9 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan Hari Raya Idul Fitri di Rumah

Siapa bilang liburan di rumah membosankan? Meski hanya di rumah, kita tetap bisa melakukan aktivitas seru kok!

oleh Fany Triany diperbarui 27 Apr 2022, 10:06 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2022, 10:06 WIB
Makanan setelah lebaran
Ilustrasi Makan Bersama Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Yay! Akhirnya penantian akan segera berakhir karena Idul Fitri akan segera tiba. Setelah kurang lebih 30 hari menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tentu akan ada banyak sekali aktifitas yang ingin Anda lakukan saat libur lebaran.

Siapa bilang liburan di rumah membosankan. Meski hanya di rumah, kita tetap bisa melakukan aktivitas seru di hari raya Idul Fitri, tentunya tanpa mengurangi esensi atau suasana dari lebaran itu sendiri. Mudik atau tidak sama serunya kok, tinggal bagaimana cara kita mensiasati waktu agar tetap terasa menyenangkan.

Yuk, intip beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat lebaran di rumah bersama keluarga, seperti melansir dari CoronaJakartagoid dan berbagai sumber lain, Selasa (26/4/2022).

Menghias rumah

Kalian termasuk di dalam keluarga yang suka menghias atau merapikan rumah saat menyambut Hari Raya enggak sih? Jika tidak, Anda bisa menjadikan aktivitas ini sebagai upaya mengisi waktu di hari libur lebaran.

Bersih-besih seru kok, menyehatkan lagi. Keadaan rumah yang rapi akan membuat tamu merasanya nyaman, atau paling tidak ini bisa menunjang suasana saat Anda melakukan panggilan video kepada sanak saudara.

Bersihkan debu pada lantai, kaca jendela dan furnitur rumah. Lalu jika sempat Anda juga bisa merubah beberapa posisi furnitur agar tercipta suasa baru di hari penuh kemenangan.

Sholat Idul Fitri di rumah

Bagi siapa saja yang masih khawatir berada di keramaian saat pandemi, Anda bisa melakukan sholat Idul Fitri di rumah. Sholat Idul Fitri merupakan salah satu kegiatan yang membedakan dari hari-hari biasanya dan tidak ingin kita lewatkan.

Mungkin rasanya akan terasa berbeda jika dibanding dengan sholat Idul Fitri berjamaah di masjid. Tapi, kalau di lihat dari sisi baiknya, sholat di rumah akan membuat kita jauh lebih khusyuk dan nyaman didekat ayah, ibu atau anggota keluarga lainnya.

Jangan lupa untuk meminta dan saling memaafkan kepada seluruh keluarga di rumah, doakan kebaikan bagi semuanya dan semoga tahun depan kita masih di pertemukan pada bulan suci Ramadan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melakukan panggilan video dengan keluarga atau teman

Video call
Video Call

Di tengah pandemi, lebaran di rumah membuat kita harus menahan diri untuk bertemu sanak saudara tercinta. Namun jangan sampai hal itu mengganggu momen utama Idul Fitri yaitu, silahturahmi. Anda bisa mengganti pertemuan menjadi silahturahmi virtual, dengan melakukan panggilan video call kepada beberapa saudara.

Tanyakan bagaimana kabar mereka, ceritakan bagaimana tentang puasa Anda selama bulan Ramadan, katakana juga bahwa Anda rindu bercengkrama dengan mereka, dan percaya bahwa akan bertemu mereka setelah kondisi membaik, tentunya dengan kesehatan yang prima.

Makan ketupat lebaran berasama keluarga

Percaya atau tidak, rasa sayur ketupat akan jauh lebih nikmat jika disantap bersama keluarga dan juga orang-orang tersayang. Apalagi jika ketuoat dipadukan dengan lauk pauk lain seperti, semur, opor, rendang, kentang balado, sambal, kerupuk dan taburan bawang goreng.

Entah mengapa, sayur ketupat lebaran dengan sayur ketupat harian itu rasanya sangat berbeda. Semarak Idul Fitri yang penuh kemenangan dan kebahagiaan bagi umat muslim mungkin yang menjadikan tiap masakan khas Ied terasa luar biasa.

 


Membuat kue dan merangkainya menjadi bingkisan Hari Raya

5 Rekomendasi DIY Hampers Estetik untuk Lebaran, Ternyata Gampang Dibuat Lho!
Hampers Lebaran

Kegiatan silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih sangat dibatasi karena pandemi. Selain melakukan panggilan telepon dengan saudara, Anda juga bisa mengirimkan bingkisan atau hadiah lebaran sebagai pengganti silahturahmi.

Untuk mengisi waktu liburan Idul Fitri, alih-alih membeli hampers lebaran, lebih baik jika Anda membuatnya dan mengkreasikannya sendiri. Dimulai dari membuat beberapa menu masakan atau kue khas lebaran, lalu setelah matang Anda bisa mengemasnya menjadi bingkisan cantik yang siap untuk dikirim ke saudara, teman atau bahkan pacar.

Bermain game

Saat semua anggota keluarga berkumpul, hal yang paling menyenangkan adalah melakukan aktivitas menyenangkan dari pada sibuk dengan ponsel masing-masing. Anda bisa menyiapkan beberapa permainan papan seperti karambol, ular naga, monopoli atau mainan lain yang paling digemari oleh seluruh keluarga.

Menonton film

Saat game sudah terasa membosankan, Anda bisa mengganti acara dengan menonton film bersama. Pilih film yang sedikit menantang adrenalin agar waktu berlalu tanpa ada perasaan hampa.

Jika keluarga Anda menyukai film serial itu lebih baik lagi, kalian bisa bersama-sama menyelesaikan seluruh episode film tersebut. Selanjutnya, lakukan diskusi tentang film yang telah ditonton, mulai dari alur cerita, kejanggalan, hingga kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi pada kelanjutan serialnya.

 


Rencanakan perburuan harta karun

ilustrasi harta karun
Harta Karun

Ajak keluarga untuk berburu harta karun Idul Fitri di dalam rumah. Cetak atau tulis petunjuk bertema Idul Fitri dengan teka-teki atau pertanyaan sederhana, lalu sembunyikan di sekitar rumah dan buat setiap petunjuk mengarah pada hadiah yang di sediakan.

Agar lebih menyenangkan, permainan ini juga bisa dilakukan secara berkelompok. Gunakan teka-teki yang sedikit rumit untuk permainan kelompok, gunanya untuk melatih kekompakan.

Piknik di halaman rumah

Kita tidak bisa menyangkal, bahwa Idul Fitri identik dengan silahturahmi dan makanan. Setelah seluruh kegiatan di dalam rumah cukup membosankan, Anda bisa menyiapkan acara piknik di halaman rumah. Tata ruangan menjadi nyaman, dan siapkan beberapa bahan makanan untuk di panggang.

Jika rumah Anda tidak memiliki halamannya, Anda bisa mendekor dalam rumah menjadi  seperti sauna piknik sesungguhnya. Tentu dengan beberapa dekorasi dan peralatan luar, seperti tenda dari seprei atau selimut yang dibentuk ala suku Indian, lampu karna-warni, lilin sebagai pengganti obor, kompor portable dan beberapa bean bag untuk seluruh keluarga duduk santai. Sssttt, jangan lupa matikan lampu agar suasana jauh lebih seru lagi.

 

Infografis journal_Persiapan Mudik Lebaran 2022
Infografis persiapan mudik lebaran
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya