Keseruan Energi Muda Pertamina Balikpapan Meet Up 4.0

Ajang temu dua mingguan finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan kembali digelar di area Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Okt 2017, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2017, 16:00 WIB
Balikpapan Community Meet Up session 4
Balikpapan Community Meet Up session 4

Liputan6.com, Balikpapan Ajang temu dua mingguan finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan kembali digelar di area Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera). Community Meet-up edisi keempat itu mengusung tajuk Millenials Citizen Journalist Picnic, dengan menghadirkan Abdul Rachman Rizky selaku Ketua Komunitas Sineas Muda Balikpapan dan Announcer Best FM, Rega Dinata. Rizky berbagi pengalamannya di dunia penyiaran dan videografi. Dia menyampaikan pentingnya riset sebelum liputan serta materi berimbang.

“Ada yang namanya cover both side, menampilkan dua sisi. Itu yang maksudnya berimbang,” ujar Rizky. “Riset itu penting. Ada tim kreatif di dalamnya, mencari angle liputan terbaik yang akan ditonton banyak orang,” tambah pria berkacamata tersebut.

Tak kalah penting, jurnalis dituntut bergerak cepat saat di lapangan. Satu keunggulan media yakni terdapat pada eksklusivitas liputan. Oleh sebab itu, Rizky menekankan agar pendekatan terhadap narasumber itu penting.

“Kalau jurnalis bisa menghadirkan liputan eksklusif. Sudahlah! Media atau jurnalis lain pasti iri, sebab kita yang pertama menyiarkan atau menyampaikan ke pemirsa,” katanya.

Rikzy mengatakan jika dalam membuat video liputan, rumusnya sama dengan Albert Einsten yakni E=mc2. Yakni E artinya establish, kondisi tempat liputan dari kejauhan atau informasi lokasi. Kemudian m yang berarti medium, informasi apa yang terjadi. Lalu c2 yang artinya close up dan close up, gambar lebih detail ditampilkan.

Sesi selanjutnya diisi Rega yang sudah delapan tahun berpengalaman di dunia penyiaran. Dia juga sering menjadi master of ceremony (MC). Dalam kesempatan tersebut, Rega membagi tips tentang pembawaan diri.

Menurutnya, penting untuk selalu menguasai materi. Jangan sampai tidak memahami apa yang mau disampaikan. Hal ini berlaku untuk finalis yang mengambil bidang news presenting.

Tidak hanya agenda Balikpapan Community Meet Up session 4, pada pukul 15.00 Wita juga dilanjutkan dengan Regional Class oleh Mentor Jurnalistik CJA Balikpapan, Nur Rahman. Dia membawakan materi tentang Etika Kerja Jurnalis termasuk Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Disiplin verifikasi, tanggung jawab dan kepekaan, serta pembahasan mengenai struktur kalimat juga cara penulisan turut disampaikan.

“Jurnalis itu harus seperti mata elang. Lihat lebih tinggi, lihat lebih luas. Jangan puas dengan 1-2 narasumber saja,” imbau dia.

Pada penghujung sesi, Rahman mengakhirinya dengan bedah tulisan. Seluruh finalis menyampaikan unsur-unsur apa saja yang kurang dari tulisan yang dibedah. Kegiatan hari itu pun berakhir pukul 17.00 Wita.

Sejak program CJA dimulai pada 15 Agustus 2017 lalu, seluruh finalis Balikpapan mengalami banyak perkembangan. Sisi jurnalistik mereka semakin terasah dengan banyak agenda yang telah dilaksanakan. Perkembangan tersebut tak luput dari challenge atau tugas yang dikerjakan dan mendapat revisi.

Penulis :

Raden Roro Mira Budiasih – Universitas Mulawaman

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Balikpapan

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya