Jangan Tertipu, 5 Hal Ini Hanya Terjadi di Film

Apa yang sebenarnya terjadi kalau kendaraan meledak? Bisakah kita tetap berjalan santai dengan ledakan di belakang kita?

oleh Liputan6dotcom diperbarui 21 Des 2017, 19:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2017, 19:00 WIB
Berbeda Dengan Kenyataan, 5 Hal Ini Hanya Terjadi Di Film
Suka menonton film, jangan samakan kejadian yang di film dengan dunia nyata

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian yang suka menonton film laga atau fiksi, tentu tidak asing dengan aksi-aksi yang ditampilkan dalam film tersebut. Tembak-tembakan seru, kejar-kejaran di jalanan sampai mobil meledak, aksi menegangkan yang dilakukan para aktor membuat penonton tak bisa memalingkan wajah dari layar.

Apa yang sebenarnya terjadi kalau kendaraan meledak? Bisakah kita tetap berjalan santai dengan ledakan di belakang kita? Kalau ada bahaya, bisakah menyelamatkan diri dengan cara menabrakkan diri ke kaca jendela untuk memecahkannya?

Bahkan tidak sedikit dari kita percaya dan mempelajari aksi tersebut agar kita bisa selamat jika terjadi kejadian yang serupa seperti di film. Untuk kalian yang percaya dengan aksi-aksi di film, mungkin kalian harus mengubah lagi pola pikir kalian. Karena tidak semua yang ada di film itu sama persis dengan apa yang terjadi di dunia nyata.

Berikut 6 hal yang hanya terjadi di film yang dilansir dari brightside.me.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ledakan Besar Jika Menembak Tangki Bensin Pada Kendaraan

Berbeda Dengan Kenyataan, 5 Hal Ini Hanya Terjadi Di Film
(source : brightside.me)

Di film laga, kita sering melihat ledakan besar yang dihasilkan oleh kendaraan yang ditembak. Dengan menembak tangki bensin kendaraan tersebut, maka seorang aktor bisa menciptakan sebuah ledakan yang besar.

Faktanya, untuk membuat sebuah kendaraan meledak sangatlah susah. Agar sebuah kendaraan bisa meledak, harus ada beberapa proses yang harus dilalui. Kita harus menunggu bensin menguap menjadi gas, karena besin bersifat cair, maka gas yang dihasilkan bensinlah yang membuat bensin terbakar.


2. Kecepatan Peluru Dalam Air Sama Dengan Saat Berada Di Udara

Berbeda Dengan Kenyataan, 5 Hal Ini Hanya Terjadi Di Film
(source : brightside.me)

Pada film laga tentu kita akan sering melihat peluru berterbangan. Bahkan saat aktor berusaha melarikan diri dengan menceburkan dirinya ke dalam air, aktor tersebut tetap di tembaki. Saat aktor di dalam air, dia harus berenang secepatnya dan berusaha menghindar dari tembakan peluru yang masuk ke dalam air.

Faktanya, sebuah peluru tidak bisa melesat kencang dan perlahan tenggelam saat di dalam air. Karena di dalam air kecepatan peluru akan ditahan oleh air, sehingga perlahan kecepatan peluru berkurang dan akan tenggelam saat tidak lama memasuki air.


3. Berjalan Santai Disaat Ada Ledakan Di Belakangnya

Berbeda Dengan Kenyataan, 5 Hal Ini Hanya Terjadi Di Film
(source : brightside.me)

Bagi kita generasi 90-an tentu tidak asing dengan film power rangers. Film yang menampilkan 5 pahlawan yang menuntas kejahatan selalu diakhiri dengan ledakan disaat mereka berhasil melawan musuhnya. Terlihat mereka berdiri gagah dan membelakangi ledakan tersebut sehingga terlihat keren.

Faktanya, kita tidak bisa berdiri santai disaat dekat dengan ledakan besar. Sebuah ledakan akan menghasilkan gelombang yang mampu menghempaskan benda yang disekitarnya. Jadi jika kita berada dekat dengan sebuah ledakan, jangan berharap kita bisa berdiri santai, melainkan kita akan terhempas beberapa meter menjauhi ledakan.


4. Melompat Ke Arah Jendela dan Menghancurkannya

Berbeda Dengan Kenyataan, 5 Hal Ini Hanya Terjadi Di Film
(source : brightside.me)

Dalam film laga, kita akan sering melihat aktor yang kabur dari kejaran musuhnya. Dalam pengejaran tersebut, tidak jarang seorang aktor harus lari mengarah ke jendela dan menabrakan diri agar bisa lolos dari pengejaran. Kemudian setelah lolos dia akan berjalan seperti biasanya tanpa luka sedikitpun.

Faktanya, jika kita menabrakkan diri ke arah kaca dan memecahkannya, kita akan terkena ribuan pecahan kaca yang bisa menggores tubuh kita bahkan menancap di tubuh kita.


5. Tembakan Laser Di Luar Angkasa

Berbeda Dengan Kenyataan, 5 Hal Ini Hanya Terjadi Di Film
(source : brightside.me)

Bagi pecinta film Star Wars, tentu kita tidak asing melihat peperangan yang terjadi di luar angkasa. Dalam pertempuran tersebut kita akan melihat tembakan-tembakan laser yang digunakan untuk menghancurkan kapal angkasa musuh dan sebagainya.

Faktanya, laser tidak akan bercahaya di luar angkasa. Ketika sinar laser menjadi terlihat, partikel tersebut tersebar dari partikel-partikel kecil yang tersebar di sepanjang jalurnya. Warna sinar laser hanya bergantung pada medium tempat mereka disinarkan yang berisi partikel debu dan molekul udara. Sedangkan di luar angkasa tidak ada partikel udara.

 

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya