7 Strategi untuk Berhenti Menunda-nunda dan Mencapai Tujuan

Terdapat beberapa strategi yang dapat kamu gunakan untuk mengubah pola pikirmu sehingga kamu dapat berhenti menunda sesuatu dan mencapai setiap tujuan yang kamu miliki. Berikut ulasannya!

oleh Wanda Andita Putri diperbarui 10 Des 2023, 16:14 WIB
Diterbitkan 10 Des 2023, 16:14 WIB
ilustrasi bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah akan membuat kita lebih stres?

Liputan6.com, Jakarta - Hidup itu memang mengasyikkan dan menawarkan banyak kesempatan untuk mengalami momen yang baru. Kamu pasti pernah merasakan perasaan bahagia ketika memikirkan segala hal baik yang terjadi dalam hidupmu. Namun, ini juga dapat menimbulkan frustasi ketika semua yang kamu harapkan tidak berjalan sesuai rencana.

Tantangan yang tidak terduga biasanya membuat pikiranmu berada dalam lingkaran gelap. Rasanya seperti tidak ada yang berjalan baik pada waktu penuh tantangan itu dan segala sesuatu di sekitar berasa berantakan. Hal ini dapat terjadi karena kamu sering menunda sesuatu, terutama melakukan hal-hal yang penting dalam hidupmu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, terdapat beberapa strategi yang dapat kamu gunakan untuk mengubah pola pikirmu sehingga kamu dapat berhenti menunda sesuatu dan mencapai setiap tujuan yang kamu miliki. Berikut tujuh strategi penting untuk menyelesaikan rencanamu dan berhenti menunda pekerjaan, seperti yang dilansir dari halaman Life Hack pada Senin (4/12/23).

1. Mulailah dengan Visi Seperti Apa Pencapaiannya

Orang seringkali tidak mencapai tujuan mereka karena mereka tidak memiliki gambaran yang jelas tentang apa arti kesuksesan dan pancapaian bagi mereka. Penetapan tujuan yang jelas dimulai dengan kejelasan tentang apa yang ingin kamu capai. Visi yang kamu miliki akan mendorong tujuan dan tindakan yang akan kamu ambil setiap hari.

Untuk menunda-nunda mencapai tujuanmu, luangkan waktu untuk menjelaskan secara spesifik semua hal yang ingin kamu capai dalam hubungan, pekerjaan, bisnis, keuangan, persahabatan, kesehatan, lingkungan sosial, dan sebagainya.

Menciptakan visi dapat membantu kamu karena sebagai manusia pada dasarnya hidup itu adalah visualisasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, seperti mengubah wallpaper handphone kamu menjadi gambaran tentang arti kesuksesan dan pencapaian bagi dirimu. Kamu harus tahu ke mana kamu akan pergi bila kamu ingin mencapai sukses.

 

 

 


2. Tetapkan dan Patuhi Rencana yang Realistis

Bekerja
Ilustrasi Pemecatan Karyawan Credit: pexels.com/Anna

Menjadi orang yang terorganisir dapat menjadi strategi terbaikmu untuk menghindari penundaan. Selain memperjelas visi pencapaian, kamu juga harus memiliki rencana yang realistis dan spesifik tentang bagaimana kamu akan menghabiskan setiap harinya dan mengambil tindakan. Kamu dapat memulainya dengan meluangkan waktu setiap alam untuk merencanakan kegiatan keesokan harinya. Buatlah to-do-list yang dapat menghilangkan stres tentang tindakan apa yang harus kamu lakukan dan cara menjalankannya.

Ketika kamu membuat rencana, kamu harus membangun suatu tujuan agar membantu kamu menghindari keluyuran tanpa henti sepanjang hari tanpa mengetahui apa yang seharusnya kamu lakukan. Ketika kamu mempunyai rencana, jangan biarkan tantangan hidup yang tidak terduga membuatmu bingung. Berkomitmenlah untuk mengikuti rencana dan tidak menunda-nunda.

3. Mulailah Setiap Hari dengan Hal-hal Sederhana untuk Dirimu 

Kebutuhan dan keinginan orang lain cenderung mendominasi prioritasmu. Mungkin kamu pernah memulai harimu dengan permintaan mendesak dan hal-hal yang diinginkan orang lain. Memulai harimu dengan tugas orang lain adalah cara tercepat untuk menunda-nunda pencapaianmu. Untuk mencapai tujuanmu, mulailah setiap hari dengan tugas, sasaran, dan momen yang hanya untuk dirimu sendiri. Habiskan bagian pertama harimu dengan melakukan apa yang ingin kamu lakukan.

Ketika kamu memulai hari dengan memprioritaskan diri sendiri, kamu akan mencapai lebih banyak tujuanmu. Jangan mendahulukan orang lain dan berakhir dengan tidak memiliki cukup energi untuk dirimu sendiri. Ketika itu terjadi, berarti kamu telah menunda impianmu karena kamu tidak memiliki energi yang diperlukan untuk mencapai impianmu tersebut.

Jadikanlah dirimu dan tujuanmu sebagai prioritas. Impian, keinginan, dan tujuanmu harus menjadi hal utama dalam pengambilan keputusanmu. Aoa yang ingin kamu capai adalah penting dan patut mendapat perhatian penuh dari dirimu.

 


4. Berkomitmen untuk Konsisten

Ilustrasi membuat, mengetik, menulis makalah
Ilustrasi membuat, mengetik, menulis makalah. (Foto oleh Vlada Karpovich: https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-bekerja-menjelajah-mengetik-4050287/)

Cara terbaik untuk mencapai tujuan kamu adalah dengan berkomitmen pada konsisten. Saat kamu melakukan pekerjaan sehari-hari selama jangka waktu tertentu, kamu akan mengambil langkah mundur dan menyadari bahwa kamu lebih dekat daripada yang kamu kira untuk mencapai tujuanmu.

Konsistensi harus menjadi satu-satunya pilihan kamu jika kamu ingin berhenti menunda semua hal yang ingin kamu capai. Berhentilah melihat gambaran lengkap tentang apa yang ingin kamu capai karena itu akan membuat kamu kewalahan. Berfokuslah untuk memecah tujuanmu menjadi detail-detail kecil yang mudah dilakukan secara cepat dan tepat.

5. Stabilkan, Optimalkan, dan Perluas

Kamu akan menciptakan kesuksesan ketika kamu menggunakan strategi pertumbuhan, yaitu menstabilkan, mengoptimalkan, dan memperluas.

  • “Stabilkan” berarti kamu harus konsisten dalam mengambil tindakan untuk mencapai tujuanmu setiap hari. Kamu akan sampai pada titik bahwa perlawanan dan perjuangan tidak menghalangi kamu untuk melakukan pekerjaan. Kamu harus membangun kebiasaan sehat dan menjadikannya sebagai perubahan gaya hidup.
  • “Optimalkan” berarti kamu harus melihat perencanaan, tindakan harian, sasaranmu, dan melihat di mana kamu dapat mengoptimalkan setiap bagian dari prosesmu. Pengoptimalan membantu mempercepat pertumbuhan saat kamu mengubah hal-hal yang berhasil dan menghilangkan hal-hal yang perlu dihentikan.
  • “Perluas” berarti kamu menetapkan tujuan yang lebih besar dan berkomitmen untuk mencapai hal-hal yang terasa mustahil. Fase perluasan adalah saat kamu mengalami pertumbuhan karena kamu bergerak melampaui apa yang zona nyamanmu.

Kerangka kerja ini terlihat sederhana, tetapi efektif dan dapat memberi kamu petunjuk agar mencapai lebih banyak tujuanmu dan tidak menunda hal-hal yang ingin kamu capai. Tujuanmu rumit dan harus diperlakukan seperti itu. Kamu perlu mengevaluasi dan menyesuaikannya.


6. Rayakan Kemajuanmu

self love-kezo
ilustrasi memanjakan diri/unsplash

Salah satu alasan orang menunda mencapai tujuan mereka ialah karena mereka tidak pernah merayakan prosesnya. Ketika kamu mengalami kemenangan, tidak peduli seberapa besar kemenangan itu, kamu harus merayakan kemajuan tersebut. Kamu harus menjadi pemandu sorak terbesar dalam perjalanan untuk menjadi dirimu versi terbaik.

Meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa mencapai tujuan mereka adalah kunci pertumbuhan dan konsistensi, tetapi mengalami kemajuan juga merupakan pendorong yang sebenarnya. Ketika kamu membuat kemajuan, kamu akan termotivasi dan haus akan lebih banyak lagi. Perkuatlah perasaan itu dengan merayakan setiap momen pencapaianmu.

7. Bersihkan Segala Bentuk Hal Negatif

Salah satu cara pling umum yang dilakukan orang untuk menyabotase pencapaian dari tujuan mereka adalah dengan membiarkan hal-hal negatif memasukinya, seperti:

  • Orang-orang negatif yang mencoba meyakinkan kamu bahwa tujuanmu tidak mungkin dicapai karena orang-orang tersebut telah menetap dalam kehidupan mereka;
  • Pengalaman yang kamu tahu akan membuatmu frustrasi, tetapi kamu tetap melakukannya karena tekanan atau rasa kewajiban;
  • Hubungan tidak sehat yang tidak mendukung upaya kamu untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan bersifat kodependen.

Apa pun hal negatifnya, menghilangkannya adalah cara terbaik untuk tetap fokus dan termotivasi untuk terus mencapai tujuanmu. Memang menyakitkan untuk menyingkirkan hal-hal dan orang-orang tersebut, tetapi ini adalah strategi terbaik untuk berhenti menunda-nunda dan mencapai tujuanmu.

Infografis Journal
Infografis Journal: Kenapa Banyak Pekerja di Jakarta Tinggal di Kota Penyangga (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya