5 Miliarder Ini Super Tajir Tapi Namanya Kurang Terkenal

Deretan 5 nama ini disebut sebagai orang yang punya harta melimpah, namun tak ada yang mengenalinya.

oleh Afra Augesti diperbarui 08 Jun 2018, 20:20 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2018, 20:20 WIB
Bill Gates
Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOEL SAGET)

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang telah mengetahui tentang Bill Gates, yang merupakan orang terkaya ke-2 di dunia sekaligus miliarder. Ia terkenal tak hanya karena otaknya yang encer dan inovasi teknologinya, tetapi juga upaya filantropisnya untuk menyelamatkan dunia dari malaria.

Jeff Bezos, yang mendirikan dan menjalankan Amazon.com, adalah nama miliarder lain yang paling dikenal dunia. Lalu ada Oprah Winfrey, seorang maestro media internasional yang telah menginspirasi jutaan orang untuk mengubah dan meningkatkan kehidupan mereka.

Selain nama-nama tersebut, ternyata ada miliarder lain yang belum terendus media, sehingga namanya tidak setenar Bill Gates atau bahkan Oprah Winfrey. Padahal investasi dan bisnis mereka amat melejit.

Berikut 5 miliarder yang tidak terkenal, tapi produk dan perusahaan mereka mungkin bisa langsung dapat dikenali, sebagaimana dikutip dari Top Tenz, Jumat (8/6/2018):

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sergey Brin

Menkominfo Rudiantara dan Co-founder Google Sergey Brin
Menkominfo Rudiantara dan Co-founder Google Sergey Brin. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Kekayaan bersih: $ 47,5 Miliar

Presiden Alphabet, Inc. (perusahaan induk Google.com) 

Sergey Brin adalah pria sukses yang tidak terkenal. Pada musim semi 2018, ia dianggap sebagai orang terkaya ke-13 di dunia. Brin mendirikan Google bersama Larry Page.

Sekarang, ia menjabat sebagai Presiden Alphabet, Inc., yang merupakan induk perusahaan Google.

Ayah dan kakek Brin amat menyukai matematika dan sains. Brin belajar di Stanford University untuk meraih gelar PhD, dan di sinilah ia bertemu Larry Page. Mereka mulai mengerjakan Google di sebuah garasi dan seperti yang kita tahu, perusahaan tersebut telah tumbuh besar.

Salah satu minat kuat Brin adalah membuat mobil tanpa pengemudi Google. Ia juga telah melakukan filantropi melalui badan amal Google, Google.org, untuk membantu dunia mengaplikasikan energi alternatif dan memerangi perubahan iklim.

 


2. Francoise Bettencourt Meyers

Francoise Bettencourt Meyers
Francoise Bettencourt Meyers. (MARTIN BUREAU/AFP)

Kekayaan bersih: $ 42,2 Miliar

Ketua perusahaan induk untuk L'Oréal dan pewaris Liliane Bettencourt

Menurut L’Oréal Finance, Francoise Bettencourt Meyers dan keluarganya adalah pemegang saham terbesar di perusahaan, yaitu sebanyak 33,13%. Pemegang saham berikutnya adalah International Institutional Investors, yaitu 29,28%. Sedangkan 23,17% dari perusahaan dimiliki oleh Nestle.

Bettencourt Meyers dianggap sebagai salah satu dari dua wanita terkaya di dunia. Lainnya adalah Alice Walton, yang merupakan pewaris kekayaan Walmart.

Dia adalah tipe orang yang tak suka terekspos publik, lebih suka menghabiskan waktunya dengan keluarga dan teman. Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukannya adalah bermain piano selama beberapa jam setiap hari.

Bettencourt Meyers adalah seorang akademisi yang telah menulis dua buku ilmiah. Salah satunya adalah lima jilid studi tentang Alkitab, dan yang lain adalah studi mengenai silsilah menyeluruh dari dewa-dewa Yunani. Ini membuktikan bahwa Bettencourt Meyers merupakan pribadi yang cukup intelektual.


3. Susanne Klatten

Susanne Klatten
Susanne Klatten. (Thomas Lohnes/AP)

Kekayaan bersih: $ 25 Miliar

Ahli waris perempuan dan Investor BMW dan Altana

Susanne Klatten adalah pewaris dari Jerman. Nama kecilnya adalah Quandt. Dia dianggap sebagai wanita terkaya di Jerman dan juga merupakan orang terkaya ke-38 di dunia.

Dia telah mengaku bahwa menjadi begitu kaya merupakan sebuah masalah. Maka dari itu, dia telah bekerja menggunakan alias "Susanne Kant".

Klatten memiliki gelar sarjana di bidang keuangan dan juga gelar MBA. Dia pernah bekerja di bank London dan juga bank Bankhaus Reuschel & Co.

Klatten memiliki 19% saham dari BMW dan dia menjadi penanggung jawab perusahaan ini. Ketika ayahnya meninggal, ia menerima 50,1% sahamnya di Altana, sebuah perusahaan produsen farmasi dan bahan kimia. Klatten juga memiliki 25% saham di Nordez, sebuah perusahaan turbin angin Jerman.


4. Ma Huateng

Ma Huateng
Ma Huateng. (ANTHONY WALLACE / AFP)

Kekayaan bersih: $ 45,3 Miliar

Ketua dan Pendiri Tencent Holdings

Ma Huateng memiliki salah satu perusahaan internet terbesar untuk investasi, permainan, dan hiburan di dunia Tencent Holdings.

Tencent Holdings milik Huateng mengelola pesan instan seluler terbesar dan layanan lain yang terkait dengan ponsel cerdas, seperti sistem pembayaran, hiburan, dan bahkan ponsel cerdas itu sendiri.

Kini, ia dianggap sebagai orang terkaya di China dan merupakan orang terkaya ke-14 di dunia. Kekayaan Hauteng sebesar 9,7% berasal dari Tencent Holdings. Beberapa investasi lainnya yakni real estat di Hong Kong. Ia juga merupakan seorang kolektor seni.

Satu hal yang paling berkarakter dari Hauteng adalah gaya wirausahanya yang "membumi". Dia jarang muncul di depan umum dan dikenal sebagai orang yang sangat menjunjung tinggi privasi.

Satu hal yang bisa kita ketahui tentangnya adalah julukan "Pony", karena terjemahan namanya dalam bahasa Inggris yang berarti "kuda".

Pada tahun 2018, majalah Time menyebutnya "salah satu orang paling berpengaruh di dunia." juga merupakan wakil dari Shenzhen Municipal People’s Congress. Ia pernah bertugas di National People’s Congress ke-12.


5. Amancio Ortega

Ini 10 Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017 Versi Forbes
Di tempat ke empat ada Amancio Ortega, pendiri gerai pakaian Zara. Total kekayaannya tahun ini bertambah 4,3 miliar dolar AS. Sekarang kekayaan menjadi 71,3 miliar dolar AS atau sekitar 923 triliun rupiah. (AP Photo/Iago Lopez)

Kekayaan bersih: $ 70 Miliar

Co-founder & Ketua Inditex dan perintis "fast fashion"

Banyak yang tahu tentang merek fashion Amancio Ortega, Zara, yang memiliki pakaian dan aksesori. Ortega dianggap sebagai orang terkaya ke-2 di Eropa dan yang terkaya ke-6 di dunia. 

Toko Zara pertama dibuka pada tahun 1975 oleh istrinya. Sekarang, "kekaisarannya" memiliki lebih dari 6.000 toko yang meliputi Zara dan merek seperti Tempe dan Stradivarius. Ia pun telah memiliki lebih dari 90.000 karyawan.

Ortega dikenal memiliki gaya hidup yang sangat sederhana. Ia juga rendah diri. Hingga tahun 1999, tidak ada foto Ortega yang pernah diterbitkan. Sekarang, bahkan ketika difoto untuk keperluan publik, ia menolak untuk memakai dasi dan ia hanya mau memberikan tiga wawancara media.

Pada 2012, ia menyumbangkan $ 20 juta kepada Caritas International.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya