Penemuan Makanan dan Minuman Tertua di Dunia

Lazimnya makanan hanya akan bertahan beberapa hari saja, namun beberapa makanan ini bisa bertahan hingga ribuan tahun

oleh Liputan6 diperbarui 20 Mar 2015, 11:05 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2015, 11:05 WIB
Penemuan Makanan dan Minuman Tertua di Dunia
Lazimnya makanan hanya akan bertahan beberapa hari saja, namun beberapa makanan ini bisa bertahan hingga ribuan tahun

Citizen6, Jakarta Penemuan makanan dan minuman yang tertua di dunia ini mungkin cukup aneh. Lazimnya makanan hanya akan bertahan beberapa hari saja, namun beberapa makanan ini bisa bertahan hingga ribuan tahun. Benar saja, makanan tersebut sudah berbentuk artefak yang ditemukan para arkeolog.

Ternyata makanan dan minuman yang ditemukan tersebut merupakan resep yang ada saat ini. Penemuan ini menjadi bukti bahwa resep makanan dan minuman yang ada saat ini merupakan pengembangan dari resep makanan ribuan tahun silam. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang paling tua di dunia.

1. Mie Berusia 4000 Tahun

Makanan tertua yang pertama adalah mie yang berusia 4000 tahun. Tim arkeolog pada 2002 lalu menemukan sebuah mangkuk tembikar yang berdiameter sekitar 20 cm dan tinggi 10 cm dengan posisi terbalik. Mie ini terpelihara karena disimpan di dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam tiga meter. Melalui analisis ilmiah, semangkuk mie ini terbuat dari padi-padian. Saat ini mie tersebut tersimpan di situs arkeologi Laija.

 

Selengkapnya

Pengirim:

Wiwik Setiawati

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya