Memanfaatkan Ruang Publik untuk Berkreasi

Dalam mengembangkan berbagai kesenian terutama di daerah tentunya harus di dukung dengan insfaktruktur dan tempat yang memadai.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Feb 2014, 08:55 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2014, 08:55 WIB
02022014-garut.jpg
Citizen6, Garut: Dalam mengembangkan berbagai kesenian terutama tentunya harus didukung insfaktruktur dan tempat yang memadai. Agar kesenian ataupun budaya suatu daerah tersebut dapat di pertontonkan ke masyarakat luas. sehingga budaya itu tidak punah. Tempat pertunjukan kesenian ataupun budaya tidak hanya di suatu ruangan ataupun Gedung kesenian, tapi juga bisa juga memamfaatkan  ruang publik untuk berkreasi .

"Untuk membangkitkan minat regenerasi kesenian tradisional, sehingga tetap eksis di masyarakat sepanjang jaman tentunya harus didorong dengan insfakruktur  yaitu dengan memamfaatkan ruang publik “ ujar Mamun  S.Pd,M.Pd  selaku Kepala Bidang pemasaran Kesenian dan Kebudayaan  dalam kegiatan wokshop  "Pemanfaatan Ruang Publik untuk ruang kreasi pengembangan destinasi wisata seni budaya “  Sabtu , ( 01 Februari 2014 ) di candi Cangkuang Kabupaten Garut .

Workshop yang di ikuti oleh para seniman se-kabupaten Garut dan para pemilik ruang publik usaha pariwisata (Hotel dan Restaurant ) ,para UPTD pengelola destinasi wisata unggulan serta Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Garut .

Kesenian yang di miliki Kabupaten Garut hanya  59  jenis kesenian tradisional yang tesebar di 42 Kecamatan . Namun dari keseluruhan kesenian hanya 29 jenis kesenian tradisional yang eksis sampai saat ini  , sisanya sudah tidak lagi beraktifitas atau punah . Penyebab kepunahan suatu kesenian salah satunya adalah perubahan paradigma masyarakat serta berkembangnya teknologi media hiburan dari tradisional ke modern .

Kabupaten Garut memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi, saat ini di Garut ada sekitar 36 tujuan wisata ,  117 hotel melati , 152 rumah makan serta 6 hotel sekelas bintang  4. Dari seluruh tujuan  pariwisata dan usaha pendukung pariwisata yang ada di Kabupaten Garut belum secara optimal dalam memanfaatkan ruang publik yang di miliki untuk pertunjukan kesenian tradisional secara langsung ( live ) dan berkelanjutan .

Pemamfaatan ruang publik untuk ruang berkreasi selain dapat mengembangkan suatu kesenian juga dapat meningkatkan ekonomi kreatif . Di tempat itu para seniman selain mempertunjukan suatu kesenian juga dapat memamerkan suatu kerajinan  ataupun kuliner  ciri khas masing masing .  

Wisatawan yang datang  ke Garut selain menikmati tujuan wisata juga dapat minikmati pertunjukan kesenian daerah serta dapat membeli aneka macam kerajinan dan makanan/kuliner  yang ada di Kabupaten Garut . (kw)

Penulis:
Piat Supriatna
Garut, Jawa Barat
 
Baca Juga:
Pelatih Persib Curhat ke Bupati Garut
Sertijab Kepala Sekolah SD Negeri Cangkuang 08 Garut
Ketika Pelajar Kanada Kembali Ke Cikandang Garut

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.



POPULER

Berita Terkini Selengkapnya