Deretan Tips Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda, Makan Sayur hingga Yoga Wajah

Inilah 9 tips anti penuaan yang menurut para ahli bisa membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda.

oleh Camelia diperbarui 04 Nov 2023, 18:01 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2023, 18:01 WIB
Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini
Ilustrasi Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu ingin awet muda. Itu mengapa tak sedikit yang lantas melakukan berbagai cara agar awet muda. Meskipun ilmu pengetahuan di balik produk anti penuaan telah mengalami kemajuan pesat, beberapa produk dan klaim gaya hidup baru lebih ampuh daripada sumber awet muda tersebut. 

Jadi kebiasaan apa yang benar-benar berhasil bisa kalian lebih awet muda? Inilah 9 tips anti penuaan yang menurut para ahli bisa membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda. Dilansir dari Best Life, Sabtu (4/11/2023).

1. Makan cukup protein

“Mengonsumsi makanan yang cukup protein dapat membantu produksi kolagen. Kolagen telah terbukti membantu elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan hidrasi kulit,” kata ahli diet terdaftar Alex Evink, MS, RD. 

“Produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia, dan pola makan yang mencakup sumber protein berkualitas tinggi memastikan bahwa kita memiliki asam amino yang mensintesis produksi tersebut.” Sumber protein berkualitas tinggi antara lain ayam, ikan, dan telur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Konsumsi sayuran

Ilustrasi Sayuran
Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon)

“Vitamin C, tembaga, dan seng juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen,” catat Evink. Memastikan pola makan Anda mengandung banyak buah dan sayur dapat membantu menjaga produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih awet muda.

3. Mengobati hiperpigmentasi

“Dalam hal perawatan kulit, wanita cenderung ingin mengurangi garis dan kerutan agar terlihat lebih muda, namun cara tercepat dan termudah untuk terlihat 10 tahun lebih muda adalah dengan mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit menggunakan Vitamin C,” kata Jillian. Ehrenberg, ahli kimia kosmetik dan pemilik lini perawatan kulit nabati Acta Beauty. 

“Ketika kita masih muda, kita memiliki warna kulit yang lebih merata, dan seiring bertambahnya usia dan terkena sinar UV, kita dapat mengembangkan bintik-bintik hitam di wajah kita. Bintik-bintik hitam tersebut membuat kita terlihat lebih tua jauh lebih tua dari garis dan kerutan apa pun. lakukan. Cara termudah untuk memutar balik waktu adalah dengan menggunakan serum Vitamin C untuk mengurangi hiperpigmentasi."


4. Terhidrasi dengan makanan

Ilustrasi Air Minum/ Pixabay
Ilustrasi Air Minum/ Pixabay

“Selain minum banyak air, nikmatilah makanan kaya air seperti mentimun dan semangka,” kata Anna Peterson, ahli kosmetik dan pemilik Salon Route. “Mereka menjaga kulit tetap montok, melawan garis dehidrasi, dan membuang racun. Ingat, kulit bercahaya dimulai dari dalam.”

5. Gunakan facial mist 

Menghidrasi bukan hanya tentang mengonsumsi lebih banyak H20. “Meskipun meminum air itu penting, memastikan kulit kita mempertahankan kelembapannya juga sama pentingnya,” kata penata rias profesional Melissa Aragon dari Elemental Spot.

“Saya menemukan bahwa menggunakan facial mist yang menghidrasi sepanjang hari dapat menjaga kulit tetap montok dan awet muda. Semprotannya cepat dan dapat disesuaikan dengan rutinitas apa pun.”


6. Lakukan pijat wajah

[Fimela] Facial
Ilustrasi Facial | unsplash.com

“Saya telah melihat beberapa efek transformatif yang luar biasa dari pijat wajah secara teratur. Ini bukan hanya tentang relaksasi; ini meningkatkan sirkulasi, meningkatkan drainase limfatik, dan dapat mengangkat otot-otot wajah,” kata Aragon. "Memasukkan pijatan 5 menit dengan roller giok atau bahkan jari Anda dapat menghasilkan keajaiban."

7. Gunakan serum kaya vitamin

Meskipun Anda tidak memiliki masalah hiperpigmentasi, serum kaya vitamin dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. “Sebelum menggunakan pelembab, oleskan serum yang kaya Vitamin C atau E,” saran Peterson. 

“Antioksidan ampuh ini melawan radikal bebas, merangsang produksi kolagen, dan mencerahkan kulit. Bagi mereka yang terpapar polusi kota, itu adalah suatu keharusan.”

 


8. Kelola stres

mindful
Lakukan Meditasi dengan Rutin (Foto: Unsplash/lauren-richmond)

“Stres kronis dapat menimbulkan efek fisik dan mental yang signifikan, termasuk mempercepat proses penuaan,” kata Jennifer Silver, dokter gigi dan pemilik Macleod Trail Dental. Respon stres tubuh dapat memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol. Jika kortisol meningkat dalam jangka waktu lama, maka dapat memecah kolagen dan elastin pada kulit, menyebabkan tanda-tanda penuaan dini." Teknik seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, atau melakukan aktivitas menyenangkan efektif mengurangi stres.

9. Lakukan yoga wajah

“Sering diabaikan, senam wajah dapat memberikan pengencangan alami, meningkatkan sirkulasi darah dan kekencangan otot,” kata Peterson. “Latihan harian dapat membuahkan hasil yang mengesankan.” Dia menyarankan untuk mencoba 'wajah ikan tersenyum' dengan melakukan hisap pipi dan bibir Anda, lalu cobalah tersenyum. Tahan posisi itu selama lima detik, lalu ulangi sebanyak 10 kali.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya