Deretan 10 Seleb Indonesia Asal Jember yang Sukses di Dunia Hiburan, Dikenal karena Prestasi hingga Sensasi

Jember, sebuah wilayah di provinsi Jawa Timur, dikenal dengan sebutan Kota Seribu Gumuk. Wilayah ini telah menjadi tempat kelahiran banyak artis ternama.

oleh Novitasari diperbarui 14 Jun 2024, 08:41 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 19:15 WIB
[Fimela] Anang Hermansyah
Anang Hermansyah (Bambang E Ros/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Jember, sebuah wilayah di Indonesia, telah menghasilkan berbagai bakat menonjol di industri hiburan. Terletak di provinsi Jawa Timur, Jember sering disebut sebagai Kota Seribu Gumuk dan telah melahirkan banyak nama besar dalam dunia seni, termasuk Anang Hermansyah.

Tak hanya Anang, beberapa selebritis lain juga berasal dari Jember, tempat di mana berbagai bakat menonjol ditemukan untuk menghiasi dunia hiburan Indonesia. Meski demikian, beberapa dari mereka lebih dikenal karena kontroversi daripada pencapaian mereka.

Ingin tahu siapa saja selebritis dari Jember yang telah sukses menghiasi industri hiburan? Berikut adalah potret mereka yang kami rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anang Hermansyah

Potret Anang Hermansyah (Sumber: Instagram/@ashanty_ash)
Potret Anang Hermansyah (Sumber: Instagram/@ashanty_ash)

Anang Hermansyah merupakan salah satu selebritis yang dikenal luas berasal dari Jember. Lahir pada tanggal 18 Maret 1969, ia dikenal sebagai sosok penyanyi, penulis lagu, komposer, produser rekaman, dan politikus. Pada masa lalu, Anang juga terlibat dalam pembentukan grup band Tattoo yang anggotanya semuanya berasal dari tempat tersebut.


Sujiwo Tejo

Potret Sujiwo Tejo (Sumber: Kapanlagi.com)
Potret Sujiwo Tejo (Sumber: Kapanlagi.com)

Sujiwo Tejo, yang lahir pada tanggal 31 Agustus 1962, adalah seorang seniman multitalenta yang terkenal sebagai penulis, pelukis, musisi, serta dalang wayang. Dia berasal dari Jember.


Dewi Perssik

Potret Dewi Perssik (Sumber: Instagram/@dewiperssik9)
Potret Dewi Perssik (Sumber: Instagram/@dewiperssik9)

Dewi Perssik dalam panggung seni Indonesia terkenal atas pencapaiannya serta sensasinya. Lahir di Jember pada 16 Desember 1985, kariernya dimulai pada tahun 2003. Ketenarannya meroket sejak peluncuran lagu Mimpi Manis, serta perannya dalam sebuah sinetron serupa pada tahun 2006.


Opick

Potret Opick (Sumber: Kapanlagi.com)
Potret Opick (Sumber: Kapanlagi.com)

Penyanyi dan pencipta lagu pop religi Islam, Opick, yang nama aslinya Aunur Rofiq Lil Firdaus, pernah berperan dalam dua film. Lahir di Jember pada tanggal 16 Maret 1974, Opick adalah salah satu figur sukses di industri hiburan, terutama melalui karyanya yang terkenal seperti lagu Tombo Ati. Kini, Opick juga dikenal sebagai tokoh yang sangat beragama.


Riza Shahab

Potret Riza Shahab (Sumber: Instagram/@rizashahab)
Potret Riza Shahab (Sumber: Instagram/@rizashahab)

Riza Shahab, seorang aktor yang menawan dari Jember, popularitasnya meningkat setelah berperan dalam sinetron Safa dan Marwah. Lahir pada tanggal 25 Oktober 1989, pria ini telah berperan dalam berbagai judul FTV.

Namun, Riza mengalami masalah hukum terkait narkoba pada tahun 2008. Saat ini, ia memilih untuk mengundurkan diri dari dunia hiburan dan beralih profesi sebagai pengusaha dengan membuka kedai kopi di Jember.


George Rudy

Potret George Rudy (Sumber: Instagram/@georgerudyofficial)
Potret George Rudy (Sumber: Instagram/@georgerudyofficial)

George Rudy, seorang aktor senior yang terkenal berasal dari Jember. Dia lahir pada tanggal 30 Oktober 1954 dan dikenal sebagai spesialis film laga. Saat ini berusia 70 tahun, George Rudy sering memerankan peran sebagai ayah dari para aktris muda Indonesia, dengan ciri khas rambut gondrongnya yang ikonik.


Bubah Alfian

Potret Bubah Alfian (Sumber: Instagram/@bubahalfian)
Potret Bubah Alfian (Sumber: Instagram/@bubahalfian)

Bubah Alfian, seorang MUA ternama asal Jember, telah menjelajahi berbagai negara meskipun berasal dari kota kecil. Saat ini, ia dipercaya sebagai MUA oleh banyak artis ternama Indonesia seperti Rossa, Nia Ramadhani, Cinta Laura, dan lainnya.


Tiara Andini

Potret Tiara Andini (Sumber: Instagram/@tiaraandini)
Potret Tiara Andini (Sumber: Instagram/@tiaraandini)

Tiara Andini, seorang penyanyi muda asli dari Jember, Jawa Timur, lahir pada tanggal 23 September 2001. Awal kariernya dimulai dengan berpartisipasi dalam kompetisi bakat Indonesian Idol, di mana ia berhasil menjadi runner up.

Kecantikan paras dan suara merdunya membuat Tiara sangat terkenal pada tahun 2020. Prestasinya juga diakui dengan penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik dan Best New Asian Artist Indonesia.


Lebby

FOTO: Gaya Lebby Wilayati saat Pakai Outfit Hitam, Tampil Memesona
Jadi penyanyi dangdut mengikuti jejak tantenya, Dewi Persik, Lebby Wilayati kini tak hanya sibuk di atas panggung tetapi juga berbagai kegiatan. (Liputan6.com/IG/@lebbywilayati)

Lebby, yang berasal dari Jember dan lahir pada tahun 2000, mengikuti jejak Dewi Persik dalam karier musik dangdut. Saat ini, dia sudah bergabung dengan label Nagaswara.


Rosa Meldianti

Potret Rosa Meldianti (Sumber: Instagram/@rosameldianti29)
Potret Rosa Meldianti (Sumber: Instagram/@rosameldianti29)

Rosa Meldianti, seorang penyanyi dangdut yang juga merupakan keponakan dari Dewi Perssik, lahir di Jember pada tanggal 16 Mei 1996. Ia pernah menjadi perbincangan publik karena konfliknya dengan Dewi Perssik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya