8 Cara Mudah Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk Agar Tegap

Postur tubuh yang bungkuk disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari. Oleh karena itu, kamu perlu memperbaiki postur tubuh bungkuk dengan cara berikut ini.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 16 Mar 2023, 16:04 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 16:04 WIB
ilustrasi badan bungkuk dan terasa sakit
ilustrasi badan bungkuk dan terasa sakit (sumber Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa disadari, saat melakukan aktivitas sehari-hari seringkali melakukan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan punggung.

Mulai dari posisi duduk yang salah, postur berdiri yang kurang tegap, sampai posisi tidur yang keliru sehingga menimbulkan beberapa dampak yang memengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan-kebiasaan tersebut jika dilakukan setiap harinya dapat berdampak pada postur tubuh menjadi bungkuk.

Tulang belakang merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dijaga kesehatannya. Biasanya, kesalahan pada tulang belakang disebabkan oleh kebiasaan duduk dengan posisi yang salah. Akibat kesalahan postur tersebut dapat menyebabkan trauma tulang belakang seperti terjadinya kifosis, lordosis, dan skoliosis.

Hal tersebut jika dibiarkan sangat berbahaya. Masalah tulang belakang bukan hanya menyerang kalangan orangtua dan lanjut usia saja, namun dapat menyerang anak remaja atau bahkan orang dewasa.

Misalnya, kebiasaan duduk yang salah yang dialami oleh kebanyakan anak sekolah menjadi penyebab utama masalah bungkuk pada remaja. Bahkan, kebiasaan tidur dengan posisi yang salah yang kerap dilakukan oleh orangtua juga menjadi penyebab masalah tulang belakang.

Untuk mencegah permasalahan yang terjadi pada tulang belakang, perlu dilakukan pemeriksaan berupa posture assessment. Selain itu, pemberian edukasi mengenai pentingnya sikap tubuh yang baik dan benar juga perlu dilakukan untuk mencegah permasalahan pada tulang belakang.

Untuk itu, penting untuk mengetahui tips untuk mencegah masalah postur tubuh Anda. Seperti melansir dari Web Md, Senin (13/03/2023), berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Hindari Kebiasaan Membungkuk

[Bintang] Postur Tubuh Bungkuk
Postur Tubuh Bungkuk | Sumber Foto: healthaio.com

Membungkuk akan menambah tekanan pada tulang belakang Anda. Hal ini akan membebani tulang, otot, dan sendi yang Anda perlukan untuk menahan tulang punggung tetap pada tempatnya.

Jika Anda membungkuk secara terus-menerus akan menekan organ-organ di dalam tubuh Anda, dan mempersulit kerja paru-paru dan usus Anda. Lama kelamaan, hal ini akan membuat Anda sulit mencerna makanan atau menghirup udara yang cukup saat bernapas.

2. Berdiri Tegak

Berdiri dengan tegak merupakan cara terbaik untuk mencegah masalah pada postur tubuh. Berpura-puralah Anda sedang berdiri di dinding untuk mengukur tinggi badan Anda.

Tegakkan kepala Anda dan tundukkan dagu. Telinga Anda harus berada di tengah-tengah bahu Anda. Berdirilah dengan bahu ke belakang, lutut lurus, dan perut terselip. Tegakkan tubuh Anda sehingga Anda merasa seperti kepala Anda meregang ke arah langit.

3. Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

Saat bekerja, memang nyaman untuk bersandar dan membungkuk sedikit pada kursi, namun itu adalah postur yang tidak boleh dilakukan.

Untuk itu, Anda dapat mencoba cara ini: Duduklah dengan tegak di kursi Anda, kemudian letakkan bantal di belakang punggung untuk melindungi tulang belakang Anda. Tekuk lutut Anda pada sudut yang tepat dan jaga agar lutut Anda tetap setinggi atau sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda. Letakkan kaki Anda rata di lantai. 

 


4. Meregangkan Leher

Sakit Leher
Ilustrasi Sakit Leher Credit: pexels.com/Karolina

Jika Anda berkerja sepanjang hari menggunakan komputer atau ponsel, luangkan waktu sejenak untuk meregangkan leher Anda. Anda dapat menggerakkan leher secara perlahan untuk menghilangkan ketegangan pada tulang belakang Anda. Selain meregangkan leher, Anda juga dapat mencoba gerakkan mata Anda untuk merasa lebih baik.

5. Jangan Berbaring saat Berkendara

Memang nyaman jika berbaring selama perjalanan jauh, namun hal tersebut tidak bagus untuk postur tubuh Anda. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk duduk lebih tegak. Cobalah untuk tidak mengunci kaki Anda dan jangan lupa untuk meletakkan bantal di belakang punggung Anda sebagai penyangga.

6. Hindari Memakai Sepatu dengan Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi mungkin bagus untuk fashion, tapi tidak bagus untuk postur tubuh. Sepatu dengan hal tinggi dapat mendorong pangkal tulang belakang Anda ke depan, yang membuat punggung Anda melengkung secara berlebihan.

Hal ini dapat mengubah susunan tulang punggung Anda dan memberi tekanan pada saraf, yang menyebabkan sakit punggung. Sepatu dengan hak tinggi juga menambah beban pada lutut Anda. Pilihlah sepatu hak yang lebih rendah dan tebal untuk dipakai sehari-hari.


7. Posisi Tidur

Posisi Tidur Yang Tidak Tepat
Ilustrasi Posisi Tidur Yang Tidak Tepat Credit: pexels.com/Andrea

Posisi tidur merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah masalah postur tubuh Anda. Pilihlah kasur yang kokoh yang membantu menjaga bentuk alami tulang belakang Anda.

Jika Anda tidur menyamping? Tekuk lutut Anda sedikit tapi jangan memeluknya. Letakkan bantal di bawah kepala Anda agar sejajar dengan tulang belakang. Orang yang tidur telentang sebaiknya tidak menggunakan bantal yang tebal dan memilih bantal kecil di bawah leher.

8. Olahraga Mengencangkan Perut

Terlalu banyak lemak di perut Anda akan menambah tekanan pada punggung Anda. Anda membutuhkan otot yang kuat untuk menopang tulang belakang Anda. Berolahraga dengan baik akan menjaga tubuh dan tulang belakang Anda.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya