Maskapai Argentina Terbitkan Tiket Pesawat Jadi NFT

Teknologi tiket NFT, dibangun di atas blockchain Algorand, memungkinkan penumpang mengubah nama, mentransfer, atau menjual "NFTicket" mereka secara mandiri

oleh Elga Nurmutia diperbarui 01 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi NFT
Ilustrasi NFT. Dok: unsplash
Liputan6.com, Jakarta Maskapai bertarif rendah Argentina, Flybondi, mengintegrasikan Web3 ke dalam proses penjualan tiketnya dengan menerbitkan tiket elektronik sebagai non-fungible tokens (NFT).
 
Melansir Yahoo Finance, Sabtu (1/4/2023), integrasi baru yang diumumkan Kamis disebut Ticket 3.0 dan merupakan perluasan dari hubungannya yang sudah ada dengan perusahaan tiket NFT TravelX, yang diluncurkan pada September 2022.
 
Teknologi tiket NFT, dibangun di atas blockchain Algorand, memungkinkan penumpang mengubah nama, mentransfer, atau menjual "NFTicket" mereka secara mandiri.
 
Flybondi mengatakan tiket NFT menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih fleksibel yang memungkinkan penumpang bahkan membeli di muka tanpa harus menentukan rencana perjalanan mereka atau siapa yang akan menjadi pelancong.  
 
Sebagai imbalannya, maskapai ini mampu mengurangi biaya layanan pelanggan dan meningkatkan pendapatannya dari biaya perdagangan.
 
Chief Blockchain Officer TravelX Facundo Martin Diaz mengatakan kepada CoinDesk pada September bahwa perusahaan tidak membebankan biaya ketika pengguna awalnya membeli tiket tetapi menerima biaya transaksi 2 persen ketika perdagangan dilakukan di pasar sekunder. Maskapai juga mendapat potongan 2 persen, katanya.
 
Penumpang dapat membeli tiket perjalanan melalui situs web Flybondi menggunakan mata uang fiat, dan TravelX mengeluarkan tiket NFT yang disinkronkan di atas tiket elektronik reguler.
 
Traveler kemudian dapat membuat akun Ticket 3.0 untuk mengelola dan menyimpan NFT mereka melalui Flybondi. Aturan dan ketentuan terkait tiket diintegrasikan ke dalam kontrak cerdas NFT oleh maskapai.
 
"Dengan peluncuran ini, kami berupaya memberikan dampak positif dalam industri penerbangan melalui inovasi dan penerapan teknologi blockchain,” kata CEO Flybondi Mauricio Sana dalam keterangan resminya.
 
"Mengubah aturan permainan tidak pernah mudah, tetapi kami tahu bahwa tujuan kami adalah untuk berkembang dan menawarkan tahap baru kebebasan terbang kepada penumpang kami," sambungnya.
 
 

NFT Sebelumnya

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
TravelX bermitra dengan maskapai Spanyol Air Europa pada April 2022 untuk meluncurkan serangkaian tiket NFT yang terkait dengan fasilitas dan acara khusus.
 
Pertukaran kripto Amerika Latin Lemon mengintegrasikan TravelX ke platformnya pada Oktober 2022, memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual tiket pesawat.
 
TravelX juga telah membuka infrastrukturnya sehingga bursa atau pasar lain dapat menggunakan TravelX API. Menurut perusahaan, lebih dari 60 maskapai penerbangan di seluruh dunia juga sedang menjajaki kasus penggunaan tiket NFT-nya.
 
 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya