJ melesat lagi lewat tembakan tiga angkanya. PJ unggul enam poin di akhir kuarter tiga.

 


Drama Kuarter 4

Satria Muda akhirnya bisa menyamakan skor 61-61 lewat free throw Ali Bagir saat laga tersisa dua menit 12 detik Bahkan SM seharusnya bisa berbalik unggul bila Ali Bagir memasukkan dua lemparan bebas. 

Momentum SM ini langsung dihantam oleh tembakan tiga angka KJ McDaniels dihadapan Artem Pustovyi. McDaniels kemudian membuat PJ menjauh setelah menuntaskan dua lemparan bebas. PJ tak lagi terbendung. 

Beane menjadi bintang kemenangan PJ di game ketiga dengan membuat 23 poin. Dia juga dinobatkan sebagai MVP Final. Di kubu SM, Reynaldo Garcia Zamora memimpin perolehan poin dengan 18 angka. Namun akurasi tembakannya buruk.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya