Hoaks Terkini Seputar Pejabat, dari Presiden hingga Kepala Daerah

Berikut kumpulan hoaks seputar pejabat.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 28 Okt 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2023, 19:00 WIB
Cek Fakta Presiden Jokowi pidato dalam Bahasa Mandarin
Cek Fakta Presiden Jokowi pidato dalam Bahasa Mandarin.

Liputan6.com, Jakarta- Pembuat hoaks menjadikan beragam sasaran untuk dijadikan bahan, salah satunya adalah golongan pejabat mulai dari presiden hingga kepala daerah.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks yang menyerang sejumlah pejabat, setelah melakukan penelusuran atas informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar pejabat.

 

Video Presiden Jokowi Berpidato Menggunakan Bahasa Mandarin

Beredar di media sosial postingan video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa Mandarin. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa mandarin berdurasi 1 menit 21 detik. Postingan itu disertai narasi:

"Pak Jokowi, bahasa Mandarin nya, bukan kaleng kaleng"

Lalu benarkah postingan video Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan bahasa Mandarin? Simak hasil penelusurannya di sini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Luhut Binsar Padjaitan Mundur dari Jabatan Menteri

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Luhut Binsar Padjaitan mundur dari jabatan menteri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Oktober 2023.

Unggahan klaim Luhut Binsar Padjaitan munudur dari jabatan menteri menampilkan tangkapan layar artikel situs Tribun Pontianak.co.id berjudul "Alasan Luhut Resmi Mundur jadi Menteri Jokowi".

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat waktu tayang yaitu Rabu, 11 Oktober 2023 pukul 15.47 WIB. Klaim tersebut pun disertai dengan foto Luhut mengenakan baju putih.

Tangkapan layar tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut.

"Copas Dari NICO SILALAHI..Mari Kita Aamiinkan.. 🤲🤲

Udah Resmi Rupanya Si luhut Mundur. Semoga di segerakan Jokowi Lengser. Lagian Prestasi Jokowi Itu Hanya Mampu Menghasilkan Swasembada Utang Plus Membuat Dinasty Kekuasaan Serta Mengusir Rakyat Dari Tanah Ulayatnya Sendiri.

Mari Kita Saksikan Karya Pemilik Semesta...

Note: Mungkin Karena Sakit Yg Di Derita nya Sehingga Bertaubat Terlalu Bnyk Dosa.."

Benarkah klaim Luhut Binsar Padjaitan munudur dari jabatan menteri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

 


Wabup Blora Asal PDIP Bagikan Uang

Beredar di media sosial postingan video yang diklaim Wakil Bupati Blora dari PDIP melakukan politik uang. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video seorang wanita sedang membagi-bagikan uang pada sejumlah orang yang berpakaian warna merah. Postingan itu disertai narasi:

"MONEY POLITIK WAKIL BUPATI BLORA DARI PDIPviral video pembagian uang yang diduga berhubungan dengan jabatan yang dilakukan oleh wakil bupati blora dari partai PDI PerjuanganSemoga segera di klarifikasi atau ditangkap!!"

Lalu benarkah postingan video yang diklaim Wakil Bupati Blora dari PDIP melakukan politik uang? Simak hasil penelusurannya di sini....


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya