5 Tips Mudah agar Akun Medsos Tak Mudah Diretas

Tindakan hacking bukanlah masalah sulit untuk dilakukan, banyak yang bisa membobol sebuah akun bahkan beberapa akun sekaligus.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 03 Jul 2017, 10:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2017, 10:00 WIB
hack-sby130129b.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Kejahatan di dunia digital tidak akan pernah hilang. Apa pun yang berhubungan dengan dunia online tidak mungkin lepas dari hal yang namanya peretasan. Jadi, ini membuktikan kalau segala proses yang terjadi di internet memang tidak ada yang aman.

Sekarang, tindakan hacking bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Banyak yang bisa membobol sebuah akun, bahkan beberapa akun sekaligus. Berikut langkah mudah agar akun kamu nggak gampang untuk terkena hack.

1. Gunakan VPN

VPN atau singkatan dari Virtual Private Network merupakan salah satu tools yang paling ampuh untuk kamu gunakan. Seperti yang tersirat dari singkatannya, ini akan memberikan kamu akses keamanan yang tinggi saat menjelajah dunia maya dan terhubung dengan internet.

Hal ini juga sangat berguna apabila kamu menggunakan area WiFi umum yang ancaman tindak peretasannya lebih tinggi. Sebab, jaringan umum seperti itu mudah sekali untuk melacak aktivitasmu saat kamu terkoneksi dengan itu. Sehingga, VPN akan menyembunyikan IP kamu dan menjaga semua informasi dengan aman.

2. Jangan Gunakan Password yang Sama

Memang sih, mengganti-ganti password merupakan hal yang cukup sulit. Pasalnya, sebagai anak muda yang aktif, kamu pasti tidak hanya memiliki satu akun, tapi beragam akun dalam bentuk apa pun. Terlebih akun media sosial yang kamu punya pasti ada banyak.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu tidak menggunakan password yang sama pada setiap akun kamu. Pasalnya, jika kamu menggunakan password yang sama ke setiap akun, itu akan memudahkan hacker untuk meretas semua akses akun kamu. 

3. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Hal ini berguna untuk para pengguna media sosial. Setiap media sosial pada umumnya menyediakan fitur untuk menggunakan verifikasi dua langkah atau two-step verification. Memang sih, menggunakan fitur tersebut cukup membuang waktu.

Namun, jika kamu mau privasi aman, kamu harus melakukannya. Sebab, dengan melakukan langkah ini, akun kamu bisa terjaga dengan baik. Jadi, kamu bisa membuat hacker bersusah payah dulu untuk membobol akun, dan pada akhirnya dia putus asa. Maka, akun kamu akan gagal untuk di-hack.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya