Wajib Coba, Deretan Manfaat Madu untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Madu memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, madu juga menjadi salah satu bahan alami yang digunakan untuk perawatan kulit wajah.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 13 Apr 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 18:03 WIB
Waw! Masker Tomat, Pisang dan Madu Bisa Buat Kulitmu Bercahaya
Ilustrasi wajah bercahaya alami. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Madu adalah cairan manis yang diproduksi oleh lebah dari nektar bunga atau cairan lain yang dikumpulkan dari tumbuhan.

Madu biasanya digunakan sebagai pemanis alami pada makanan dan minuman, serta memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti antioksidan dan anti-inflamasi. Madu juga telah lama digunakan sebagai bahan dalam berbagai ramuan obat tradisional dan kosmetik.

Madu telah lama digunakan dalam kosmetik karena kandungan nutrisi yang baik bagi kulit. Beberapa manfaat madu untuk kosmetik antara lain melembapkan kulit, menghaluskan kulit dan dapat mengatasi masalah pada kulit seperti munculnya jerawat.

Selain itu, madu mengandung komponen yang bermanfaat bagi kulit Anda, terutama jika Anda memiliki jerawat atau kondisi kulit autoimun seperti eksim atau psoriasis. Hal ini dapat dikontrol dengan mengoleskan madu ke kulit wajah Anda.

Madu juga bisa membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda, yang membuatnya menjadi produk yang bagus digunakan untuk jerawat. Madu manuka telah diteliti sebagai produk anti jerawat dan terbukti jauh lebih efektif daripada produk alami lainnya.

Madu dapat mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit Anda. Jika Anda memiliki bekas jerawat atau eksim, madu yang tidak dipasteurisasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan. Madu sangat efektif dalam menyembuhkan luka dengan cepat, tak heran jika digunakan para dokter dalam penyembuhan.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan madu untuk atasi berbagai masalah pada kulit wajah Anda, seperti melansir dari Time of India, Kamis (13/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggunaan Madu Pada Wajah

Scrub dari Kayu Manis dan Madu
Ilustrasi Mengaplikasian Masker pada Kulit Wajah Credit: pexels.com/Ertan

1. Madu untuk wajah berjerawat dan eksim

Madu untuk kondisi kulit kronis dapat diobati dengan berbagai cara, misalnya dengan dioleskan ke kulit wajah secara langsung atau dengan madu yang dibuat masker wajah kemudian dibiarkan selama beberapa menit.

Hal yang paling penting dalam menggunakan madu untuk mengobati kondisi-kondisi ini adalah menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Sangat penting bahwa madu yang Anda gunakan masih mengandung bakteri sehat agar efektif. Hal ini akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mengatasi peradangan dan kemerahan, serta menyembuhkan luka atau bekas jerawat pada wajah.

Salah satu cara menggunakan madu untuk wajah Anda adalah dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah. Sebelum melakukan hal ini, pastikan Anda melakukan uji coba terhadap madu dan bahan lainnya untuk memastikan Anda tidak akan mengalami reaksi alergi.


2. Madu untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Menggunakan Madu Murni
Ilustrasi Madu Murni Credit: freepik.com

Para peneliti belum menemukan hubungan langsung antara penggunaan madu pada wajah dan pencerahan flek hitam. Tetapi karena madu memiliki sifat pengelupasan kulit, menggunakannya pada wajah Anda dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit Anda terlihat kusam. Hal ini dapat memperlihatkan kulit yang lebih cerah.

Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu lainnya yang tidak dipasteurisasi ke wajahmu. Jika Anda mau, encerkan madu dengan air murni agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah dihapus. Biarkan madu menempel di kulit Anda selama beberapa menit sebelum dibilas.

3. Madu untuk memudarkan bekas luka

Madu membantu proses penyembuhan tubuh Anda, yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Anda dapat menggunakan madu sebagai perawatan spot pada bekas luka dengan cara mengoleskannya setiap hari atau dua hari sekali sebagai pada bekas luka Anda.

Anda juga dapat melihat hasilnya jika Anda menggunakan masker wajah madu sebagai bagian dari rutinitas kecantikanmu. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan madu sebagai pengobatan alami pada luka, terutama jika luka tersebut cukup parah atau terinfeksi.


Efek Samping Madu Pada Wajah

Madu
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Adonyi

Meskipun madu umumnya dianggap sebagai bahan alami yang aman untuk digunakan pada kulit, namun pada beberapa orang, penggunaan madu pada wajah dapat menimbulkan beberapa efek samping. 

Sebelum menggunakan pada kulit wajah, Anda harus mencobanya area kecil kulit Anda seperti tangan untuk melihat apakah Anda memiliki alergi. Pastikan juga untuk selalu membersihkan madu dari wajah Anda sebelum tidur. Madu yang tertinggal di wajah Anda dapat menarik debu dan kotoran lainnya, yang dapat memperparah jerawat yang sedang aktif.

Perlu diketahui bahwa menggunakan madu pada wajah Anda dapat bermanfaat sebagai pengobatan untuk jerawat dan kulit kusam atau kering. Para peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu tentang bagaimana madu dapat membantu wajah Anda terlihat lebih cerah dan membantu mengatasi masalah kulit.

Selama Anda tidak memiliki alergi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Namun, jika ada efek samping yang timbul, segera hentikan penggunaan madu dan konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan.

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya