Murah Meriah, Begini Trik Bersihkab Kerak di Bagian Bawah Panci dengan 3 Bahan Saja

Noda kerak yang membandel di pantat panci ternyata bisa dengan mudah dihilangkan hanya dengan memanfaatkan campuran 3 bahan ini. Yuk, cari tahu!

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 05 Agu 2024, 15:15 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 15:15 WIB
Bersih Seperti Baru Lagi, Begini Cara Menghilangkan Kerak Gosong Pada Panci Bekas Pakai
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Kerak hitam di pantat panci bisa disebabkan oleh kotoran maupun bekas air yang terkena api kompor saat digunakan memasak. Akibatnya, kotoran ini mengering dan berubah menjadi kerak  hitam yang cukup sulit dihilangkan.

Tak cukup hanya dengan air dan sabun cuci piring, tak jarang banyak orang mencoba membersihkannya dengan air panas. Namun, berbeda dengan kanal YouTube Ummi Fina, ia memberikan tips cara membersihkan noda hitam di pantat panci yang lebih rendah risiko dibanding dengan menggunakan air panas. 

 Bagaimana caranya? Berikut pemaparan selengkapnya, dirangkum pada Senin (5/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan

Siapkan beberapa bahan berikut:

  • Garam
  • Baking soda
  • Cuka
  • Sabun cuci piring
  • Sabut kawat

Taburkan Garam dan Baking Soda

Step pertama, taburkan baking garam dan baking soda merata ke seluruh permukaan pantat panci.


Gunakan Cuka

Step kedua, basahi permukaan pantat panci, terutama di bagain-bagian yang noda hitamnya membandel dan tunggu beberapa menit. Proses ini nantinya akan menghasilkan reaksi kimia yang ditandai dengan timbulnya busa.  


Gosok dengan Sabut Kawat

Setelah didiamkan beberapa saat hingga muncul busa, tuangkan sabun cuci piring ke seluruh permukaannya. Lalu, gosok menggunakan sabut kawat hingga keraknya luntur.


Cuci Hingga Bersih

Terakhir, bilas dengan air mengalir hingga bersih. Pantat panci pun bebas noda kerak dan bersih seperti baru.


Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Membersihkan Panci


Apakah Sitrun Bisa Membersihkan Panci Gosong?

Dalam fungsinya sebagai agen pembersih, jeruk nipis telah terbukti sangat efisien dalam menangani lapisan yang tipis, bahkan pada wadah masak yang terbakar.


Apakah Wajan Gosong Berbahaya?

Menurut American Cancer Society, lapisan anti lengket pada wajan yang terbakar bisa mengeluarkan zat bernama asam perfluorooctanoic (PFOA), yang telah terbukti oleh International Agency for Research on Cancer (IARC) dapat meningkatkan risiko kanker.


Apakah Panci Panas Boleh Langsung Dicuci?

Menyiram air ke wajan atau panci yang masih panas atau baru saja digunakan tidak disarankan. Tindakan ini dapat merusak peralatan masak dengan mudah. Sebagaimana disampaikan oleh perwakilan merek peralatan masak Calphalon yang dikutip dari HuffPost, "Mencuci wajan yang masih panas dengan air dingin dapat menyebabkan perubahan suhu yang tiba-tiba."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya