8 Camilan yang Enak Disantap Saat Musim Hujan

Berikut ini sejumlah camilan yang pas untuk disantap saat musim hujan

oleh Putri Annisa diperbarui 06 Jan 2023, 09:02 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 09:02 WIB
bakso
ilustrasi bakso/copyright Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan identik dengan udara yang dingin dan sejuk. Cuaca seperti itu biasanya membuat nafsu makan meningkat dan membuat kita ingin ngemil sepanjang hari. Nah, umumnya orang akan mencari camilan yang hangat untuk dinikmati kala hujan.

Untuk menikmati camilan di musim hujan, Anda bisa mencarinya di tempat jajanan kaki lima atau sekadar memesannya lewat ojek online. Namun, tak ada salahnya juga kalau Anda membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga.

Ada beberapa camilan saat musim hujan di Indonesia yang merupakan ciri khas dan sudah banyak dikenal sebagai teman di udara dingin. Selain rasanya yang dijamin lezat, camilan-camilan ini bisa otomatis membuat tubuh Anda hangat.

Berikut ini rekomendasi camilan yang enak disantap saat musim hujan, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Pisang Goreng

Coba bayangkan nikmatnya menyantap pisang goreng panas yang manis saat gerimis. Di Indonesia, pisang goreng bisa tampil dengan banyak rupa. Orang-orang di Jawa umumnya menyantap pisang goreng ditemani kopi atau teh hangat. Tapi di Manado dan Makassar, pisang goreng biasa dinikmati bersama sambal dabu-dabu dan sambal roa.

Versi lain pisang goreng ialah pisang bakar yang diolah dengan cara dipipihkan lalu dibakar di atas arang. Sedangkan pisang bakar versi lebih kekinian, kadang dibaluri selai cokelat serta selai greentea.

 


2. Tempe Mendoan

20151105-Tempe Mendoan
(www.sarihusada.co.id)

Camilan saat musim hujan asal daerah Banyumas ini juga termasuk mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun mudah sekali dicari. Anda pun cuma tinggal menggorengnya di minyak panas. Perlu diingat kalau mendoan lebih enak buat dimakan saat masih hangat.

3. Bajigur

Selain makanan, ada juga minuman hangat yang bisa Anda nikmati saat hujan. Ya, bajigur yang merupakan minuman khas Jawa Barat ini memang cocok diseruput kala hujan turun.

Hangat, manis gula jawa, berwarna kecokelatan, dan terbuat dari campuran santan. Di Jakarta atau Bandung, penjaja bajigur menjual segelas bajigur hangat dengan pisang rebus, kacang rebus, ubi rebus ataupun kue pisang berbungkus daun. Biasa dijual dalam gerobak dorong, bajigur di Bandung termasuk yang kaya kreasi, misalnya bajigur durian.

4. Bakso

Bisa dibilang bukan tergolong camilan, tapi makanan berat. Namun, siapa yang bisa menolak sensasi bakso jika disantap kala hujan. Menyeruput kuah bakso sambil berteduh dari derasnya hujan pasti jadi momen paling kamu idamkan. Hangatnya kuah tersebut bisa menghilangkan rasa kesal dari hujan yang tidak berhenti-henti.


5. Mie Instan Rebus

mie instan kuah
ilustrasi mie instan kuah/copyright by Ariyani Tedjo (Shutterstock)

Perpaduan antara mi rebus, telur, sayur, dan irisan cabe rawit yang dinikmati kala hujan sembari nonton TV adalah surga yang diinginkan banyak individu saat musim hujan.

Selain cara membuatnya yang sangat mudah, mi rebus juga bisa jadi panganan yang bisa menghangatkan tubuhmu di udara dingin saat hujan.

6. Kembang Tahu

Pada saat gerimis dan udara dingin paling enak sambil menyeruput kuah kembang tahu yang hangat. Paduan sari pati tahu yang diguyur kuah jahe dan gula aren jadi camilan yang mantap untuk menghangatkan tubuh dan menyamankan perut.

Kembang tahu banyak ditemui di Pontianak dan Jawa Barat. Biasanya kembang tahu dijajakan keliling kampung, dengan tampilan sederhana yang terdiri dari kembang tahu, kuah, dan kadang-kadang ditambahi kacang tanah sangrai atau keju agar kekinian.


7. Sekoteng dan Wedang Ronde

wedang ronde
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Sekoteng mirip dengan wedang ronde, terutama karena jahe menjadi komponen utama. Bedanya terletak pada isian, bila sekoteng berisi kacang hijau, potongan roti, kacang tanah yang disangrai serta mutiara cina. Maka komponen penting dari wedang ronde ialah jahe dan ronde, yakni berupa bulatan putih yang kenyal digigit dan berisi kacang tanah.

Wedang ronde umumnya dilengkapi kolang-kaling serta mutiara cina. Sekoteng dan wedang ronde merupakan jajanan yang populer di Jawa Tengah.

8. Jagung Rebus

Nonton TV atau streaming film di musim hujan paling tepat ditemani sama jagung bakar. Namun, jika jagung bakar terlalu repot untuk dibuat, Anda bisa mengolahnya dengan langsung merebus saja. Kandungan karbo pada jagung dapat menjadi pengganti nasi jika Anda sedang tidak nafsu makan.

Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta
Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya