6 Rekomendasi Lagu Stray Kids Bertema Cinta Rahasia dan Patah Hati

Lagu-lagu ballad dari Stray Kids ini sayang untuk dilewatkan.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 21 Okt 2022, 10:04 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 10:04 WIB
Stray Kids '24 to 25' Music Video
Stray Kids '24 to 25' Music Video (Twitter: @Stray_Kids)

Liputan6.com, Jakarta - Title track "CASE 143" dari Stray Kids mulai memasuki minggu keduanya di peringkat satu tangga lagu Billboard's Hot Trending Songs. Informasi ini disampaikan melalui Billboard News pada 18 Oktober 2022.

Melansir dari Soompi, Kamis (20/10/2022), Stray Kids kini tengah mendominasi tangga lagu Billboard dengan mini album mereka, MAXIDENT. Album ini merupakan album kedua milik mereka yang berhasil debut di posisi pertama Billboard 200 pada minggu lalu.

Pencapaian ini membuat Stray Kids menjadi satu-satunya artis yang menduduki puncak Billboard 200 dengan dua album tahun ini. Mereka juga menjadi artis kedua dalam sejarah yang pernah mencapai prestasi tersebut.

Dalam beberapa waktu terakhir, Billboard mengungkapkan lebih banyak pencapaian Stray Kids di tangga lagunya minggu ini. Dari hasil laporannya, grup yang dibentuk oleh Bang Chan ini menduduki puncak di tujuh tangga lagu Billboard berbeda.

Selain itu, nama Stray Kids juga kembali menduduki peringkat pertama daftar 100 artis Billboard. Hal ini menjadikan Stray Kids sebagai grup ketiga di dalam sejarah yang berhasil memuncaki daftar tersebut, dalam kurun waktu lebih dari seminggu.

Berdasarkan tangga lagu World Digital Song Sales, "Case 143" masuk ke posisi pertama tangga lagu, diikuti lagu subunit dari Lee Know, Hyunjin, dan Felix berjudul "Taste" di posisi ke-9, dan lagu "3RACHA" yang dibawakan subunit Chan, Changbin, dan HAN di urutan ke-13.

Berbicara tentang lagu-lagu Stray Kids, boy group dengan jumlah member delapan orang ini identik menciptakan lagu bergenre hip-hop dengan didominasi oleh lirik rap.

Padahal, melihat dari album-album yang mereka keluarkan terdapat beberapa lagu ballad, yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu di antara pun merupakan original soundtrack dari drama Korea populer di 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Neverending Story

Stray Kids Performing Neverending Story
Stray Kids Performing Neverending Story (Twitter: @Stray_Kids)

"Neverending Story" menjadi lagu original soundtrack pertama Stray Kids untuk drama Korea "Extraordinary You," yang sempat populer di 2019. Lagu ini ditandai sebagai original soundtrack ketujuh untuk drama tersebut dan muncul pada episode 21 dan 22.

Keluarnya lagu ini, menambahkan genre baru dalam koleksi lagu Stray Kids, selagi berusaha memperkenalkan nama mereka lebih luas kepada penggemar.

Lagu ini mengawali langkah mereka memasuki ruang baru, sebagai pengisi soundtrack drama Korea. Sampai saat ini, mereka sudah mengisi soundtrack drama Korea lain, seperti seri drama "Pop Out Boy!" dengan lagu "Hello Stranger."

Salah satu member termuda, Seungmin Stray Kids juga turut mengisi beberapa soundtrack drama. Posisinya sebagai vokalis dengan suaranya yang lembut mendukung untuk mengisi soundtrack drama romantis.

"Neverending Story" menunjukkan bakat para anggota Stray Kids dalam menyanyikan lagu ballad, dengan dengan melodi halus dan vokal yang hangat.

Kemampuan HAN dalam bernyanyi hingga mencapai nada tinggi di lagu ini pun cukup mengejutkan, mengingat posisinya sebagai main rapper di Stray Kids.


2. Ex

Stray Kids 'Ex' Music Video
Stray Kids 'Ex' Music Video (Twitter: @Stray_Kids)

Rilis sebagai B-side track di album IN LIVE, "Ex" merupakan salah satu lagu bertema patah hati yang dinyanyikan oleh Stray Kids.

Menceritakan tentang rasa penyesalan seseorang terhadap apa yang sudah dilakukan terhadap pasangannya, lagu ini memiliki video klip yang sendu dan muram.

Lirik lagu "Ex" ditulis oleh Changbin dengan kolaborasinya bersama Bang Chan. Melalui liriknya, kita dapat mengetahui lagu ini membicarakan melalui sudut pandang orang yang melakukan kesalahan dalam hubungannya.

Lagu ini mengungkapkan makna bahwa terkadang kita tidak menghargai apa yang kita miliki, sampai hal itu hilang atau pergi. Di sini, sosok "orang jahat" ini pun merasa menyesal dengan apa yang telah dia lakukan.

Penyesalan tersebut digambarkan oleh masing-masing dari anggota Stray Kids di dalam music video, yang menampilkan berbagai emosi seperti kesal, murung, sampai marah terhadap diri sendiri.

"Ex" memiliki konsep yang kontras dengan title track album, yaitu "Back Door." Selain menjadi ungkapan penyesalan, lagu ini mempunyai makna mendalam mengenai cara mereka menenangkan orang lain yang tersakiti.


3. Gone Away

Stray Kids HAN, Seungmin, I.N 'Gone Away' Music Video
Stray Kids HAN, Seungmin, I.N 'Gone Away' Music Video (Twitter: @Stray_Kids)

"Gone Away" merupakan lagu ballad yang dinyanyikan oleh tim subunit baru dari Stray Kids, yaitu HAN, Seungmin, dan I.N. Lagu ini dirilis di 2021 di dalam album NOEASY.

Sejauh ini, genre ballad sudah menjadi salah satu genre yang biasa muncul di dalam album Stray Kids. Kemampuan vokal yang dimiliki ketiga anggota unit pun telah terbukti sangat baik berdasarkan lagu-lagu ballad sebelumnya.

Seungmin dan I.N, yang dasarnya memegang posisi sebagai main vocalist di Stray Kids menampilkan suara, yang mendukung unsur emosional dari lagu ini.

Sama seperti lagu "Neverending Story" sebelumnya, HAN kembali menunjukkan vokalnya yang tidak kalah merdu. Hal ini yang terkadang membuat non-fan terkejut mengetahui posisinya sebagai main rapper, tetapi memiliki suara yang bak seorang vokalis.

Lagunya sendiri mengisahkan tentang seseorang yang memiliki rasa kepada orang lain, tetapi merahasiakannya. Akhirnya, mereka harus melepaskan rasa tersebut setelah melihat yang mereka sukai sudah bersama orang lain.


4. Secret Secret

Stray Kids 'Secret Secret' Music Video
Stray Kids 'Secret Secret' Music Video (Twitter: @Stray_Kids)

"Secret Secret" juga merupakan bagian dari album NOEASY. Lagu yang liriknya ditulis oleh HAN Stray Kids ini membawa makna tentang rahasia yang dimiliki oleh setiap orang.

Sebagian dari rahasia tersebut tidak bisa mereka bagi dengan orang lain. Mereka juga sering merasa bahwa membicarakan hal tersebut dengan orang lain tidak membantu untuk melegakan perasaannya.

Melalui lagu ini, idol bernama lengkap Han Jisung ini berusaha menyampaikan kepada seluruh orang yang mendengarkan lagu ini, bahwa dirinya juga mengalami hal yang sama.

Menyimpan rahasia sendirian dapat meningkatkan perasaan kesepian, karena hal ini membuat kita berpikir bahwa tidak ada orang yang bisa memahami kita.

Mengingat beberapa lagu sebelumnya yang juga ditulis oleh HAN, seperti "19," "Sunshine," Another Day," dan "Slump," lagu ini juga memiliki garis besar yang serupa.

Seluruh lagu yang ditulisnya adalah cara HAN mengekspresikan ketakutan, kesepian, dan kesulitannya dalam mengatur kesehatan mentalnya agar tetap stabil.

Lewat lagu-lagu yang diciptakannya juga, ia berusaha menyampaikan pesan positif dan menenangkan bagi mereka yang sedang berurusan dengan gangguan kecemasan, untuk tidak menyerah menghadapinya.


5. Sorry, I Love You

Stray Kids 'Sorry, I Love You' Music Video
Stray Kids 'Sorry, I Love You' Music Video (Twitter: @Stray_Kids)

Bersama dengan "Gone Away" dan "Secret Secret," lagu ini juga bagian dari NOEASY. Music video lagu yang memiliki nuansa biru lembut ini telah dirilis pada 8 September tahun lalu.

Ditulis oleh Changbin Stray Kids, lirik lagu ini berbicara tentang perasaan terdalam seseorang terhadap teman dekatnya. Rasa frustasi dan kesedihannya tergambar melalui lirik lagu dan instrumental dari lagu ini.

Changbin mengungkapkan bahwa karakter di dalam lagunya mencoba dan mencurahkan rasa sukanya tersebut kepada temannya. Namun, karakter tersebut tidak bersikap optimis dan khawatir temannya tidak menyukai ungkapan perasaannya.

Karena ini, karakter tersebut pun mengungkapkan perasaannya dan meminta maaf, jika hal tersebut akan menjadi penyebab putusnya pertemanan mereka. Karakter ini merasa bahwa perasaannya tersebut sudah tidak bisa ia tahan sendiri lebih lama lagi.

Jika diperhatikan, lagu ini mengingatkan kita dengan lagu ballad yang sebelumnya juga ditulis oleh Changbin, yaitu "Ex."


6. Winter Falls

Stray Kids 'Winter Falls' Music Video
Stray Kids 'Winter Falls' Music Video (Twitter: @Stray_Kids)

Dirilis mendekati perayaan hari natal, "Winter Falls" datang bersama lagu "Christmas EveL," di akhir 2021 lalu. Single ini kontras dengan title track-nya bertema hip-hop, karena cenderung lebih tradisional dan tidak mengangkat tema natal seperti dua lagu lainnya.

Mengangkat genre ballad, "Winter Falls" mengisahkan tentang karakter yang sedang mempertahankan cinta masa lalunya. Liriknya yang sentimental mendukung musim dingin yang digunakan sebagai tema video klip.

Terdapat beberapa part rap yang disematkan sebagai bagian lagu. Video klip yang dikeluarkan juga memberikan kesan emosional yang mendalam. Terlihat dari akting dari setiap member yang menampakkan perasaan sedih, kecewa, dan pasrah.

Dalam music video, ada sebuah booth telepon umum yang mereka gunakan untuk menelepon pasangan masa lalunya secara bergantian. Mereka mencurahkan seluruh perasaan yang mengakibatkan hubungannya mereka miliki harus kandas seiring salju yang turun dari langit.

Mereka terlihat berusaha meninggalkan masa lalunya tersebut, dengan membakar booth dan meninggalkan kenangan yang tersisa dari masa lalunya.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya