7 Hewan Ini Hidup di Bumi Lebih Lama dari Manusia, Ada yang 450 Juta Tahun

Hewan-hewan ini telah hidup di Bumi jauh sebelum manusia ada. Hewan apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 21 Okt 2020, 19:01 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2020, 19:01 WIB
Ilustrasi serangan hiu
(Foto: Fgyongyver/ Pixabay) ilustrasi sernagan hiu.

Liputan6.com, Jakarta Bumi berusia lebih dari 4 miliar tahun, dan tidak mengherankan jika ada banyak spesies berbeda yang hidup di atasnya, termasuk manusia. Namun, kita bukanlah makhluk yang telah hidup di planet ini paling lama.

Masih ada hewan yang hidup pada saat ini yang telah bertemu dengan dinosaurus dan bahkan selamat dari 5 kepunahan massal di masa lalu. Berikut ini daftar hewan yang telah hidup di Bumi lebih lama daripada manusia seperti dilansir dari Brightside.

1. Hiu, 450 juta tahun

Fosil hiu tertua berusia sekitar 450 juta tahun. Ini berarti mereka ada di Bumi bahkan sebelum dinosaurus. Dalam 439 juta tahun terakhir, ada 5 kepunahan besar dan hiu bertahan dari semuanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Kaki seribu, 420 juta tahun

7 Hewan Ini Hidup di Bumi Lebih Lama dari Manusia, Ada yang 450 Juta Tahun
Doc: Istimewa

Kaki seribu adalah makhluk yang tangguh. Mereka telah menangani limbah sayuran selama 420 juta tahun. Faktanya, mereka adalah yang pertama bergerak di darat dan beberapa fosil tertua yang pernah ditemukan. Saat ini ada lebih dari 13.000 spesies kaki seribu di setiap benua kecuali Antartika.

 


3. Katak, 265 juta tahun

Ilustrasi katak
Ilustrasi katak (Dok.Unsplash)

Fosil katak tertua yang pernah ditemukan berumur 265 juta tahun dan ditemukan di Madagaskar. Saat ini terdapat katak di seluruh dunia, tetapi area yang paling terkonsentrasi adalah hutan hujan tropis.

 


4. Kura-kura, 200-300 juta tahun

Kura-Kura Raksasa Galapagos
Seekor kura-kura raksasa Galapagos di Taman Nasional Galapagos, Ekuador, 12 September 2017. Kura-kura Galapagos makan rumput, dedaunan, kaktus dan buah tapi bisa bertahan hidup sampai setahun tanpa makanan dan air. (HO / GALAPAGOS NATIONAL PARK / AFP)

Kura-kura telah berjalan di bumi selama 200 hingga 300 juta tahun dan ini menjadikan mereka hewan yang sangat purba, terutama jika dibandingkan dengan manusia. Fosil tertua ditemukan belum lama ini (di provinsi Guizhou China pada tahun 2007) dan berumur 220 juta tahun.

 


5. Kadal, 200 juta tahun

Kadal Bertanduk (Texas Parks And Wildlife Department)
Kadal Bertanduk (Texas Parks And Wildlife Department)

Saat ini masih terdapat kadal yang menyerupai reptil purba yang ada saat dinosaurus masih berkeliaran di bumi. Namun, kadal telah ada di planet ini selama sekitar 200 juta tahun dan saat ini terdapat lebih dari 4.675 spesies, termasuk kadal, tokek, bunglon, dan iguana.

 


6. Semut, 140-168 juta tahun

Ilustrasi semut
Ilustrasi semut

Semut pertama muncul 140-168 juta tahun yang lalu dan ini berarti mereka ada bersama dengan dinosaurus. Namun, sebelum tanaman ada bunga, mereka tidak tersebar luas seperti sekarang. Begitu bunga mulai mekar, semut mulai berkembang biak lebih banyak lagi.

 


7. Gurita, 135 juta tahun

Ilustrasi gurita (Pixabay)
Ilustrasi gurita (Pixabay)

Meskipun beberapa percaya bahwa gurita turun dari luar angkasa dengan meteor es sebagai telur, beberapa ilmuwan percaya bahwa mereka telah ada di Bumi selama 135 juta tahun. Gurita berkerabat dekat dengan cumi-cumi, hanya sistem sarafnya yang berbeda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya