Penobatan Raja Charles III Dilaksanakan 6 Mei 2023, Janjikan Perayaan Sederhana

Raja Charles III akan menjalani penobatan pada tahun depan untuk secara resmi menggantikan posisi Ratu Elizabeth II

oleh Azizah Savira diperbarui 13 Okt 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 17:00 WIB
Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Britania Raya
Raja Charles III (kanan) dan Permaisuri Camilla saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Pada acara itu, Raja Charles III menyampaikan pidato di hadapan sejumlah pejabat, termasuk mantan perdana menteri. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, London - Raja Charles III tengah ditunjuk sebagai pengganti mendiang Ratu Elizabeth II sejak meninggalnya pada 8 September 2022. Dilansir BBC pada Kamis (13/10) bahwa setelah masa berduka yang diperpanjang hingga awal Oktober, Buckingham Palace memberikan pernyataan lebih lanjut perihal upacara penobatan Raja Charles III dan pengangkatan Camilla sebagai Queen Consort.

Walaupun upacara pemahkotaan dilakukan sebagai simbol resmi mulainya kepemimpinan Raja Charles III, tanggung jawab sebagai seorang raja sudah mulai dilakukan. Perubahan gelar juga terjadi pada setiap anggota keluarga Kerajaan Inggris, bersamaan dengan tanggung jawab yang harus mereka pegang.

Raja sebagai pemimpin 14 negara Commonwealth, peranan vital Pangeran & Putri Wales, William dan Kate Middleton, untuk memegang kepercayaan masyarakat Wales terhadap monarki. Bahkan, seusai masa duka, Raja Charles III dan Permaisuri Camilla segera melakukan kunjungan resmi pertama mereka ke Dunfermline.

Upacara ini resmi dijadwalkan pada 6 Mei 2023 di Westminster Abbey, London dan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby. Raja Charles akan berusia 74 tahun pada saat penobatan --- raja tertua yang baru dimahkotai. 

Tanggal tersebut juga akan menjadi ulang tahun keempat cucunya Archie, putra Pangeran Harry dan Meghan. Sementara itu, Raja Charles III dijadwalkan untuk menandatangani proklamasi tanggal upacara pemahkotaan tersebut pada akhir tahun.

Orang dalam istana mengatakan kepada Mail pada Minggu bahwa Duke of Norfolk, yang sebagai earl marshal memiliki tanggung jawab untuk mengatur upacara tersebut, telah ditugaskan untuk membuatnya menjadi upacara yang lebih sederhana, lebih pendek dan lebih beragam yang mencerminkan Inggris modern.

 


Penobatan Raja Charles III

Raja Charles III. (Foto: Carl de Souza/Pool via AP)
Raja Charles III. (Foto: Carl de Souza/Pool via AP)

Dipahami bahwa upacara tersebut akan mencakup elemen inti yang sama dari layanan tradisional, yang telah mempertahankan struktur yang sama selama lebih dari 1.000 tahun, sementara juga mengakui semangat zaman kita.

Charles akan diurapi dengan minyak suci, cincin penobatan dan tongkat kerajaan, kemudian dimahkotai dengan mahkota St Edward yang megah dan diberkati selama upacara. 

Camilla juga akan diurapi dengan minyak suci dan dimahkotai, seperti Ibu Suri ketika dia dimahkotai sebagai Ratu pada tahun 1937.

Penobatan Charles diharapkan dalam skala yang lebih kecil dan lebih pendek, dengan saran bahwa itu bisa berlangsung hanya satu jam daripada lebih dari tiga jam.

Ini diharapkan lebih inklusif dari multi-agama Inggris daripada penobatan masa lalu tetapi akan menjadi layanan Anglikan.

Jumlah tamu akan dikurangi dari 8.000 menjadi sekitar 2.000, dengan rekan-rekan diharapkan mengenakan jas dan gaun alih-alih jubah upacara, dan sejumlah ritual, seperti penyerahan batangan emas, dikapak.


Penobatan Raja Charles III

Upacara proklamasi Raja Charles III sebagai penguasa Britania Raya.
Upacara proklamasi Raja Charles III sebagai penguasa Britania Raya. Raja Charles III didampingi Ratu Camilla dan Pangeran William. Dok: YouTube/The Royal Family

Penobatan secara tradisional tidak diadakan pada akhir pekan, dengan mendiang Ratu berlangsung pada hari Selasa. Istana belum mengomentari apakah akan ada pengaturan untuk hari libur bank.

Rincian lebih lanjut akan dirilis pada waktunya, tetapi Pemerintah dan rumah tangga kerajaan akan menyadari skala penobatan mengingat krisis biaya hidup yang dihadapi negara tersebut.

Walaupun masih belum banyak perubahan yang bisa kita saksikan, Raja Charles III mempunyai rencana untuk monarki selama masa kepemimpinannya seperti yang dikutip Insider.

Di antaranya yaitu memperkecil monarki Inggris dan mengurangi porsi kediaman keluarga kerajaan di Buckingham Palace.

Salah satu langkah yang akan diambilnya adalah dengan mengganti undang-undang perihal suksesi jika dinilai tidak mampu.

Penobatan mendiang Ratu berlangsung pada 2 Juni 1953 ---- 16 bulan setelah ia menjadi raja. Keamanan akan ditingkatkan mengingat sifat profil tinggi hari itu.

Rencana untuk acara tersebut dikenal dengan nama kode Operasi Golden Orb, dan menetapkan cetak biru untuk layanan dan arak-arakan yang mengelilinginya.

 


Penobatan Raja Charles III

Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Britania Raya
(kiri ke kanan) Pangeran William, Permaisuri Camilla, dan Raja Charles III saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Charles III menjadi raja setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada 8 September 2022. (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Selama 900 tahun terakhir upacara telah berlangsung di Westminster Abbey, dan hampir selalu dilakukan oleh uskup agung Canterbury sejak tahun 1066. Layanan Ratu Elizabeth II sebagian besar didasarkan pada ayahnya, George VI, yang dimodelkan pada George V.

meskipun struktur tempat duduk khusus dibangun di dalam gereja untuk meningkatkan jemaat biasa menjadi 8.000. Para raja biasanya duduk di Kursi Raja Edward abad ke-14 dan dimahkotai dengan Mahkota St Edward abad ke-17 dari emas murni.

Penobatan tahun 1953 dibagikan kepada masyarakat yang lebih luas melalui media televisi yang relatif baru, yang menjadi dewasa dengan pemutaran upacara untuk pertama kalinya.

Diperkirakan 27 juta orang di Inggris saja menyaksikan upacara itu secara langsung di TV hitam putih mereka dan gambar-gambar itu juga disiarkan ke seluruh dunia.

Duke of Norfolk, yang mengorganisir pemakaman Ratu, juga berperan sebagai pementasan penobatan. Untuk penobatan Raja Charles III, penonton televisi potensial di seluruh dunia bisa mencapai ratusan juta. 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya