Cantik dan Cerdas, Imelda Budiman Jadi Mrs. Indonesia World

Imelda Budiman dilahirkan dan dibesarkan di ibukota Jakarta. Kepiawaiannya mengantarkan ia jadi Mrs. Indonesia World 2014

oleh Karmin Winarta diperbarui 09 Okt 2016, 09:22 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2016, 09:22 WIB
Imelda Budiman
Imelda Budiman

Liputan6.com, Jakarta - Dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia, tak heran kecintaannya terhadap Indonesia membawa sosok Imelda Budiman dinobatkan sebagai Runner Up Mrs. Asia USA dan Mrs. World Indonesia 2014.

Imelda Budiman (45) tidak hanya cantik, penuh talenta dan santun, namun ia juga seorang istri dan ibu dari Samantha (17 tahun), Sabrina (15 tahun) dan Dylan (7 tahun) yang penuh dedikasi pada keluarga.

Latar belakang pendidikannya di Jurusan Teknik Industri diraihnya dengan nilai sangat memuaskan. Sejak masa kuliah, Imelda memulai usaha Imelda & Associates, bisnis event organizer dan MC untuk acara pernikahan maupun acara lainnya.

Lulus kuliah, ia bekerja sebagai profesional di perusahaan konglomerat Indonesia, PT Astra International. Setelah menikah, bersama suami ia pindah ke Amerika Serikat 16 tahun yang lalu, berawal di North Carolina (4 tahun), Colorado (11 tahun) dan saat ini ia menetap di Houston, Texas (mulai 2015).

Imelda Budiman

Saat di Colorado, ia sempat bekerja di sebuah perusahaan real-estate di Denver Tech Center, selama lebih dari 6 tahun. Namun naluri bisnisnya memutuskan untuk memulai bisnis baru di tahun 2014. Nusan TV merupakan saluran internet protokol televisi Indonesia pertama di Amerika Serikat yang didirikan oleh Imelda bersama temannya.

Pandai bermain keyboard, Imelda pun merupakan instruktur zumba bersertifikat. Zumba adalah tarian aerobik yang diinspirasi dari gerakan-gerakan tarian Latin. Sejak kecil, mulai dari taman kanak kanak Imelda sudah belajar berbagai tarian daerah, khususnya tari Bali.

Kecintaannya pada budaya Indonesia membuatnya terus aktif memperkenalkan budaya Indonesia di Amerika. Bersama Arcinda (Art and Cultural of Indonesia), Imelda selalu memperkenalkan budaya Indonesia baik melalui tarian, musik ataupun pentas seni di berbagai daerah di Colorado.

Selama 11 tahun terakhir, pengenalan budaya Indonesiapun terus aktif berjalan melalui bazaar Makanan Indonesia tahunan, yang ia lakukan bersama Riverside Indonesian Fellowship & Global Refuge Internasional. Pengenalan budaya melalui makanan sangatlah efektif, mengingat 90% dari pelanggan adalah orang Amerika dan mereka sangat menyukainya.

Sekitar 20 jenis makanan Indonesia dipasarkan tiap tahunnya, dengan total penjualan sekitar $20,000 per tahun. Seluruh keuntungan disalurkan untuk bantuan pengobatan, klinik medis serta bantuan lainnya di Indonesia maupun di beberapa negara lain seperti Haiti, Uganda dan Burma. Untuk Indonesia, bantuan diberikan kepada Yayasan El Safan (yayasan panti asuhan anak buta di Jakarta).

Berbekal kecantikan, kepemimpinan dan kemampuan untuk memengaruhi, serta menginspirasi adalah merupakan sebagian persyaratan untuk meraih Mrs. Asia USA. Pada 9 November 2013 acara Miss/ Mrs. Asia USA ini diadakan di Redondo Beach Performing Arts Center California. Disitulah Imelda Budiman meraih predikat runner up Mrs. Asia USA 2013.

Imelda Budiman

Karena keaktifannya memperkenalkan budaya Indonesia dan konsistensinya dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat, Virgelia Production (penyelenggara Mrs Asia USA) memilih Imelda dan mengirimnya untuk mengikuti ajang Mrs. World (2014).

Mrs. World merupakan ajang pageant untuk memberikan penghargaan terhadap wanita menikah yang berprestasi, khususnya yang memberikan inspirasi atas pelayanannya terhadap masyarakat luas. Ajang Mrs World ini sudah berjalan selama lebih dari 30 tahun, namun Indonesia belum pernah mengirimkan wakilnya.

Berlangsung di Solomon Island, Maryland Amerika Serikat (November 2014) Imelda merupakan perwakilan Indonesia yang pertama di ajang pageant untuk wanita menikah yang berskala International ini.

Memegang peran sebagai Mrs. Indonesia World mendorongnya untuk terus aktif sebagai inspirasi bagi perempuan lainnya, terutama perempuan dengan anak-anak, bahwa adalah mungkin untuk menyeimbangkan porsi bagi keluarga, karir atau passion yang kita miliki, tanpa lupa untuk menjalankan kegiatan amal untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Imelda, Visi, Misi serta Harapan, dan Cita-Cita

Kepiawaian Imelda sebagai MC yang dimiliki sejak masa kuliah pun terus disumbangkan untuk Indonesia dalam acara Diaspora Indonesia di luar negeri, mulai dari acara Diaspora Indonesia di New Orleans (tahun 2014 dan tahun 2016) hingga acara Indonesia Night at World Economic Forum di Davos Switzerland (Januari 2016).

Imelda Budiman

Selama di Houston, Texas, ia pun aktif sebagai goodwill ambassador untuk beragam penggalangan dana, mulai dari Night of Superstars (September 2016 - fundraising events bagi anak anak cacat yang berprestasi), Pink Door (September 2016 - fundraising event bagi wanita pengidap kanker, untuk bisa membangun keluarga kembali), serta program charity lainnya.

Mulai 2014, Imelda memulai Imelda Productions, yang memproduksi program-program acara televisi, yang direkam di Amerika namun berbahasa Indonesia. Harapannya adalah suatu saat bisa bekerjasama dengan pihak pertelevisian swasta di Indonesia.

Kini Imelda sibuk mempersiapkan perannya dalam film Elang, yang akan segera tayang di tahun 2017. Film karya Sineas Muda lini, bercerita tentang seorang anak muda berbakat yang harus berhadapan dengan dua pilihan, yaitu ambisi dan moral. (sineasmuda.weebly.com) Imelda Budiman berperan sebagai Ibunda dari Nabila. Film tersebut mengambil lokasi di Kepulauan Seribu.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya