Mengenal Gummy Smile atau Senyum Gusi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gummy smile atau dalam kondisi medis juga disebut sebagai excessive gingival adalah kondisi di mana gusi terlihat berlebihan saat tersenyum. Memiliki gummy smile, membuat Anda memiliki keunikan tersendiri, lho!

oleh Bella Zoditama diperbarui 13 Apr 2023, 16:03 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 16:03 WIB
Mengenal Gummy Smile atau Senyum Gusi, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mengenal Gummy Smile atau Senyum Gusi, Penyebab dan Cara Mengatasinya. (dok. Foto Lesly Juarez/Unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah dandan cantik dengan outfit dan makeup yang on point, tak lengkap rasanya tanpa senyuman manis yang mengembang untuk memancarkan aura yang positif. Namun bagi sebagian orang, tersenyum seringkali membuat rasa tidak percaya diri muncul.

Seperti misalnya jika Anda memiliki senyuman yang terlalu menampilkan gusi atau sering disebut juga sebagai gummy smile.

Walaupun secara umum gummy smile sendiri sebenarnya tidak apa-apa dan tidak memengaruhi kondisi kesehatan gigi secara umum. Hanya saja bagi mereka yang memilikinya, kondisi ini seringkali membuat beberapa individu merasa tidak percaya diri. Terlebih jika dilihat dari segi estetika.

Namun, sebenarnya apa itu gummy smile? Mengutip Healthline, Kamis (13/04/2023), gummy smile atau dalam kondisi medis juga disebut sebagai excessive gingival adalah kondisi di mana gusi terlihat berlebihan saat tersenyum. Hal ini dapat terlihat dari garis gusi yang terbuka sebesar 3-4 milimeter.

Bahkan, beberapa ahli pun memperkirakan ada sebanyak 10% orang dewasa berusia 20-30 tahun yang mengalami hal ini. Selain itu, berdasarkan data dari moonortho.com, diprediksi sebanyak 14% wanita dan hanya 7% pria yang memiliki tampilan gummy smile alias gingiva yang berlebihan.

Kira-kira kenapa seseorang mengalami gummy smile? Lalu, apakah kondisi ini perlu diatasi? Yuk, simak artikel ini untuk tahu penjelasan lebih lengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Gummy Smile

Menjilat Bibir
Ilustrasi Menjilat Bibir Credit: pexels.com/Shiny

Sebenarnya tidak ada penyebab yang pasti kenapa masalah gusi ini dapat terjadi. Namun, menurut beberapa sumber yang sudah kami rangkum, ada beberapa faktor yang dipercaya dapat meningkatkan risikonya, yaitu:

  • Perbedaan bentuk bibir

Kondisi ini bisa terjadi saat bibir atas berada di sisi yang lebih pendek daripada bibir bawah, sehingga lebih memperlihatkan gigi atas secara dramatis ketika tersenyum.

  • Menjalani pengobatan

Beberapa obat ternyata bisa menyebabkan gusi tumbuh terlalu banyak di sekitar gigi. Ini dikenal sebagai hiperplasia gingiva. Obat-obatan itu antara lain obat untuk mencegah kejang, menekan sistem kekebalan tubuh, atau mengobati tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan pertumbuhan gusi yang berlebihan.

Jika tidak diobati, pertumbuhan gusi yang berlebihan secara klinis dapat menyebabkan penyakit periodontal.

  • Genetik

Faktor genetik ternyata juga memengaruhi gummy smile. Jika Anda memiliki keluarga dengan rahang besar, tapi bibir atas kecil, kemungkinan Anda juga akan mengalami kondisi serupa.

  • Buruknya kebersihan mulut

Siapa yang masih malas menjaga kesehatan mulut? Rupanya, kesehatan mulut yang buruk bisa menyebabkan pembentukan plak di sela-sela gigi. Jika tak ditangani dengan baik dan segera dibersihkan, plak dapat menyebabkan infeksi yang ditandai dengan gusi membesar dan bengkak.


Cara Mengatasi Gummy Smile

Bibir
Ilustrasi bibir. (unsplash.com/Lydz Leow).

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun gummy smile tidak akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang serius, tapi beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan tampilan ini. 

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gummy smile, yaitu:

  • Root planing

Cara ini untuk mengatasi pembengkakan gusi yang terjadi akibat penumpukan karang gigi. Fungsinya untuk membersihkan karang hingga sampai ke bagian akar gigi.

  • Crown lengthening

Prosedur yang dilakukan dengan memperbaiki struktur rahang serta gusi. Hal ini supaya ukuran gusi kembali normal dan gigi Anda bisa terlihat lebih dominan ketika tersenyum.

  • Lip repositioning

Cara lain untuk mengatasi gummy smile yang diakibatkan oleh pergerakan otot bibir atas yeng berlebihan. Prosedur ini akan membuat pergerakan otot bibir atas akan dibatasi agar bibir tidak terangkat secara berlebihan saat tersenyum.

  • Pemasangan behel

Behel bisa membantu memperbaiki tampilan gusi akibat adanya masalah pada rahang. Jika dilakukan, cara ini dapat memperbaiki bentuk rahang sehingga gusi terlihat lebih normal.

Nah, jika Anda memiliki keluhan yang berkaitan dengan ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi sedini mungkin ya! Meskipun begitu, mau memiliki gummy smile atau tidak, jangan lupa berikan senyuman terbaik Anda hari ini!

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya