Cek Fakta: Klarifikasi Biaya Masuk Akmil Tahun 2024/2025

Beredar di media sosial postingan biaya masuk Akademi Militer (Akmil) untuk tahun ajaran 2024/2025. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 07 Agu 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 11:00 WIB
Cek Fakta biaya Akmil
Cek Fakta biaya Akmil tahun ajaran 2024-2025.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan biaya masuk Akademi Militer (Akmil) untuk tahun ajaran 2024/2025. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Agustus 2024.

Dalam postingannya terdapat link artikel berjudul "Berapa Biaya Masuk Akmil? Mari Ketahui Biayanya yang Terbaru Tahun 2024/2025!"

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan mulai dari biaya pendaftaran biaya tes, biaya pendidikan, hingga biaya seragam dan biaya tambahan. Biayanya bervariasi mulai Rp 250 ribu hingga Rp 10 juta.

Lalu benarkah postingan biaya masuk Akademi Militer untuk tahun ajaran 2024/2025?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan penjelasan dari pihak TNI. Penjelasan tersebut diunggah dalam artikel berjudul "TNI AD Tegaskan Seleksi Taruna AKMIL Tidak Dipungut Biaya" yang diunggah di laman Tniada.mil.id pada 5 Agustus 2024.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si (Han) menegaskan bahwa informasi dalam postingan tersebut tidak benar.

"Tidak benar itu, kalau ada yang menyebut masuk Taruna AKMIL ada pungutan biaya. Proses seleksi Calon Taruna Akademi Militer (Catar Akmil) sama sekali tidak dipungut biaya, demikian pula setelah dinyatakan lulus menjadi Taruna Akmil, seluruh biaya pendidikan ditanggung penuh oleh negara," ujar Kristomei.

"TNI AD menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap proses penerimaan prajuritnya. Bagi yang mengetahui adanya pungutan biaya, silahkan laporkan kepada kami," katanya menegaskan.

Sumber:

https://tniad.mil.id/tni-ad-tegaskan-seleksi-taruna-akmil-tidak-dipungut-biaya/

 


Kesimpulan

Banner cek Fakta: klarifikasi
Banner cek Fakta: klarifikasi (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan biaya masuk Akademi Militer untuk tahun ajaran 2024/2025 adalah tidak benar. TNI AD mengklarifikasi bahwa seluruh proses seleksi dan biaya pendidikan sama sekali tidak dipungut biaya.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya