Ingin Bebas Pegal dan Nyeri Otot? Coba 5 Cara Aneh Berikut Ini

Ada trik khusus dan unik yang ternyata bisa mengusir pegal-pegal dan nyeri otot. Apa saja?

oleh Afra Augesti diperbarui 27 Okt 2018, 20:40 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2018, 20:40 WIB
20151113-Ilustrasi Pemijat untuk Laki laki
Ilustrasi Pemijat untuk Laki laki (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa pegal-pegal bisa memicu Myofascial pain syndrome? Ini adalah gangguan nyeri kronis yang mempengaruhi persendian dan otot (muskuloskeletal).

Myofascial pain syndrome biasanya terjadi akibat otot mengeras dan sensitif, setelah berolahraga atau mengangkat beban berat. Area di sekitar otot yang terdampak akan mengencang dan berkontraksi, bahkan ketika badan sudah diistirahatkan.

Nyeri otot atau pegal-pegal tak hanya melanda mereka yang aktif, tapi juga orang-orang yang pasif atau minim kegiatan. Menurut peneliti, pegal terjadi ketika serat otot tidak dapat beristirahat dengan baik dan tidak bisa bersantai.

Untuk menyembuhkannya, terkadang Anda harus mengeluarkan segala upaya yang merepotkan diri sendiri dan membutuhkan banyak biaya. Mungkin juga, Anda harus menerapkan sejumlah teknik khusus, demi meredakan sakit tersebut.

Namun Anda bisa menjajal 5 trik aneh berikut ini agar pegal-pegal atau nyeri otot bisa langsung pergi, sebagaimana dilansir dari Bright Side, Sabtu (27/10/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Teknik Graston

Teknik Graston
Teknik Graston. (Wikimedia/Creative Commons)

Teknik Graston (The Graston Technique) adalah teknik pijat yang menggunakan 6 jenis alat besi tahan karat atau stainless steel untuk melakukan mobilisasi otot. Teknik ini hanya boleh dilakukan oleh praktisi yang terlatih.


2. Bola Tenis

Ilustrasi Bola Tenis
Ilustrasi bola tenis. (iStock)

Berbaringlah di lantai dan letakkan bola tenis di bawah titik nyeri. Tekan dengan lembut dan cobalah menggulirkan bola tersebut ke sekitar area yang pegal.

Anda mungkin akan merasakan sakit dan ketidaknyamanan di awal, tetapi itu semua akan mereda perlahan.


3. Payung

Tokyo
Warga menggunakan payung berjalan selama hujan salju lebat di Tokyo (22/1). Hujan salju membuat keberangkatan penerbangan dan melumpuhkan beberapa layanan kereta api di kota tersebut. (AFP Photo/Behrouz Mehri)

Coba gunakan gagang payung, jika Anda mengalami pegal-pegal di bagian punggung. Tempatkan ujung gagang payung (bagian yang melengkung) di atas titik yang terasa nyeri. Dengan lembut, pijat daerah tersebut hingga tak terasa kaku.


4. Kantung Berisi Air Panas atau Es Batu

Pelatih Besiktas Dilempari Benda Tajam
Pelatih Besiktas, Senol Gunes mengompres kepalanya setelah terkena lemparan benda tajam dari tribun penonton pada semifinal Piala Turki melawan Fenerbahce di Istanbul, Kamis (19/4). Gunes harus dilarikan ke rumah sakit dan menerima lima jahitan. (AP)

Menggunakan kantung (pad) pemanas atau kompres dingin, dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan nyeri otot. Mandi air hangat juga bisa meredakan pegal-pegal. Untuk manfaat tambahan, campurkan garam Epsom ke dalam bak mandi.


5. Akupuntur

Pengobatan Akupuntur
Pasien menerima perawatan akupunktur di rumah sakit di Shenyang di provinsi Liaoning, China (7/8). Akupunktur adalah komponen penting pengobatan tradisional Tiongkok, yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. (AFP Photo/Str/China Out)

Akupunktur bisa menjadi cara efektif untuk membebaskan Anda dari nyeri otot, sebab jarum yang ditancapkan ke tubuh akan langsung bekerja dengan cara menyasar langsung ke pusat ngilu dan membuatnya rileks.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya